BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

13 Fakta Menarik Mengenai Teknologi Blockchain

Jika dulu Blogger Borneo pernah mendapat tawaran untuk membeli 10 BTC “hanya” dengan $100 saja, maka untuk saat sekarang nilai konversi cryptocurrency ini sudah hampir mencapai 5 miliar rupiah. Memang hanya sebagian kecil orang saja yang melihat potensi dibalik perkembangan mata uang virtual ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, pasar untuk teknologi blockchain mengalami pertumbuhan yang luar biasa karena penggunaan transaksi mata uang kripto dan dapat menghancurkan industri lainnya.

Konsep blockchain adalah ini adalah buku besar terbuka yang dapat menyimpan segala jenis data transaksi dengan cara yang transparan dan tidak berubah.

Teknologi blockchain adalah konsep terdesentralisasi dan tidak membutuhkan perantara selama transaksi.  Teknologi ledger membantu dalam banyak kasus dan juga mencatat transaksi bitcoin.

Fakta Menarik Mengenai Teknologi Blockchain

Berikut adalah beberapa  fakta menarik tentang teknologi Blockchain yang harus diketahui semua orang:

Penemu Blockchain Dan Bitcoin

Satoshi Nakamoto adalah orang yang menemukan teknologi bitcoin dan blockchain.  Tapi tidak ada yang tahu identitas Satoshi Nakamoto.  Ada orang pernah menyatakan bahwa seorang pria Jepang – Amerika asal Temple City, Los Angeles bernama Dorian Satoshi Nakamoto adalah merupakan bapak Bitcoin.

Banyak kebetulan yang terjadi saat itu.  Misalnya, seorang ilmuwan komputer – Hal Finney, yang merupakan tetangga Nakamoto adalah orang pertama yang menerima transaksi bitcoin.  Namun Dorian Satoshi Nakamoto saat itu membantahnya. Jadi,  belum diketahui identitas sebenarnya dari penemu bitcoin tersebut.

Negara yang Paling Ramah-Kripto dan Blockchain

Swiss, Gibraltar, dan Malta adalah tiga negara paling direkomendasikan untuk blockchain dan ramah kripto di dunia.  Ketika datang ke negara Swiss – mereka memiliki ekonomi paling stabil di dunia dan juga telah menerima blockchain dan cryptocurrency.

Gibraltar adalah negara pertama yang memperkenalkan dan memfasilitasi perdagangan melalui mata uang kripto untuk membentuk komisi layanan keuangan.  Tujuan utama dari komisi ini adalah untuk memberikan lisensi untuk Operasi ICO.  Itu juga melacak organisasi yang berurusan dengan crypto.

Malta adalah tempat terkenal untuk blockchain dan cryptocurrency.  Malta biasa disebut sebagai pulau blockchain dan dianggap sebagai pusat pengembangan blockchain.  Ini dianggap sebagai tempat kelahiran blockchain dan banyak perusahaan crypto. Ini adalah pilihan pertama yang siap memulai bisnis Anda dan bekerja di ranah blockchain.

Negara yang Mendukung Crypto Resmi

Pemerintah di seluruh dunia secara bertahap menyadari bahwa crypto bisa sangat berguna.  Tidak perlu banyak waktu untuk meluncurkan crypto melawan mata uang virtual.  Mereka aman, terjamin dan juga ramah lingkungan.

Ini hemat biaya daripada mencetak mata uang.  Saat ini, terdapat lebih dari 15 negara termasuk negara ekonomi terbaik dunia seperti Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi, Jepang, China, Korea, dll, tertarik untuk meluncurkan cryptocurrency resmi mereka.

Blockchain Meningkatkan Adopsi IoT

Peningkatan penggunaan blockchain diharapkan meningkatkan adopsi IoT melalui kendaraan, perangkat rumah tangga, dll. Sesuai laporan pasar, ini akan membantu industri mencapai $ 50 miliar pada tahun 2020.

Penggunaan Blockchain Meningkat Setiap Tahun

Blockchain akan menjadi salah satu teknologi yang sedang tren di era ini.  Berdasarkan survei pasar, 40 juta orang sudah mulai mengetahui tentang teknologi ini dan banyak dari mereka mulai menerapkannya untuk tujuan bisnis.  Angka tersebut akan meningkat hingga 80% dalam 10 tahun mendatang.

Pertumbuhan Teknologi Blockchain di Pasar Global

Perkembangan Blockchain masih dalam tahun-tahun pembentukannya, tetapi kemajuannya berkembang pesat.  Sebagian besar perusahaan sudah mulai menerapkan teknologi ini untuk membawa perubahan untuk mengubah sistem lama.  Sesuai survei dan ulasan pasar, pasar untuk blockchain akan tumbuh hingga $ 60 juta pada tahun 2024.

