Indonesia Website Awards

Amal Zone Kubu Raya, Tempat Asyik Hangout Akhir Pekan Bersama Keluarga

Image: Dok. Pribadi

Beberapa kali melihat tampilan iklan promo di salah satu videotron di bundaran depan GAIA Bumi Raya City mengenai lokasi wisata Amal Zone membuat Blogger Borneo merasa penasaran dan langsung mencari informasi di internet dengan mengetikkan kata kunci pencarian tersebut.

Sebagai salah seorang warga Kubu Raya, terus terang sudah pernah mendengar nama ini beberapa waktu sebelumnya dari salah seorang sahabat. Akan tetapi karena pada saat itu masih belum fokus untuk memikirkan rencana liburan bersama keluarga, maka nama tersebut masih belum terperhatikan.

Amal Zone Kubu Raya

Hingga pada akhirnya, video promosi mengenai lokasi wisata baru di Kubu Raya tersebut muncul di salah satu videotron yang berada di bundaran depan GAIA Bumi Raya City. Karena selalu melintasi kawasan tersebut pada saat akan pulang ke rumah, maka beberapa kali pula melihat penampakan video tersebut.

Kebetulan tak lama lagi jadwal kepulangan anak dari SMP Qur’an Al-Karima Kubu Raya. Setiap 2 (dua) minggu sekali memang sudah menjadi jadwal semua anak didiknya kembali ke rumah orang tuanya masing-masing. Nah, ini menjadi momen tepat untuk mengajaknya jalan ke lokasi wisata baru tersebut.

Meskipun statusnya masuk dalam Kabupaten Kubu Raya, namun jarak tempuhnya cukup jauh dari lokasi kediaman Blogger Borneo. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit (menurut Google Maps) untuk dapat mencapai lokasi wisata tersebut. Alhamdulillah perjalanan pertama diberi kelancaran dan kemudahan.

RajaBackLink.com

Tempat Hangout Keluarga

Mungkin karena jaraknya masih bisa ditempuh dalam jangka waktu kurang dari satu jam, ditambah lagi aktivitas yang dilakukan di lokasi wisata Kubu Raya ini menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam saja maka Blogger Borneo menganggapnya sebagai tempat yang tepat untuk hangout bersama keluarga. Bisa juga digunakan sebagai tempat gathering kantor atau arisan keluarga.

Karena bertepatan datang pada hari Ahad sekitar jam 11 siang, kondisi pengunjung sudah mulai tampak ramai. Umumnya mereka datang bersama keluarganya masing-masing. Menjelang Dzuhur Blogger Borneo sudah mencapai lokasi, tak lama berselang waktu sholat pun tiba. Terdapat mushola berukuran kurang lebih 3×3 meter yang dapat digunakan berjamaah secara bergantian.

Baca Juga:   Munas Relawan TIK Indonesia Kedua Tahun 2012

Sempat bingung dengan mekanisme masuk ke dalam kawasannya, akhirnya Blogger Borneo paham mengenai sistematisnya. Ada beberapa hal harus diperhatikan ketika akan masuk ke lokasi wisata Amal Zone Kubu Raya ini, silahkan dipahami penjelasannya dibawah ini:

Harga Tiket Masuk

Amal Zone Kubu Raya - Daftar Menu Makanan dan Minuman
Image: Dok. Pribadi

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Amal Zone Kubu Raya, Anda akan diminta untuk membeli tiket masuk dalam bentuk voucher senilai 30K (hari biasa) dan 40K (akhir pekan) per orang. Untuk anak usia bawah 1 tahun tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Voucher masuk tersebut dapat ditukarkan untuk transaksi pembelian makanan dan minuman serta masuk kawasan wahana yang ada, seperti: Wahana Kolam Pemancingan, Wahana Panahan, dan Wahana Hand Boat. Blogger Borneo sendiri sudah mencoba menggunakan semua wahana yang disediakan di Amal Zone Kubu Raya.

Voucher yang telah didapatkan tidak dapat dikembalikan atau diuangkan kembali dan hanya berlaku di hari yang sama (jika tidak ditukarkan maka akan otomatis hangus). Nah, ada lagi yang namanya Koin dengan pecahan masing-masing 5K, 10K, dan 20K. Untuk koin tidak ada sistem hangus dan bisa dibawa kembali untuk hari berikutnya jika belum ditukarkan.

