Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Beberapa Langkah Membuat Blog Terlihat Profesional

Blog ProfesionalTerkadang sebagai seorang blogger yang masih newbie, terkadang kita bingung untuk membuat suatu blog. Mau ngga bikin, ntar disangka kuper (hari gene ngga punya blog??). Mau bikin, bingung juga harus darimana mulainya. Sebenarnya pada waktu awalnya, saya juga sempat merasa kebingungan untuk membuat suatu blog. Tapi sejalan dengan perkembangan waktu dan seringnya saya mengunjungi blognya temen-temen, saya dapat mengambil beberapa pelajaran mengenai bagaimana membuat blog terlihat profesional. Dalam penjelasan kali ini, saya membagi pokok pembahasan menjadi dua tahap yaitu : Tahap Pembuatan dan Tahap Perawatan.

Tahap Pembuatan

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam tahap pembuatan blog ini, yaitu:

1. Tujuan Membuat Blog

Ini merupakan kunci awal dari seorang blogger sebelum dia terjun kedalam dunia blog. Tujuan ini akan berpengaruh terhadap masa depan blog yang akan dibuat, apakah akan menjadi blog yang tetap bersifat informatif dan komunikatif atau ujung-ujungnya blog tersebut akan berubah fungsi menjadi mesin uang kita. Menurut saya tidak ada salahnya kita memasang ya sekedar satu atau dua iklan di blog kita, toh itu juga bisa mempengaruhi jumlah kunjungan karena akan terlihat lebih menarik. Tapi, jangan pula blognya dibuat menjadi penuh iklan dimana pada tampilan blognya terpasang iklan dimana-mana. Ini tentunya akan membuat para pengunjung menjadi risih untuk melihat blog kita lagi.

2. Template Blog yang Digunakan

Template yang digunakan akan berpengaruh terhadap penilaian pengunjung terhadap blog kita. Para pengunjung tidak akan betah dibuatnya jika template yang kita gunakan menggunakan warna yang sangat menyolok seperti biru terang, hijau stabillo, atau merah menyala. Gunakan template yang tampilannya terlihat rapi dengan warna yang kalem dan terkesan elegan. Dari pengalaman saya mencari template yang sesuai, diantara berpuluh-puluh template gratis yang ada hanya beberapa saja yang memiliki setingan yang udah fix sehingga pada saat diisi content-content tampilan tersebut tidak berubah. Maklumlah yang namanya barang gratis, bisa didownload secara bebas aja udah syukur. Dan juga usahakan mencari template yang sifatnya Fixed Width and Height sehingga meski dibuka dengan browser dan resolusi layar ukuran apapun, tampilan blog kita tidak berubah. Sebagai contoh adalah template yang saya gunakan pada blog ini.

3. Pasang Widget Sesuai Kebutuhan

Widget adalah tampilan tambahan yang bisa dipasang pada blog kita sehingga kita tidak perlu lagi capek-capek membuat bahasa program untuk menampilkan jam, buku tamu, jumlah pengunjung, dan lain-lain. Tinggal ketikkan “Blog Widget” di Mbah Google, akan muncul daftar-daftar web yang menyediakan widget untuk dipasang di blog kita. Semakin banyak widget yang kita pasang akan berpengaruh pada kemampuan loading blog kita. Pengunjung tidak ingin membuang banyak waktunya hanya demi menunggu sebuah blog bukan?? Dan satu lagi, terkadang ada beberapa blog yang saya lihat tampilan widgetnya tidak sesuai dengan ukuran templatenya jadi malah terkesan tidak rapi dan asal-asalan. Sebenarnya untuk melakukan penyesuaian itu tidaklah sesulit yang dibayangkan. Biasanya dari kode script yang diberikan, ada beberapa diantaranya bisa dilakukan penyesuaian ukuran widgetnya sehingga pada saat dipasang di blog kita akan terlihat pas dan rapi.

4. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Sebenarnya ini bukanlah sebuah faktor yang harus diperhatikan, namun alangkah baiknya jika dalam menulis suatu postingan dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kasus yang sering terjadi sih biasanya salah dalam penulisan suatu kata atau kalimat. Penggunaan bahasa selain Indonesia seperti inggris atau jawa juga dapat berpengaruh kepada jumlah pengunjung karena hanya blogger-blogger yang mengerti bahasa tersebutlah yang bisa membaca isi dari blog tersebut. Saya ambil contoh blog yang berbahasa jawa yaitu Born Javanese Terus terang saya suka sama blog tersebut karena kesannya unik sehingga bisa terpilih menjadi pemenang dari kompetisi blog yang diadakan oleh KapanLagi.Com, dan kebetulan juga saya bisa membaca blog tersebut karena saya merupakan keturunan Japon alias Jawa Pontianak.

Tahap Perawatan

“Merawat Lebih Sulit Daripada Membuat”, pepatah itu menggambarkan apa yang harus kita lakukan dalam mengelola blog kita. Menurut pendapat saya, ada dua hal yang dapat dilakukan agar blog yang kita kelola selalu terawat.

1. Selalu Fokus

Fokus yang saya maksudkan disini adalah tetap mengaju pada tujuan awal dibuatnya blog tersebut. Hal ini berkaitan dengan content blog seperti isi postingan maupun tampilan-tampilan widget harus sesuai dengan tema blog yang kita buat. Sebagai contoh blog yang saya kelola ini. Ada 4 hal yang saya fokuskan di blog ini, yaitu : Mengenai Kalimantan Barat karena saya tumbuh dan berkembang di tanah Kalimantan Barat ini, Mengenai Akuntansi karena latar belakang pendidikan saya adalah sarjana ekonomi akuntansi, Mengenai Blog karena saya termasuk sebagai salah satu blogger mania, dan Mengenai Pengalaman Pribadi karena blog ini sifatnya personal.

2. Tetap Update

Melakukan postingan secara rutin dapat menjaga pengunjung kita agar mau selalu berkunjung ke blog kita. Dengan memasukkan postingan secara berkala maka otomatis blog kita akan selalu kelihatan terawat. Akan terlihat berbeda jika disuatu taman, terdapat sekuntum bunga yang secara rutin disiram dan diberi pupuk dengan sekuntum bunga yang tidak pernah dirawat sama sekali.

Kesimpulannya, blog sebagai salah satu tempat dimana kita bisa menuangkan segala bentuk ide dan pemikiran dalam bentuk tulisan melalui postingan yang ada secara tidak langsung akan menggambarkan sifat dan karakteristik dari pemiliknya. (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
6 Comments
  1. fahriza says

    tips yang ok makash
    kata2 fokus menjadi inspirasi tersedrii bagi saya, mungkin pak dwi dapat memberikan tips yang lebih menukik tentang bagaimana menjadikan blog kita selain informatif juga profit….artinya teknis nya ada ngk pak dwi…

    trims salam kenal

  2. fahriza says

    pak dwi trims atas responnya

    saya mau nanya nih beberapa hal: maklum newbie,,hehe:
    1. bagaimana caranya untuk mengetahaui Feed burner kita telah aktif??
    saya sudah mandapatkan akun feed burner akan tetapi simbol feed burner tidak muncul (RSS), bagaimana caranya untuk mengetahui sudah aktif atau munculnya feed burner di blog.
    2. apa manfaat feed burner yang lebih mendasar?
    3. Bagaimana sih cara mendapatkan iklan di blog kita, apakah hanya dengan adcsend? saya udah coba mendaftar melalui adscend akan tetapi di tolak dengan alasan belum pantas, jadi bingung saya?

    trimakasih atas infonya

  3. rafly rast says

    wah kalau tetap update kayaknya susah mas,, apaalagi kalau kitanya lagi kagak punya ide,,, bisa sampai 3 hari mas,, kagak posting lagi,, ya udahlah thanks infonya ya mas 🙂

    1. Dwi Wahyudi says

      Nah, itu dia masalahnya Bro. Tetap update, update, dan update. Hehehehe…

  4. pojok wirausaha says

    untuk update blog seperti hari saya akui saya tidak mampu karena saya bukan hanya blogger saja. ada kepentingan lainnya. karena itu saya tetapkan dalam seminggu minimal saya bisa update 2 artikel baru. hari ini saya baru menambahkan kategori baru di blog PW agar lebih informatif.salam blogger.

    1. Dwi Wahyudi says

      Ga papa Bro, 2 kali seminggu juga udah lumayan kok. Yang penting rutin yach… Tetap semangat… 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.