10 Fakta Terbaru Mengenai Cryptocurrency

Zaman telah berbubah terlalu cepat, era digital tidak bisa di pisahkan dalam kehidupan sehari-hari, manusia modern saat ini tidak terlepas dari ponsel pintar dan hampir semua memilikinya, transaksi jual belipun mulai bergeser ke era perdagangan secara online dimana uang virtual menjadi alat kesatuan transaksi.

Salah satu bentuk nyata terjadinya pergeseran ini adalah dengan hadirnya mata uang digital yang meskipun tidak nyata wujudnya namun tetap bisa digunakan sebagai salah satu alat pembayaran yang sah dan resmi. Mata uang digital ini lebih dikenal dengan istilah cryptocurrency.

Cryptocurrency adalah mata uang digital di mana transaksinya dapat dilakukan dalam jaringan (online). Tidak seperti halnya mata uang kertas yang dicetak, cryptocurrency didesain dengan memecahkan soal-soal matematika berdasarkan kriptografi. Mata uang digital biasanya bersifat terdesentralisasi. Artinya, secara umum jauh lebih aman daripada yang sifatnya terpusat.

FAKTA CRYPTOCURRENCY

Dalam kurun waktu setahun terakhir, fenomena mengenai keberadaan berbagai jenis mata uang digital atau sering dikenal dengan istilah cryptocurrency telah menjadi bahan perbincangan yang cukup hangat di berbagai kalangan masyarakat. Ada yang menganggap cryptocurrency ini adalah ilegal karena tidak nampak wujud nyatanya, namun disisi lain ada juga yang telah menggunakannya sehari-hari.

Nah, sebelum membahas lebih dalam mengenai status mata uang digital yang saat ini masih pro dan kontra, sebaiknya kita terlebih dahulu mengenai 10 fakta terbaru mengenai cryptocurrency. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan dibawah ini:

FAKTA 1

Cryptocurrency adalah mata uang maya yang tidak ada fisiknya tetapi bernilai sama seperti mata uang fisik. Saat ini terdapat lebih dari 1000-an jenis mata uang dalam dunia maya.

FAKTA 2

Bitcoin adalah salah satu mata uang maya yang diterima dan dipakai di seluruh dunia. Bitcoin adalah mata uang maya pelopor dan jumlah stoknya hanya 21 Juta bitcoin di dunia.

FAKTA 3

Wallet Digital adalah wallet elektronik atau akun berbentuk aplikasi atau website untuk menyimpan dan memudahkan segala urusan transaksi mata uang maya.

FAKTA 4

Wallet Address adalah seperti nomor akun atan rekening bank yang digunakan untuk urusan traksaksi keluar masuk mata uang digital crypto.

FAKTA 5

Block Chain adalah salah satu wallet digital untuk menyimpan (buku besar digital) urusan transaksi keluar masuk. Block Chain adalah satu satunya wallet digital yang banyak digunakn oleh pemilik mata uang digital di seluruh dunia.

FAKTA 6

QR Code adalah kode bacaan untuk Wallet Digital. Setiap Wallet Digital ada QR tersendiri. Selain menggunakn Wallet Address, urusan transaksi juga boleh dilakukan dengan hanya (scan) QR code melalui kamera smart phone atau tablet.

FAKTA 7

Mining adalah bermaksud menambang. Cryptocurrency atau mata uang maya ditambang di internet menggunakan mesin miner berteknologi tinggi. Mesin miner boleh dibeli jika mampu. Beberapa individu atau company yang telah ditetapkn untuk urusan mining di Block Chain.

FAKTA 8

Trading adalah perdagangan atau urusan jual beli. Semua cryptocurrency diperdagangkan di platform-platform tertentu atau direct kepada pasar setelah mendapat hasil dari proses mining.

FAKTA 9

XE Currency adalah satu aplikasi dimana kita boleh melihat dan membandingkn harga antara Bitcoin dengan mata uang fisik yang lain di seluruh dunia. Untuk urusan jual beli mata uang digital akan dikenakan fee dari setiap transaksi baik untuk Trader maupun Exchanger.

FAKTA 10

Coin Market Cap adalah satu platform website yang didalamnya terdapat ratusan nama mata uang digital yang siap diperjualbelikan dan digunakan sebagai dasar pertimbangan bagi masyarakat dunia untuk berinvestasi atau melakukan transaksi.

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More