Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Cara Membuat Paspor Keluar Negeri Secara Online

Setelah pada tahun 2012 lalu saya ada membuat tulisan mengenai Cara Membuat Paspor Keluar Negeri di Kantor Imigrasi Pontianak, pada kesempatan ini saya ingin mengupdate informasi tersebut dimana untuk saat ini proses permohonan pembuatan paspor keluar negeri bisa dilakukan secara online. Jadi para calon pemohon tidak perlu menunggu antrian dan berdesak-desakan hanya untuk mengisi form-form administrasi yang disediakan, semua sudah disediakan secara online di website Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Prosedur Pembuatan Paspor Secara Online

Oke, tanpa berlama-lama lagi kita langsung saja ke inti tulisan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat paspor secara online, antara lain:

Langkah I : Menyiapkan Scan Dokumen Persyaratan yang Dibutuhkan

Adapun dokumen-dokumen yang dibutuhkan, meliputi:

  1. Akte Kelahiran
  2. KTP
  3. Kartu Keluarga
  4. Ijazah Terakhir
  5. Surat Nikah (bagi yang telah menikah)

Catatan: Semua dokumen diatas harus asli.

Langkah II : Proses Upload dan Input Data Secara Online

Pada tampilan halaman utama website, klik menu pilihan LAYANAN PASPOR ONLINE (perhatikan gambar dibawah ini).

Tampilan Cara Membuat Paspor Secara Online

Masuk ke halaman pendaftaran, isi semua data yang diminta dan upload file-file dokumen yang dibutuhkan. Apabila sudah, klik Simpan dan kawan-kawan akan memperoleh bukti pendaftaran dimana terdapat nama dan nomor pendaftaran. Jangan lupa untuk mencetak Print Bukti Pendaftaran Online tersebut.

Langkah III : Melakukan Registrasi Foto Paspor di Kantor Imigrasi

Setelah itu datang ke kantor imigrasi terdekat, berikan Bukti Print Pendaftaran Online tersebut. Setelah menunggu kurang lebih sekitar 15-30 menit, kawan-kawan akan diberi tanda bukti untuk mengikuti proses selanjutnya yaitu tahap foto passpor. Untuk proses foto paspor menunggu sekitar kurang lebih 14 hari kerja.

Langkah IV : Proses Akhir Pembuatan Paspor

Nah apabila sudah tiba saatnya, selanjutnya kawan-kawan akan diminta untuk membayar biaya pembuatan paspor dimana untuk paspor 24 halaman biayanya sekitar Rp. 270.000,-. Selanjutnya tiba giliran untuk mengambil foto dan sidik jari. Nah biasanya proses ini akan membutuhkan sedikit waktu  karena antrian untuk foto dan sidik jari lebih banyak. Makanya disarankan bagi para pemohon agar bisa datang awal ke kantor imigrasi terdekat. Setelah proses foto dan sidik jari selesai, silahkan menunggu petugas memanggil untuk memberikan paspor yang telah jadi. Alhamdulillah sampai disini proses pembuatan paspor telah selesai dan kawan-kawan sudah bisa melakukan perjalanan keluar negeri. Selamat liburan yach… (DW)

Sumber Referensi:

  • http://www.kaskus.co.id/post/5175cee08127cf9f55000000
  • http://www.imigrasi.go.id
DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.