Program Pendidikan Satu Hati, Bentuk Nyata Kepedulian Astra Honda Terhadap Dunia Pendidikan di Kalimantan Barat

Untuk ketiga kalinya, Blogger Borneo diundang dalam acara Peresmian Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan Penandatanganan MoU SMK TSM Astra Honda yang terselenggara atas kerjasama PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Main Dealer Astra Motor Pontianak dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) di Kalimantan Barat. Dalam kesempatan ini, selain Blogger Borneo juga turut diundang beberapa orang perwakilan dari Komunitas Blogger Pontianak.

Selain dihadiri oleh perwakilan dari AHM dan Main Dealer Astra Motor Pontianak, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat, 2 perwakilan SMK Negeri yaitu SMK Negeri 2 Pontianak dan SMK Negeri 1 Sintang yang ditunjuk menjadi TUK SMK TSM Astra Honda dan 3 perwakilan SMK Negeri yaitu SMK Negeri 1 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara, SMK Negeri 1 Selakau Timur Kabupaten Sambas, dan SMK Negeri 1 Entikong Kabupaten Sanggau yang akan menandatangani MoU SMK TSM Astra Honda.

Peresmian 2 SMK TUK SMK TSM Honda

SMK Negeri 2 Pontianak Salah Satu TUK TSM Honda di Kalimantan Barat
SMK Negeri 2 Pontianak, Salah Satu TUK TSM Honda di Kalimantan Barat

Dalam sesi kata sambutannya, Senior Manager Technical Training PT Astra Honda Motor, Bapak Handi Hariko mengatakan bahwa peresmian TUK SMK TSM ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Kalimantan Barat. Diharapkan dengan adanya Program Pendidikan Satu Hati ini, para lulusan dari SMK-SMK terpilih bisa mempunyai tingkat kompetensi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

“SMKN 1 Sintang dan SMKN 2 Pontianak yang sudah melakukan kerjasama program SMK Binaan kini resmi menjadi 2 SMKN pertama di Kalimantan Barat sebagai TUK SMK TSM Astra Honda, kami akan terus mendorong SMK Binaan Honda lainnya agar bisa menyusul menjadi TUK SMK TSM Astra Honda berikutnya.” jelas Bapak Handy Hariko.

Bapak Handy Hariko menambahkan, untuk bisa menjadi TUK SMK TSM Astra Honda, setiap SMK Binaan harus mengikuti standarisasi yang telah ditentukan oleh AHM, mulai dari ruang praktek, kelengkapan sarana laboratorium, unit sepeda motor yang bervariasi, serta tools dan equipment lengkap sesuai standar AHM. Selain itu, keberadaan tenaga pengajar atau guru juga harus dipenuhi oleh SMK calon TUK.

Program Pendidikan Satu Hati SMK TUK juga dibuat dalam rangka Link n Match antara Dunia Pendidikan dengan Dunia Industri dimana setiap lulusan dari SMK KTSM Honda akan langsung mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi dan bekerja di Jaringan Bengkel Resmi Honda (AHASS) di Kalimantan Barat. Untuk saat ini, Astra Motor Pontianak sudah memiliki 89 AHASS dengan jumlah 377 tenaga mekanik terampil yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Barat.

Tanda Tangan MoU 3 SMK Binaan Baru TSM Honda

Dalam kesempatan yang sama, Astra Motor Pontianak juga melakukan penandatanganan MoU Implementasi Kurikulum TSM Honda dengan 3 SMK Negeri di Kalimantan Barat, yaitu: SMK Negeri yaitu SMK Negeri 1 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara, SMK Negeri 1 Selakau Timur Kabupaten Sambas, dan SMK Negeri 1 Entikong Kabupaten Sanggau.

Penandatanganan MoU SMK TSM Astra Honda Kalimantan Barat 2016
Penandatanganan MoU SMK TSM Astra Honda Kalimantan Barat Tahun 2016

Demi memudahkan implementasi Kurikulum TSM Honda ini, ke-3 SMK Negeri tersebut masing-masing akan mendapatkan 1 unit sepeda motor, special tools, dan materi ajar dari Honda. Bantuan seperti ini juga diberikan kepada seluruh SMK Binaan Honda yang saat ini jumlahnya telah mencapai 11 SMK.

Selain menyediakan materi ajar secara offline, pada tahun ini AHM juga telah mengembangkan Program Pendidikan Satu Hati melalui proses monitoring dan evaluasi efektif dengan membangun sistem database dan e-learning khusus demi mendukung implementasi Kurikulum TSM Honda di SMK Binaan. Sistem database baru ini nantinya akan menjadi sarana informasi dan update teknologi terbaru Honda yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh para Guru sebagai materi ajar di sekolahnya masing-masing.

Dengan adanya e-learning khusus ini, para Guru akan semakin mudah dalam memperoleh materi-materi ajar serta update teknologi terbaru Honda sehingga proses belajar mengajar akan semakin mudah dan cepat. Bahan materi ajar cukup diunduh di website Program Pendidikan Satu Hati. (ADV)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge