Bagaimana Perawatan Rambut Pria yang Baik?

Memperhatikan penampilan sehari-hari harus menjadi pekerjaan rumah yang wajib dilakukan para pria. Ketika kamu bisa tampil menarik, stylish, dan modis, kamu menjadi lebih enak untuk dipandang dan juga mampu menarik perhatian orang lain, khususnya lawan jenis.

Namun sebenarnya tidak hanya urusan pakaian saja yang harus diperhatikan, tetapi juga rambut. Rambut kamu sebaiknya sesuai dengan bentuk wajah tapi juga modern sekaligus sehat. Pertanyaannya adalah bagaimana perawatan rambut pria yang baik?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambut tetap sehat, tumbuh dengan normal, dan tidak mengalami kerontokan. Tertarik mencari jawabannya? Ayo simak lima cara perawatan rambut pria di bawah ini!

Konsumsi Makanan Berkhasiat untuk Rambut

Memiliki rambut yang tebal dan sehat tentu saja menjadi impian bagi semua orang, tak terkecuali bagi para pria. Sebenarnya ada beberapa makanan yang memiliki nutrisi yang cukup baik untuk kesehatan rambut pria.

Salah satunya adalah telur. Dengan kandungan biotin, protein, zinc, dan seleniumnya, telur menjadi salah satu makanan yang bernutrisi baik untuk kesehatan rambut pria. Lalu bagi kamu yang suka mengonsumsi buah-buahan, alpukat dapat menjadi pilihan yang tepat. Kandungan vitamin E yang ada di dalam alpukat dapat melindungi area kulit kepala dari kerusakan akibat oksidan.

Hindari Penggunaan Hair Dryer

Ketika kamu selesai, rambut yang basah terkadang memang mengganggu. Apalagi jika kamu langsung ingin melaksanakan aktivitas lainnya seperti berangkat ke kantor. Akhirnya jalan keluar yang dipilih adalah menggunakan hair dryer. Padahal ketika rambut kamu terlalu sering terkena udara panas dari hair dryer, lama kelamaan bisa menjadi rusak.

Maka dari itu, sebaiknya kamu hindari penggunaan hair dryer sejak dini. Kalau perlu jangan gunakan sama sekali. Gunakan handuk saja untuk mengeringkan rambut. Biarkan rambut kamu kering dengan sendirinya.

Buat Jadwal Potong Rambut

Kamu jangan lupa membuat jadwal potong rambut agar rambut tetap modis. Jangan biarkan rambut kamu dibiarkan panjang hingga kamu baru menyadarinya kalau sudah terlalu panjang. Buat jadwal satu bulan sekali atau dua bulan sekali supaya penampilan kamu tetap keren sepanjang waktu.

Coba Cari Gaya Rambut yang Tepat

Ketika kamu sedang ingin potong rambut di barbershop, coba cari gaya rambut yang tepat. Bagaimana caranya? Pertama, kamu bisa mencari referensi di internet. Kedua, kamu bisa meminta bantuan dari barberman di barbershop tersebut. Tanyakan gaya rambut apa yang cocok untuk tipe rambut dan bentuk wajah kamu. Nantinya kamu bisa mendapatkan gaya rambut yang paling tepat.

Gunakan Sampo Berkualitas

Demi bisa mendapatkan perawatan rambut yang terbaik, kamu jangan lupa untuk menggunakan sampo yang berkualitas. Daily Shampoo dari Newman’s yang memiliki formula kombinasi Saw Palmetto, Niacin, dan Rosemary Oil, siap menjaga rambut kamu tetap dalam kondisi kesehatan yang terbaik.

Daily Shampoo juga bisa membuat pertumbuhan rambut kamu dalam tahap normal karena dapat mengurangi kandungan DHT (Dihydrotestosteron) di kulit kepala. Kandungan DHT (Dihydrotestosteron) merupakan salah satu hormon yang memicu perkembangan karakteristik pria, salah satunya adalah pertumbuhan rambut.

Newmans Shampo
Image: NewMans.Id

Hormon DHT sendiri dihasilkan dari hormon testosteron yang diubah menjadi hormon dihydrotestosteron dengan bantuan enzim tertentu.

Sebenarnya, keberadaan hormon DHT dalam tubuh terbilang penting, karena tanpa adanya hormon ini maka rambut di ketiak, jenggot, dan kemaluan tidak dapat tumbuh. Namun, apabila kandungan DHT terlalu besar, maka dapat memicu permasalahan rambut rontok hingga kebotakan pada pria.

Karena kelebihan kandungan DHT dapat mengecilkan folikel rambut di bagian kulit kepala, sehingga rambut yang sehat tidak bisa bertahan yang akhirnya berujung pada kerontokan rambut.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara perawatan rambut pria yang baik setelah membaca artikel ini. Jadi jangan lupa untuk menjaga penampilan rambut kamu sekaligus menjaga kesehatannya agar kamu tidak terkena masalah kerontokan yang pastinya cukup mengganggu. (ADV)

1 Comment
  1. Edgar says

    wah baru tau ni ternyata prawatan ekstra khusu makasi infonya bang

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More