BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Cara Daftar Program Beasiswa BCA Terbaru Tahun Ajaran 2022

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali membuka program Beasiswa BCA untuk tahun ajaran 2022. Perusahaan menawarkan Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) bagi lulusan SMA/SMK di seluruh Indonesia.

PPBP adalah program beasiswa yang sebelumnya dikenal dengan nama Program Pendidikan Akuntansi (PPA). Beasiswa BCA memberikan kesempatan kepada seluruh lulusan SMA/SMK untuk menjalani program pendidikan di BCA Learning Institute selama 2,5 tahun.

Program Beasiswa BCA

Untuk penerimaan tahun ajaran 2022, pendaftaran program Beasiswa BCA gelombang pertama akan dibuka untuk seluruh Indonesia pada tanggal 3 Mei – 31 Agustus 2021. Pengumuman peserta yang lolos seleksi akan dilakukan pada tanggal 30 September 2021.

Di masa Pandemi, seluruh proses seleksi penerimaan beasiswa dilakukan secara virtual online. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui website: https://karir.bca.co.id/beasiswa-bca mulai Senin, 3 Mei 2021.

Tahap seleksi beasiswa ini adalah:

  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Online
  3. Psikotes Online
  4. Wawancara
  5. Tes Kesehatan

Persyaratan untuk mendapatkan Beasiswa BCA program PPBP dan PPTI, antara lain:

  • Siswa/i kelas 3 ataupun lulusan SMA/SMK dengan usia maksimal 19 tahun;
  • Memiliki nilai rata-rata rapor keseluruhan minimal 7,50 dan nilai Matematika per semester (SMA) atau nilai Produktif (SMK) minimal 7,50;
  • Memiliki keinginan untuk terus belajar dan berprestasi, mudah beradaptasi terhadap hal baru, dan menyukai tantangan.

Syarat Pendaftaran

Untuk mendaftar program Beasiswa BCA Tahun Ajaran 2022 cukup mudah. Seluruh pendaftar diminta untuk mengisi data diri, memasukkan nilai rapor, dan mengunggah foto melalui formulir yang tersedia di website, sehingga tidak perlu mengumpulkan berkas fisik saat pendaftaran.

“Beasiswa PPBP dan PPTI merupakan jembatan bagi BCA untuk terhubung dengan talenta muda Indonesia. Setiap tahun, kami tidak pernah absen memberikan kesempatan beasiswa kepada lulusan terbaik SMA/SMK di seluruh Indonesia,” demikian penjelasan Lianawaty Suwono, Direktur BCA, seperti yang dikutip dari Siaran Pers perusahaan.

Apabila lulus rangkaian seleksi, para penerima beasiswa akan mengikuti masa pendidikan selama 30 bulan di BCA Learning Institute, Sentul, Bogor.

Fasilitas Peserta

Para peserta PPBP akan mendapatkan pendidikan yang berkaitan dengan operasional bisnis dalam dunia perbankan, sedangkan peserta PPTI akan mendapatkan pendidikan yang berkaitan dengan teknologi dalam perbankan.

Setelah lulus pendidikan, para peserta mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan karir di BCA. Untuk mendukung proses pendidikan, peserta juga akan mendapatkan buku, laptop (khusus untuk PPTI), makan siang, dormitory, hingga uang saku setiap bulannya.

Tak hanya belajar di kelas, peserta juga berkesempatan untuk mengembangkan diri, antara lain melalui beragam ekstrakurikuler, hingga outing yang mengembangkan nilai-nilai juga soft skill para peserta.

Profil BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) (IDX: BBCA) adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan pada 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV dan pernah menjadi bagian penting dari Salim Group. Sekarang bank ini dimiliki oleh salah satu grup produsen rokok terbesar keempat di Indonesia, Djarum.

Pada tahun 1955 NV Perseroan Dagang Dan Industrie Semarang Knitting Factory berdiri sebagai cikal bakal Bank Central Asia (BCA). BCA didirikan oleh Sudono Salim pada tanggal 21 Februari 1957 dan berkantor pusat di Jakarta.

Sejarah Berdiri

Pada tanggal 1 Mei 1975, pengusaha Mochtar Riady bergabung di BCA. Ia memperbaiki sistem kerja di bank tersebut dan merapikan arsip-arsip bank yang kala itu ruangannya jadi sarang laba-laba.

BCA melakukan merger dengan dua bank lain pada 1977. Salah satunya Bank Gemari yang dimiliki Yayasan Kesejahteraan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Kantor Bank Gemari pun dijadikan kantor cabang BCA. Merger itu membuat BCA bisa menjadi bank devisa.

Pada periode 2000-an BCA memperkuat dan mengembangkan produk dan layanan, terutama perbankan elektronik dengan memperkenalkan Debit BCA, Tunai BCA, internet banking KlikBCA, mobile banking m-BCA, EDCBIZZ, dan lain-lain.

BCA mendirikan fasilitas Disaster Recovery Center di Singapura. BCA meningkatkan kompetensi di bidang penyaluran kredit, termasuk melalui ekspansi ke bidang pembiayaan mobil melalui anak perusahaannya, BCA Finance.

Perkembangan Terbaru

Tahun 2007, BCA menjadi pelopor dalam menawarkan produk kredit kepemilikan rumah dengan suku bunga tetap. BCA meluncurkan kartu prabayar, Flazz Card serta mulai menawarkan layanan Weekend Banking untuk terus membangun keunggulan di bidang perbankan transaksi.

BCA secara proaktif mengelola penyaluran kredit dan posisi likuiditas di tengah gejolak krisis global, sekaligus tetap memperkuat kompetensi utama sebagai bank transaksi.

Tahun 2008 & 2009, BCA telah menyelesaikan pembangunan mirroring IT system guna memperkuat kelangsungan usaha dan meminimalisasi risiko operasional. BCA membuka layanan Solitaire bagi nasabah high net-worth individual.

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Central_Asia
  • https://lifestyle.kontan.co.id/news/program-beasiswa-bca-sudah-dibuka-ini-cara-daftar-dan-syaratnya?page=all

Advertisement

Indonesia Website Awards