4 Cara Efektif Promosikan Produk MLM Anda dengan Internet Marketing

Multi Level Marketing atau sering disebut sebagai MLM merupakan strategi pemasaran berjenjang atau berantai, dimana tenaga penjual (sales) tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, tetapi juga atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut.

Sejak jaman dahulu kala hingga saat ini, bisnis yang menggunakan konsep MLM tidak pernah ada matinya. Memang tidak dapat dipungkiri dari beberapa merek yang dulu sering terdengar, diantaranya sudah tidak beroperasional lagi alias bangkrut. Perkembangan jaman disertai pergeseran teknologi informasi secara tidak langsung berpengaruh pada kinerja mereka sehingga apabila tidak bisa mengikuti perubahan, maka lambat laun mereka akan terbunuh dengan sendirinya.

Dari nama-nama merek perusahaan yang menjual produk-produk MLM di Indonesia, sebut saja beberapa diantaranya HNI, K-Link, Oriflame, TupperWare, dan lain sebagainya, sampai saat ini nama besar mereka masih tetap terus terdengar di telinga masyarakat. Kemampuan internal manajemennya dalam mengikuti tren pasar dan perubahan jaman membuat posisi mereka masih cukup kokoh untuk ditaklukan.

BISNIS MLM TERBARU

Sudah menjadi pemandangan umum bahwa untuk saat ini perusahaan-perusahaan yang baru saja disebutkan diatas telah melakukan banyak perubahan, salah satu diantaranya adalah perubahan cara promosi produknya. Bagi generasi 80-an tentu masih bisa melihat bagaimana para agen perusahan ini menawarkan produk-produknya dari rumah ke rumah (door to door) dan lingkungan terdekat yang ada di sekitarnya.

Secara pribadi, Blogger Borneo melihat sistem pemasaran seperti ini dipandang cukup efektif karena bisa menekan harga jual produknya karena jalur distribusi pemasaran langsung dilakukan oleh para agen-agennya. Tentu saja produk-produk yang dijual masuk dalam kategori produk eksklusif sehingga tidak dijual secara bebas. Selisih margin keuntungan dari setiap produk yang diperoleh langsung dikonversi menjadi komisi untuk masing-masing agen.

Promosi Online Bisnis MLM

Seiring perkembangan jaman, metode penjualan secara direct dari mulut ke mulut (merupakan kepanjangan lain dari istilah MLM) secara perlahan namun pasti sudah mulai dikurangi (bukan ditinggalkan karena metode marketing secara offline tetap akan digunakan sampai kapanpun). Manusia sebagai makhluk sosial tetap butuh untuk saling bertemu dan berkomunikasi secara langsung.

Pada tulisan kali ini, Blogger Borneo ingin berbagi ilmu dan pengalaman khusus mengenai cara promosi produk MLM secara online. Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk dapat memperkenalkan produk yang ditawarkan ke masyarakat luas, antara lain:

1. Promosi Menggunakan Media Sosial

Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia yang cukup signifikan dalam satu dasawarsa terakhir secara tidak langsung menciptakan pangsa pasar potensial di dunia maya. Hampir sebagian pengguna media sosial mempromosikan produk-produk yang dijualnya di akun-akun media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan sifatnya gratis dan sangat mudah untuk digunakan.

2. Promosi Menggunakan Website / Blog

Kepemilikan akan sebuah website atau blog bagi para agen penjual produk MLM ini sebenarnya cukup vital jika memang pengelolaannya dilakukan secara profesional. Masukkan semua informasi terkait produk yang ditawarkan, berikan beberapa tulisan bermanfaat bagi para pembaca, dan berikan respon secepatnya bagi para pembaca yang meninggalkan komentar. Bagikan tulisan-tulisan terbaru di akun media sosial yang dimiliki untuk mendapatkan trafik kunjungan alami. Jika dibutuhkan, boleh sekali-kali menggunakan perusahaan penyedia jasa promosi website seperti RajaTraffic.Com.

3. Promosi Menggunakan Iklan Berbayar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa para agen produk MLM menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk-produk mereka secara gratis. Akan tetapi, selain itu ternyata mereka bisa memanfaatkan fitur iklan berbayar yang ditawarkan, salah satu contohnya adalah Facebook Ads. Hanya dengan biaya iklan minimal 10 ribu per hari, mereka sudah bisa melakukan promosi secara fokus dan tertarget. Sedangkan untuk di fitur layanan mesin pencarian Google, dapat menggunakan fitur Google Adwords.

4. Promosi Menggunakan Jasa Endorser

Sekarang sedang menjadi tren untuk menggunakan jasa endorser dari para pemilik akun media sosial yang memiliki jumlah pengikut cukup banyak. Apabila Anda memiliki keinginan untuk dapat membuat produk-produk yang dijual cepat terkenal, tinggal cari selebgram atau youtuber yang memiliki ribuan pengikut di akun media sosial atau YouTube mereka. Berikan kepada mereka produknya, lalu minta mereka untuk memberikan review kepada produk MLM Anda dan mempromosikannya. Jangan lupa tanyakan dulu berapa biaya yang harus dibayarkan atas jasa endorse mereka.

Sebagai salah seorang penjual beberapa produk MLM secara online, Blogger Borneo telah menerapkan keempat cara diatas. Alhamdulillah cukup efektif dirasakan. Memang sesekali kita harus mengeluarkan biaya operasional sedikit lebih banyak, namun hasilnya tetap akan terasa lebih menguntungkan. Semoga bisnis MLM online kawan-kawan sukses dan semakin memberikan keuntungan. Amin… (DW)

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More