Blockchain Dapat Menjadi Publik atau Pribadi

Blockchain publik seperti bitcoin tidak memiliki batasan apa pun, siapa pun yang ada di jaringan dapat menjadi bagian darinya, dan hasilnya adalah tidak akan ada transaksi yang besar.  Di blockchain publik, proses verifikasi membutuhkan waktu lama.  Ketika datang ke blockchain pribadi, itu dikendalikan oleh entitas tunggal dan transaksi akan mudah dilakukan dan lebih cepat.

Sebagian Besar Industri Bank Mulai Menjelajahi Blockchain

Transaksi yang dilakukan dengan teknologi blockchain jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan metode tradisional, yang akan menghemat banyak biaya transaksi terutama untuk transaksi internasional.  Inilah alasan utama mengapa banyak bank seperti American Express, bank ALFA mulai memasukkan blockchain untuk membuat layanan mereka efisien.

Blockchain Dalam Industri Rantai Pasokan Makanan

Alasan utama untuk memasukkan teknologi blockchain dalam industri rantai pasokan makanan untuk menentukan kontaminasi makanan.  Banyak perusahaan multinasional seperti Nestle, Walmart telah menerapkan blockchain ke dalam industri mereka untuk melacak produk makanan yang buruk.

Ada Lebih Dari 39.000.000 Pengguna Dompet Blockchain

Dompet blockchain, atau dompet elektronik, adalah program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna menerima, menyimpan, dan membelanjakan mata uang digital.

Antar muka dompet blockchain yang khas menunjukkan saldo saat ini untuk cryptocurrency yang disimpan dan menampilkan riwayat transaksi.

Pengguna dompet Blockchain dapat mengirim permintaan ke pihak lain untuk sejumlah BTC, ETH, XRP, Litecoin, Tether, atau mata uang digital lainnya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Trading Online

Sebuah alamat unik dibuat untuk setiap permintaan.  Pengguna juga dapat mengirim dana ke alamat unik lainnya menggunakan dompet elektronik mereka.  E-wallet dapat disimpan secara online atau offline;  metode terakhir jauh lebih aman.

Ketika pengguna memulai transaksi kripto pertama kali, dompet digital menghasilkan kunci pribadi, yang kemudian menghasilkan kunci publik.  Keduanya direpresentasikan sebagai string karakter alfanumerik.

Alamat unik tujuan pengiriman transaksi sebenarnya adalah kunci publik versi hash.  Kunci pribadi hanya diketahui oleh pemilik dompet, dan memungkinkan akses ke cryptocurrency.

Pengguna tidak dapat mengakses dan menarik dana yang disimpan di alamat mereka – yaitu, di dompet elektronik mereka – sampai mereka memberikan kunci pribadi yang unik.

80% Investor Cryptocurrency Adalah Pemula

Sekitar 15% profesional TI telah berinvestasi dalam mata uang kripto, yang menjadikan mereka kelompok investor terbesar.

Pelajar, pengangguran, dan pensiunan juga merupakan bagian penting dari investor kripto.  Lebih dari 80% investor cryptocurrency adalah pemula;  hanya 7,38% yang mengatakan bahwa mereka memiliki pengalaman sebelumnya dalam berinvestasi.

Industri Game Pengadopsi Utama Blockchain

Menurut prediksi blockchain oleh seorang pengusaha Amerika dengan pengalaman yang kaya dalam mata uang digital, masa depan pertumbuhan blockchain akan didorong oleh dAPPS, STO, dan industri game.

Aplikasi terdesentralisasi yang signifikan akan menjangkau jutaan pengguna dalam waktu dekat. Aspek penting lainnya dari pertumbuhan blockchain lebih lanjut adalah penawaran token keamanan, yang bekerja dengan cara yang lebih diatur daripada ICO.

Mantan kepala strategi blockchain EOS memprediksi tokenisasi uang fiat, pasar utang, real estat, ekuitas, dan bahkan seni sudah dekat.  Industri game juga akan menjadi pendorong utama adopsi blockchain, karena gamer termasuk di antara pengadopsi crypto paling awal.

Perangkat Seluler Ramah Blockchain

Pabrikan Cina Lenovo memperkenalkan perangkat seluler yang memiliki fitur “Z-space”, sistem pembayaran berbasis blockchain. HTC juga telah meluncurkan ponselnya sendiri yang berfokus pada blockchain.

Tampaknya blockchain seluler sedang dalam perjalanan. Statistik menunjukkan bahwa jumlah pengguna ponsel akan mencapai 5 miliar pada 2019, yang merupakan pasar yang sangat besar dan menarik bagi para inovator blockchain.

Dari fakta menarik tentang teknologi Blockchain yang disebutkan di atas, jelas bahwa teknologi blockchain akan menjadi teknologi yang sedang tren dan diharapkan dapat mengambil alih seluruh dunia sepenuhnya di tahun-tahun mendatang. (DW)

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Indonesia Website Awards