Home Opini Tips Aman Ngeblog, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Tips Aman Ngeblog, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Tips Aman Ngeblog
Image: News.Purcode.Net
Aplikasi Akuntansi Online

Tips Aman Ngeblog – Membaca status dari salah seorang peserta Kontes SEO Sewa Bus Semarang di laman media sosialnya beberapa waktu lalu langsung mengingatkan Blogger Borneo akan pengalaman buruk di tahun 2011 lalu.

Pada saat itu Blogger Borneo baru saja selesai memberikan materi di kegiatan Ngabur-IT dan Buka Puasa Bersama Komunitas BELETER (Blogger en Netter) yang diselenggarakan di Aula Pertemuan Telkom Speedy Pontianak.

Blogger Borneo langsung kaget begitu membuka blog, melihat tampilan depannya sudah berubah. Meski sempat bengong untuk sesaat, namun Blogger Borneo langsung berusaha untuk memeriksa “daleman” BloggerBorneo.Com untuk memastikan kondisi terbarunya.

Jika ingin tahu bagaimana kisah lengkap mengenai bagaimana Blogger Borneo mendapatkan serangan untuk pertama kali ini, bisa membacanya secara lengkap di artikel yang berjudul “Oh Tidak… Blogger Borneo di Hack

Tips Aman Ngeblog

Selang beberapa tahun kemudian, Blogger Borneo kembali mengalami serangan dimana efek yang dialami lebih parah dari serangan sebelumnya. Jika pada serangan sebelumnya sifatnya hanya deface, di serangan kedua sang hacker bisa masuk ke server dan mengobrak abrik isi databasenya.

Tak alang-alang, data postingan yang sudah dipublikasikan di BloggerBorneo.Com selama 1 (satu) tahun langsung dihapus semua. Jadi begitu Blogger Borneo membuka halaman depannya, tulisan terakhir yang muncul adalah tulisan di tahun lalu. Aseli… Langsung shock untuk beberapa lama.

5 Hal yang Harus Diperhatikan

Sempat merasakan 2 (dua) kali pengalaman pahit seperti itu, Blogger Borneo langsung melakukan analisa secara internal maupun eksternal untuk memastikan kejadian yang sama tidak terulang lagi.

RajaBackLink.com

Nah, di kesempatan ini Blogger Borneo ingin sedikit berbagi kepada kawan-kawan blogger agar bisa lebih aware dengan faktor-faktor apa saja yang bisa mengundang para peretas untuk masuk dan mengacak-acak data apapun didalamnya.

Tips Aman Ngeblog 1

Pilih Penyedia Hosting Kredibel

Hal pertama yang harus menjadi fokus perhatian adalah pihak penyedia hosting tempat dimana kita akan menyimpan database blog nantinya. Biasanya bagi blogger yang masih baru, mereka menggunakan shared hosting karena biayanya lebih murah.

Fasilitas yang dimiliki serta layanan purna jual yang diberikan masing-masing pihak penyedia hosting tentulah berbeda. Nah, hal ini yang harus diperhatikan pertama kali. Jangan mudah percaya dengan tawaran-tawaran promo harga murah yang informasinya sering berseliweran di dunia maya.

Blogger Borneo untuk saat ini sudah menggunakan Virtual Private Server (VPS) dengan biaya langganan per bulan mencapai kurang lebih 150 ribu rupiah. Alhamdulillah lebih fast, safe dan secure.

Tips Aman Ngeblog 2

Gunakan Theme Premium

Selanjutnya yang harus menjadi perhatian adalah tampilan blog, biasa disebut sebagai template atau theme. Jika masih belum mampu untuk membeli template blog premium, cukup gunakan saja yang versi gratisan.

Jangan sekali-kali menggunakan nulled theme yang banyak dijual murah sekali di marketplace yang ada karena biasanya sudah dipasang script backdoor dimana sewaktu-waktu bisa disusupi dengan sangat mudahnya. Oleh karena itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai hosting provider yang akan digunakan.

Hal ini saya alami sendiri ketika mengalami serangan kedua. Pada saat itu saya menggunakan tampilan wordpress premium ala nulled yang saya unduh gratis melalui salah satu link tautan. Sejak saat itu langsung merasa jera dan mulai menabung untuk dapat membeli theme wordpress premium.

Tips Aman Ngeblog 3

Pilih Plugin Sesuai Fungsi

Bagi pengguna Content Managemen System (CMS) WordPress tentu saja sudah tidak asing dengan istilah Plugin. Begitu banyak plugin  tersedia, namun kita harus selektif dalam menggunakannya. Yang pasti harus sesuai fungsi dan memiliki rating bagus.

Banyak diantara pihak pembuat plugin tidak melakukan update sehingga membuka celah untuk dimasuki para hacker. Sebenarnya hal ini dapat dengan mudah dideteksi, dilihat dari review dan rating yang dimiliki. Jangan mengambil resiko menggunakan plugin yang sifatnya meragukan.

Masing-masing plugin memiliki fungsi khususnya. Ada yang fungsinya di Search Engine Optimization (SEO), ada yang fokus di security, ada juga yang bermain di analisa data, dan sebagainya.

Tips Aman Ngeblog 4

Selalu Melakukan Backup

Nah, sudah merasa melakukan pengamanan apakah dianggap aman??? Ternyata sebagian besar kawan-kawan blogger suka lalai untuk melakukan backup data. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di dunia maya segala bentuk kejahatan atau kejadian dapat terjadi.

Tidak ada satupun yang memprediksi bahwa pihak penyedia hosting kita, setingan theme blog kita, ataupun plugin-plugin yang digunakan bebas dan aman dari resiko. Disinilah proses backup data menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan dan dilakukan secara rutin.

Tips Aman Ngeblog 5

Jangan Berikan Password ke Orang Lain

Yang terakhir harus diperhatikan dimana terkadang masing dianggap sepele adalah memberikan data-data penting kepada orang lain, contohnya password akses masuk blog kita. Jangan mudah percaya dengan orang lain. Jika memang mau diberikan sebagai langkah cadangan, berikan ke orang-orang yang dapat dipercaya.

Penutup

Sebagai seorang blogger yang merasa “bukan siapa-siapa”, tentulah kemungkinan untuk mendapatkan serangan dari hacker bisa dianggap sebagai satu kemustahilan. Pemahaman ini sempat Blogger Borneo pegang teguh sewaktu masih awal-awal ngeblog.

Akan tetapi, seiring perjalanan waktu ternyata hal-hal seperti ini tidak bisa dipandang remeh. Jadi meskipun masih merupakan blogger “bukan siapa-siapa”, Blogger Borneo tetap berusaha untuk menutup semua celah yang ada.

Dan khusus bagi yang belum pernah mengalami, sepertinya sudah mulai harus mempersiapkan karena kita tidak tahu seperti apa dampak yang akan dialami dan dirasakan.

Di pengalaman pertama Blogger Borneo masih bisa tenang karena sifatnya hanya deface, namun di pengalaman kedua Blogger Borneo langsung merasa shock karena hampir 400 tulisan hilang dalam sekejap. Tetap semangat ngeblog ya Friends… (DW)