Sistem Voucher dan Koin

Amal Zone Kubu Raya - Voucher dan Koin
Image: Dok. Pribadi

Jika masih ada yang merasa bingung dengan mekanisme masuk ke kawasan wisata Amal Zone Kubu Raya, berikut ini Blogger Borneo akan jelaskan secara detail. Perhatikan yaaa…

Blogger Borneo datang bersama keluarga berjumlah 3 (tiga) orang, tiket yang dibeli dalam bentuk voucher adalah 40K dikali 3 (tiga) orang sehingga totalnya 120K (per potongan voucher senilai 20K). Perhatikan foto voucher dan koin diatas untuk dapat melihat perbedaannya.

Ketika voucher sudah diterima, silahkan memilih menu makanan dan minuman yang dapat dilihat pada salah satu bagian dinding di depan outlet tiket masuk Amal Zone Kubu Raya. Blogger Borneo memesan makanan dan minuman senilai 98K, dibayar menggunakan 2 voucher @40K jadi totalnya 80K.

Baca Juga:   Berkunjung ke SMA Negeri 4 Sungai Raya Menjelang UNBK 2019

Karena nilai uang kekurangan 18K tidak bisa dibayar dengan potongan voucher 20K, maka bisa dibayar menggunakan uang tunai. Transaksi pembayaran dengan uang tunai hanya bisa dilakukan di kasir restoran, sedangkan untuk wahana sepenuhnya menggunakan mekanisme penukaran voucher atau koin.

Wahana Permainan

Amal Zone Kubu Raya - Wahana Panahan
Image: Dok. Pribadi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Amal Zone Kubu Raya memiliki 3 (tiga) kawasan permainan, antara lain:

  • Wahana Kolam Pemancingan: 10K untuk masa sewa pancing selama 30 menit (juga diberikan umpan secukupnya dalam bentuk pelet).
  • Wanaha Panahan: 10K untuk 6 anak panah dan 20K untuk 15 anak panah.
  • Wahana Hand Boat atau Kano: 20K untuk masa sewa selama 30 menit.

Semua transaksi pembayaran untuk wahana-wahana tersebut menggunakan voucher dan koin. Jadi tidak ada transaksi pertukaran uang tunai selama berada dalam kawasan wisata Amal Zone Kubu Raya.

Amal Zone Kubu Raya - Wahana Hand Boat
Image: Dok. Pribadi

Karena baru dipakai 2 voucher, Blogger Borneo masih memiliki 1 voucher senilai 40K (dua potongan voucher masing-masing senilai 20K). Sisa voucher tersebut digunakan untuk membeli tiket Wahana Panahan 20K dan Wahana Hand Boat 20K.

Sang Anak masih ingin mencoba Wahana Kolam Pemancingan senilai 10K, oleh karena itu Blogger Borneo harus membeli lagi 1 Koin 10K di outlet khusus yang disediakan. Agar merasa tidak bosan menunggu Sang Anak bermain di wahana, maka dipesanlah cemilan dan minuman.

Untuk cemilan jenis Patlau di kawasan wisata Amal Zone ini, harganya 15K dan minuman Kopi Susu Panas harganya 15K. Masing-masing dibayar dengan Koin 10K dan Koin 5K.

Amal Zone Kubu Raya - Menu Cemilan dan Minuman
Image: Dok. Pribadi

Pengalaman Pertama Mengesankan

Alhamdulillah kunjungan pertama kali ke lokasi wisata Amal Zone Kubu Raya memberikan pengalaman pertama yang cukup mengesankan terutama Sang Anak. Siapa mengira pada saat memancing, dirinya mendapatkan tarikan ikan yang lumayan besar. Ikan tersebut kemudian dikembalikan lagi ke kolamnya.

Baca Juga:   Parade Cinta Nusantara, Menciptakan GenRe Perubahan dan Perdamaian

Untuk menu makanan yang dipesan, citarasa masih masuk standar. Sedangkan untuk cemilan Patlau, sambal udangnya mantap. Memang pas terasa ketika dikonsumsi bersama, rekomendasi untuk dicicip ketika Anda datang ke lokasi wisata di Kubu Raya ini.

Bagi Anda yang belum pernah datang ke Wisata Amal Zone Kubu Raya, langsung saja tentukan waktu yang tepat. Untuk lokasi detailnya bisa mengikuti arah panduannya melalui Google Maps dibawah ini:

Don`t copy text!