Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Cara Mencairkan Pendapatan Google Adsense Melalui Kantor Pos

Bagi para publisher Google Indonesia, hari ini merupakan hari yang sangat berbahagia karena Google telah mengeluarkan Surat Perintah Menarik Dana Adsense (SPMDA) mereka. Tidak seperti biasanya, setelah 5 tahun ngeblog baru hari ini Blogger Borneo bisa ikutan melakukan “ritual” rutin yang dilakukan oleh para publisher Google Indonesia lainnya yaitu mencairkan pundi-pundi dollar dari akun Google Adsense masing-masing. Meski sudah termasuk lama malang melintang dalam dunia perbloggeran Indonesia, baru kali ini permohonan pengajuan untuk menjadi publisher Google Adsense diterima kembali. Atas arahan dari salah seorang mastah Internet Marketing Kalimantan Barat (maaf, Beliau melarang namanya untuk disebut karena tidak ingin dianggap mastah oleh orang lain), Blogger Borneo melakukan sedikit modifikasi dan menghilangkan beberapa konten yang dianggap melanggar syarat dan ketentuan. Alhamdulilah setelah sempat merasa frustasi akibat dua kali dibanned Google, untuk ketiga kalinya Blogger Borneo berhasil terdaftar kembali. 🙂

Setelah menanti selama 3 bulan, akhirnya SPMDA itu terbit juga. Maklum saja, minimal pencairan pendapatan Google Adsense adalah 100 dollar. Jika kurang dari itu maka belum bisa dicairkan sampai akumulasi pendapatan per bulan mencukupi. Berikut saya lampirkan SPMDA dari Google:

Google AdsenseMengenai lokasi pencairan dana, sebenarnya bisa dilakukan di kantor pos, bank, pegadaian, atau lembaga keuangan lain yang menerima jasa penarikan dana menggunakan Western Union (WU). Karena jumlah pendapatan Google Adsense Blogger Borneo masih dibawah 2 (dua) juta rupiah maka kantor pos menjadi pilihan. Akhirnya pilihan jatuh ke Kantor Pos Utama yang terletak di Jl. St. Sy. Abdurrahman Pontianak.

Kantor POS Utama Pontianak
Kantor POS Utama Pontianak

Sebelum melakukan pencairan, terlebih dahulu Blogger Borneo mempersiapkan masing-masing satu rangkap fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Dua dokumen identitas ini diperlukan oleh pihak pos dalam proses klarifikasi kesesuaian data. Setelah itu baru Blogger Borneo mengisi form penarikan dana dari luar negeri melalui Western Union. Isikan data-datanya sama seperti tampilan berikut:

Form Penarikan Dana Wester Union
Form Penarikan Dana Wester Union

Setelah diisi lengkap, berikan ke petugas pos untuk diproses. Agak sempat nervous juga awalnya karena ini adalah pengalaman pertama kali. Agak lebay ya Friends? Hehehehehee… Akhirnya setelah menunggu kurang dari 10 (sepuluh) menit petugas pos pun menyerahkan printout tanda terima dana yang dicairkan. Selain membubuhi tanda tangan pada printout tersebut, Blogger Borneo juga diminta untuk memberi cap jempol didekat tanda tangan pada kedua form tersebut. Sempat bertanya kepada petugas tersebut berapa kurs dollar hari ini, Beliau menjawab Rp. 12.144,- Pak. 🙂

Tanda Terima Dana Western Union
Tanda Terima Dana Western Union

Setelah semua proses selesai dilakukan, Blogger Borneo pun bisa pulang dengan rasa syukur yang luar biasa. Mungkin bagi seorang pemain Adsense yang sudah masuk dalam kategori “mastah”, jumlah nominal yang Blogger Borneo dapatkan masihlah belum seberapa. Meski begitu, Blogger Borneo tidak akan lemah syahwat eh lemah semangat maksudnya. Yang penting sekarang Blogger Borneo telah memiliki “kail” tambahan untuk memperoleh penghasilan dari Google Adsense, tinggal sekarang bagaimana usaha untuk bisa meningkatkan penghasilannya. Di akhir tulisan, Blogger Borneo tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih banyak kepada salah seorang “mastah” yang telah memberi ilmu dan arahan selama ini. Buat kawan-kawan lainnya, tetap semangat yach… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.