Dalam dunia bisnis yang serba cepat ini, memiliki peralatan yang tepat adalah kunci untuk mencapai efisiensi dan produktivitas. Salah satu peralatan tersebut adalah printer.

Berdasarkan pengalaman Blogger Borneo selama bekerja di salah satu Kantor Akuntan Publik (KAP) di Pontianak, ternyata kebutuhan akan printer yang memiliki performa terbaik menjadi prioritas.

Tips Memilih Printer yang Tepat

Mungkin bagi sebagian pemilik usaha menganggap semua printer adalah sama, padahal memilih printer yang tepat untuk kebutuhan perusahaan Anda bukanlah tugas yang sepele.

Jika dilihat dari sisi harga printer yang dijual di pasaran, harganya cukup bervariasi mulai dari 1 jutaan hingga belasan bahkan puluhan juta juga ada.

Semakin mahal harga sebuah printer akan berbanding lurus dengan fitur dan fasilitas yang dimiliki, oleh karena itu kebutuhan masing-masing perusahaan akan berbeda dan menyesuaikan.

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian ketika kita akan membeli printer untuk mendukung kegiatan operasional bisnis perusahaan.

Secara umum, ada 4 (empat) faktor yang menjadi pertimbangan. Silahkan disimak berikut ini:

1. Efisiensi Biaya

Printer yang tepat dapat membantu Anda menghemat biaya. Misalnya, printer dengan fungsi duplex (dapat mencetak di kedua sisi kertas) dapat menghemat pengeluaran untuk kertas. Selain itu, beberapa printer memiliki fitur hemat tinta yang dapat mengurangi biaya penggantian tinta atau toner.

2. Kualitas Cetak

Kualitas cetak yang baik sangat penting, terutama jika Anda mencetak materi pemasaran atau dokumen penting lainnya. Printer berkualitas akan menghasilkan cetakan yang tajam dan jelas, meninggalkan kesan profesional pada klien atau pelanggan Anda.

3. Kecepatan dan Kapasitas

Kecepatan cetak dan kapasitas kertas printer juga harus dipertimbangkan. Jika perusahaan Anda mencetak dalam jumlah besar, Anda akan membutuhkan printer yang dapat mencetak cepat dan menampung banyak kertas.

4. Dukungan Teknis dan Garansi

Dukungan teknis dan garansi yang baik juga penting. Jika terjadi masalah, Anda ingin memastikan bahwa Anda dapat mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan.

Rekomendasi Printer

Printer Canon Pixma G3730

Diantara tipe printer yang cocok digunakan untuk segala usaha adalah Canon Pixma G3730.

Printer ini memiliki fungsi nirkabel dengan wadah tinta isi ulang dan tinta botol rendah biaya.

Pixma G3730 merupakan printer tipe 3-in-1 yang memiliki performa tinggi serta memadukan pencetakan berbiaya rendah dengan pengaturan nirkabel dan pemeliharaan yang mudah.

Yang membuat printer ini menjadi rekomendasi salah satu diantaranya karena bersifat kompatibel dengan tinta botol rendah biaya untuk efisiensi biaya yang lebih besar.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh printer Canon Pixma G3730, antara lain:

  • Print, Scan, Copy (Cetak, Pindai, Salin)
  • Kecepatan Cetak (A4, ISO): hingga 11 / 6 ipm (hitam/warna)
  • Wi-Fi, AirPrint, Mopria, Nirkabel Langsung
  • Rekomendasi Volume Cetak per Bulan: 150 – 1.500 halaman

Penutup

Dalam memilih printer yang tepat, pertimbangkanlah tujuan penggunaan, jenis printer (inkjet, laser, atau printer foto), kecepatan cetak, resolusi cetak, biaya operasional, konektivitas, ukuran dan desain, fitur tambahan, merek dan kualitas, serta ulasan dan rekomendasi.

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran perusahaan Anda. (DW)

Iklan

Don`t copy text!