Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Cara Membuat Alamat Email dengan Nama Domain Sendiri

Dalam dunia bisnis, memiliki sebuah alamat email dengan nama domain sendiri memang akan terkesan lebih profesional. Setidaknya dengan menggunakan email dengan nama domain sendiri, calon klien akan menilai kita ini adalah orang yang bonafit dibanding jika kita menggunakan embel-embel gmail.com, yahoo.com, hotmail.com, dan lain-lain. Nah, pada kesempatan ini saya akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara membuat alamat email dengan nama domain sendiri. Tentu saja persyaratan utama yang wajib dipenuhi adalah memiliki hosting dan domain. Jika belum punya, saya merekomendasikan JogjaHost sebagai penyedia jasa layanan hosting dan domainnya.

Banner Jogjahost 468x60

Sebenarnya ada dua pilihan cara bisa digunakan dalam membuat alamat email dengan nama domain sendiri yaitu dengan menggunakan fasilitas WebMail yang memang sudah tersedia fasilitasnya di cPanel atau menggunakan fasilitas Google Apps. Kebetulan disini saya akan menggunakan pilihan cara kedua karena lebih aman dilihat dari sisi media penyimpanan datanya. Pada fasilitas WebMail, besarnya kapasitas media penyimpanan yang disediakan sangat tergantung dengan besarnya kapasitas hosting kita sendiri. Sedangkan jika menggunakan fasilitas Google Apps maka kapasitas media penyimpanan yang diberikan adalah tanpa batas miliknya Google. 🙂

Oke, sekarang langsung saja. Disini saya akan menggunakan nama domain pribadi yaitu www.bloggerborneo.com dimana nantinya alamat email yang akan dibuat adalah info[a]bloggerborneo.com. Untuk langkah awal, tentu saja kita harus masuk ke halaman cPanel hosting domain tersebut. Setelah itu klik menu MX Entry yang terdapat dalam kelompok menu Mail.

Langkah Setup Hosting Buat Email di Google 1

Arahkan nama domain yang akan digunakan dan buat data MX Records sama seperti gambar dibawah ini melalui menu Add New Record.

Langkah Setup Hosting Buat Email di Google 2

Setelah selesai, masuk ke halaman Google Apps. Isikan data-data yang diminta, perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

LANGKAH I : REGISTRASI

Langkah Membuat Email Domain Sendiri di Google 1LANGKAH II : PILIH OPSI NAMA DOMAIN SENDIRI

Langkah Membuat Email Domain Sendiri di Google 2

LANGKAH III : ISIKAN ALAMAT DOMAIN YANG AKAN DIGUNAKAN

Langkah Membuat Email Domain Sendiri di Google 3

LANGKAH IV : BUAT ALAMAT EMAIL YANG DIINGINKAN

Langkah Membuat Email Domain Sendiri di Google 4

LANGKAH V : PROSES REGISTRASI SELESAI DILAKUKAN

Langkah Membuat Email Domain Sendiri di Google 5

Nah, sekarang alamat emailnya sudah selesai dibuat. Jika dilihat sekilas tidak ada perbedaan tampilan ketika membuka email dengan Gmail bukan? Perbedaannya hanya terletak pada nama alamat email yang akan dimasukkan sudah berubah sesuai nama domain sendiri. Saya langsung mencoba untuk mengirimkan sebuah pesan dari bloggerborneo[a]gmail.com ke info[a]bloggerborneo.com dan Alhamdulillah langsung terkirim. It’s work Friends…

Langkah Membuat Email Domain Sendiri di Google 6

Bagi kawan-kawan yang berminat untuk membuat alamat email dengan nama domain sendiri langsung saja ikuti langkah-langkahnya ya, selamat mencoba… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
2 Comments
  1. ndop says

    Loh eh loh eh, gak bayar ya sekarang? Dulu setau saya sempet harus bayar berapa dolar setahun gitu. Waaah.

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya Bro, sekarang gratis cuma hanya untuk single user aja. Lebih dari 1 user kena charge, hehehe… 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.