Indonesia Website Awards

Cara Menentukan Judul Skripsi yang Baik dan Menarik Sehingga Disukai Dosen

Image: kalderanews.com

Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk merujuk pada karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana (S1) atau diploma.

Skripsi biasanya merupakan tugas akhir yang mencerminkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama masa studi di perguruan tinggi.

Cara Menentukan Judul Skripsi

Proses penyusunan skripsi melibatkan pemilihan topik penelitian, pengumpulan data, analisis, dan pembuatan tulisan ilmiah yang sistematis. Skripsi harus mencerminkan kontribusi penulis dalam memahami, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang studi tertentu.

Masalahnya sekarang adalah banyak mahasiswa masih bingung ketika akan menyusun skripsi sebagai syarat kelulusannya. Padahal, judul skripsi sangat menentukan arah dan kualitas penelitian yang akan dilakukan. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan beberapa tips dan langkah-langkah cara menentukan judul skripsi yang baik dan menarik.

1. Identifikasi Minat dan Bakat Anda

RajaBackLink.com

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi minat dan bakat Anda dalam bidang studi yang Anda tekuni. Anda harus memilih topik yang sesuai dengan passion dan keingintahuan Anda, sehingga Anda akan lebih termotivasi dan bersemangat dalam melakukan penelitian.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kemampuan dan keahlian Anda dalam topik tersebut, sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam mengembangkan dan menyelesaikan skripsi Anda.

Untuk mengidentifikasi minat dan bakat Anda, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Mengingat kembali mata kuliah yang Anda sukai dan pahami dengan baik.
  • Membaca buku, jurnal, artikel, atau sumber lain yang berkaitan dengan bidang studi Anda.
  • Mengikuti seminar, workshop, webinar, atau kegiatan akademik lain yang relevan dengan bidang studi Anda.
  • Berdiskusi dengan dosen, teman, atau orang lain yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang studi Anda.

2. Lakukan Studi Literatur

Setelah Anda menemukan topik yang Anda minati, langkah selanjutnya adalah melakukan studi literatur. Studi literatur adalah proses mencari, membaca, dan menganalisis sumber-sumber ilmiah yang berkaitan dengan topik yang Anda pilih.

Baca Juga:   Cara Daftar Internet Banking Mandiri Lewat HP Android

Tujuan dari studi literatur adalah untuk mendapatkan gambaran umum tentang topik tersebut, mengetahui perkembangan dan tren terkini, serta menemukan celah penelitian yang masih terbuka.

Untuk melakukan studi literatur, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Mencari sumber-sumber ilmiah yang relevan dengan topik Anda, seperti buku, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, atau sumber lain yang memiliki kredibilitas dan validitas tinggi.
  • Membaca dan memahami isi sumber-sumber tersebut dengan cermat dan kritis, serta mencatat poin-poin penting yang berkaitan dengan topik Anda.
  • Membuat ringkasan atau sintesis dari sumber-sumber tersebut, serta mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, kesimpulan, dan saran yang diberikan oleh penulisnya.
  • Membuat daftar pustaka yang berisi informasi lengkap tentang sumber-sumber yang Anda gunakan, serta mengutipnya dengan benar sesuai dengan gaya penulisan yang berlaku.

3. Tentukan Rumusan Masalah

Setelah Anda melakukan studi literatur, langkah selanjutnya adalah menentukan rumusan masalah. Rumusan masalah adalah pertanyaan penelitian yang ingin Anda jawab melalui skripsi Anda. Rumusan masalah harus spesifik, jelas, dan dapat diuji secara empiris.

Rumusan masalah juga harus memiliki signifikansi teoritis dan praktis, yaitu dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pemecahan masalah nyata.

Untuk menentukan rumusan masalah, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Mengidentifikasi celah penelitian yang masih terbuka dari studi literatur yang Anda lakukan, yaitu masalah atau fenomena yang belum terjawab atau terpecahkan oleh penelitian sebelumnya.
  • Merumuskan pertanyaan penelitian yang sesuai dengan celah penelitian tersebut, serta memastikan bahwa pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan data dan metode yang tersedia.
  • Menyusun rumusan masalah secara sistematis dan logis, serta menghindari pertanyaan yang terlalu luas, terlalu sempit, terlalu kompleks, atau terlalu sederhana.

