Cara Pasang Iklan Melayang di WordPress

BLOGGERBORNEO.COM – Ide membuat tulisan ini muncul ketika beberapa hari lalu Blogger Borneo sedang berupaya untuk mencari cara pasang iklan melayang di wordpress. Yang dimaksud dengan iklan melayang adalah ketika posisi sebuah iklan tidak berada di dalam tampilan maupun konten blog. Biasanya posisi iklan melayang berada di samping kiri atau kanan diluar batas tampilan.

Jika dilihat melalui layar desktop atau komputer, memang tampilan iklan melayang ini seolah-olah menjadi satu bagian dengan tampilan blog. Akan tetapi, perbedaan akan muncul ketika para pengunjung mengakses blog kita melalui smartphone atau tablet. Khusus untuk tampilan iklan melayang akan muncul “menimpa” tampilan utama blognya.

Nah, biasanya iklan melayang ini digunakan oleh para blogger untuk meningkatkan jumlah klik terhadap iklan yang dipasang. Tentu saja ini berlaku hanya bagi blog-blog yang sering dikunjungi via mobile dimana para pengunjung secara tidak sengaja akan meng-klik iklan tersebut. 🙂

Karena Blogger Borneo menggunakan Content Management System (CMS), maka tidak perlu harus repot mencari cara pasang iklan melayang di wordpress secara manual. Blogger Borneo cukup mencari plugin yang cocok untuk digunakan yaitu Floating Adsense Bar. Meski menurut informasinya plugin ini sudah 3 (tiga) tahun tidak di update lagi, namun ternyata masih berfungsi dengan cukup baik.

Berikut Blogger Borneo berikan cara pasang iklan melayang di wordpress menggunakan plugin Floating Adsense Bar, silahkan diperhatikan:

1. Masuk ke Dashboard WordPress.

2. Pilih Menu Plugins – Add New.

3. Ketikkan di Kolom Pencarian “Floating Adsense Bar”.

Floating Adsense Bar Add Plugin
Floating Adsense Bar Add Plugin

4. Klik tombol Install dan Active untuk proses instalasi plugin Floating Adsense Bar.

5. Pilih menu Settings – Floating Adsense Bar.

Floating Adsense Bar Setting
Floating Adsense Bar Setting

Keterangan:

Isikan angka ukuran banner yang akan dipasang, kolom Width untuk ukuran Lebar dan kolom Height untuk ukuran Tinggi. Setelah itu tentukan posisi iklan di Left (Kiri) atau Right (Kanan). Jangan lupa copy paste kode iklan yang ingin dipasang, kemudian klik tombol Save Changes.

6. Proses pemasangan iklan berhasil, untuk melihat hasilnya bisa langsung preview tampilan blognya. 🙂

Floating Adsense Bar Preview
Floating Adsense Bar Preview

Demikian tulisan mengenai cara pasang iklan melayang di wordpress, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan yang membutuhkan. (DW)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge