Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Cara Membuat Kue Kering Ala BloggerBorneo

BLOGGERBORNEO.COM – Kue kering adalah jenis makanan atau cemilan yang paling ditunggu oleh semua orang. Biasanya memasuki hari raya “Idul Fitri” kue kering sangat laris manis dipasaran. Hampir disemua toko atau swalayan menjual kue kering untuk kebutuhan hari raya lebaran. Akan tetapi banyak juga diantara mereka membuat sendiri kue kering tersebut, akan tetapi kadang rasanya kurang enak atau bahkan tidak sesuai dengan keinginan.

Membuat kue kering sebenarnya sangatlah gampang sekali, tidak memerlukan keahlian khusus dalam membuatnya. Yang perlu di perhatikan dalam membuat kue kering adalah takaran dan campuran bahan-bahan yang tepat serta feeling seorang “Koki” juga dibutuhkan disini, sehingga rasanya bisa sesuai keinginan Anda.

Terus Bagaimana cara membuat kue kering yang enak? Bingung? Gak tau caranya?

Nah! disini adalah beberapa tips membuat kue kering yang enak dan pasti gampang sekali membuatnya.

Tips Cara Membuat Kue Kering ala BloggerBorneo

Cara Membuat Kue Kering
Ilustrasi Cara Membuat Kue Kering (Sumber: Shutterstock.com)

1. Siapkan Semua Peralatan yang Dibutuhkan

Cara membuat kue kering yang pertama adalah dengan menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering tersebut, seperti loyang khusus kue kering dan berdinding rendah agar kue matang merata. Siapkan juga oven dengan api sedang agar kue kering tidak gosong.

2. Pilihlah Bahan Baku yang Berkualitas dan Segar

Karena bahan baku yang berkualitas dan segar dapat mempengaruhi cita rasa dari kue kering tersebut. Inti dari membuat kue kering adalah tepung yang digunakan. Pilihlah tepung terigu rendah protein, karena tepung terigu yang rendah protein tidak membentuk gluten sehingga kue kering yang dihasilkan betul-betul renyah.

3. Ayak Semua Tepung Sampai Merata

Dengan begitu tepung-tepung tersebut dapat dengan mudah bercampur rata dengan bahan-bahan lainnya. Bila perlu tambahkan soda kue dan garam agar kue menjadi wangi dan gurih.

BACA JUGA: STIK TALAS PONTIANAK, CEMILAN KHAS KOTA PONTIANAK

4. Jangan Mengocok Mentega Terlalu Lama

Kenapa demikian? Biasanya waktu yang diperlukan untuk mengocok mentega tidak lebih dari 3 menit dan jika lebih dari itu dikhawatirkan lemak dari mentega akan cepat meleleh dan membuat kue melebar sehingga hasilnya tidak maksimal. Cara membuat kue kering yang satu ini harus diperhatikan betul, karena jika Anda berlebihan dalam memberi takaran mentega juga dapat membuat rasa kue menjadi asin dan berlemak.

5. Jangan Langsung Mencampur Semua Adonan dengan Mentega

Usahakan untuk membaginya kedalam 3-4 bagian agar bahan-bahan tersebut dapat tercampur merata. Ditakutkan jika langsung dicampur semua, semua bahan tidak teraduk rata maka rasanya pun menjadi tidak merata, kadang manis dibagian atas dan asin bagian bawah.

6. Sesuaikan Waktu dan Suhu Pemanggangan

Inilah yang membedakan dengan semua cara membuat kue kering yang dilakukan orang lain. Waktu dan suhu yang diperlukan untuk memanggang kue nastar dengan kue kering putri salju sangatlah beda. Jadi berhati-hatilah dalam menentukan waktu dan suhu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Jangan Langsung Menyajikan Kue yang Baru Matang

Karena waktu selesai dikeluarkan dari oven, proses pematangan kue masih berlangsung. Biarkan sampai benar-benar dingin baru disajikan atau disusun kedalam toples. Ditakutkan jika Anda langsung menatanya kedalam toples, kue akan cepat basah atau bahkan lembek karena kue belum matang.

Itulah beberapa tips dan cara membuat kue kering ala BloggerBorneo, selamat mencoba!! Semua hasil yang bagus pasti memerlukan ketekunan dan keuletan, jadi jangan takut untuk mencoba dan gagal. Coba terus sampai berhasil siapa tahu kedepan Anda menjadi Produsen kue kering dan bisa menjadi mata pencaharian Anda. (PA)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
No Comments
  1. piyo says

    oh, jadi kl buat kue kering nggak boleh terlalu lama ngaduk mentega ya, pantes kmrn adonannya jadi terlalu lembut

Leave A Reply

Your email address will not be published.