4. Buat Judul Skripsi

Setelah Anda menentukan rumusan masalah, langkah selanjutnya adalah membuat judul skripsi. Judul skripsi adalah kalimat yang menggambarkan secara singkat dan padat tentang topik dan tujuan penelitian Anda.

Judul skripsi harus menarik perhatian pembaca, serta mencerminkan isi dan hasil skripsi Anda. Judul skripsi juga harus sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku, yaitu menggunakan bahasa yang baku, jelas, dan mudah dipahami.

Baca Juga:   Universitas Muhammadiyah Malaysia Resmi Berdiri Setelah Mendapat Pengesahan

Untuk membuat judul skripsi, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Menggunakan kata-kata kunci yang berkaitan dengan topik dan rumusan masalah Anda, serta menghindari kata-kata yang tidak relevan, ambigu, atau berlebihan.
  • Menyusun kata-kata kunci tersebut menjadi kalimat yang singkat dan padat, serta memastikan bahwa kalimat tersebut dapat menjelaskan topik dan tujuan penelitian Anda secara utuh.
  • Menyesuaikan judul skripsi dengan gaya penulisan yang berlaku, serta memeriksa ejaan, tanda baca, dan kapitalisasi yang benar.

5. Konsultasikan dengan Dosen Pembimbing

Setelah Anda membuat judul skripsi, langkah selanjutnya adalah mengkonsultasikannya dengan dosen pembimbing. Dosen pembimbing adalah orang yang akan membimbing dan membantu Anda dalam proses penelitian dan penulisan skripsi Anda.

Dosen pembimbing juga akan memberikan masukan, saran, kritik, dan evaluasi terhadap judul skripsi yang Anda buat, serta membantu Anda dalam mengatasi kendala yang mungkin Anda hadapi.

Untuk mengkonsultasikan judul skripsi dengan dosen pembimbing, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Memilih dosen pembimbing yang sesuai dengan bidang keahlian dan minat Anda, serta memiliki reputasi dan pengalaman yang baik dalam bidang tersebut.
  • Membuat proposal skripsi yang berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, kerangka teori, metode penelitian, dan daftar pustaka yang berkaitan dengan judul skripsi Anda.
  • Menyampaikan proposal skripsi Anda kepada dosen pembimbing secara tertulis dan lisan, serta menerima dan menerapkan masukan, saran, kritik, dan evaluasi yang diberikan oleh dosen pembimbing.

6. Revisi Judul Skripsi

Setelah Anda mengkonsultasikan judul skripsi dengan dosen pembimbing, langkah terakhir adalah merevisi judul skripsi Anda. Revisi judul skripsi adalah proses memperbaiki dan menyempurnakan judul skripsi Anda sesuai dengan masukan, saran, kritik, dan evaluasi yang diberikan oleh dosen pembimbing.

Revisi judul skripsi bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kelayakan judul skripsi Anda, serta mempersiapkan Anda untuk melaksanakan penelitian dan penulisan skripsi Anda.

Untuk merevisi judul skripsi, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Meninjau kembali judul skripsi yang Anda buat, serta membandingkannya dengan masukan, saran, kritik, dan evaluasi yang diberikan oleh dosen pembimbing.
  • Membuat perubahan-perubahan yang diperlukan pada judul skripsi Anda, seperti menambah, mengurangi, mengganti, atau mengubah kata-kata, kalimat, atau makna yang kurang tepat atau kurang sesuai.
  • Menyusun kembali judul skripsi Anda menjadi lebih baik dan lebih menarik, serta memastikan bahwa judul skripsi Anda tetap sesuai dengan topik dan tujuan penelitian Anda.
Baca Juga:   Cara Menggunakan Aplikasi Si Apik, Gratis Selamanya dari Bank Indonesia

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips dan langkah-langkah cara menentukan judul skripsi yang baik dan menarik. Bagi Anda yang masih merasa bingung menentukan judul skripsi yang akan dibuat, dapat langsung menyampaikan keluh kesahnya melalui kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari judul skripsi, serta dapat membantu Anda dalam menyelesaikan skripsi Anda dengan lancar dan sukses. Selamat mencoba! (AI)

Sumber ruangmahasiswa.com rivierapublishing.id
Don`t copy text!