Zahir Online

3 Cara Menuju IKN Ibu Kota Negara Baru Indonesia

Image: maps.app.goo.gl/Jy3G6SGzhwD7TcaP9

BloggerBorneo.com – Indonesia tengah bersiap menuju babak baru sejarahnya dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

IKN yang diberi nama Nusantara ini akan menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian masa depan Indonesia.

Cara Menuju IKN

Pembangunan infrastruktur IKN Nusantara pun tengah berjalan masif. Akses menuju IKN menjadi salah satu aspek penting yang tengah dikembangkan pemerintah.

Nantinya, perjalanan menuju IKN akan semakin mudah dan nyaman dengan berbagai pilihan jalur dan moda transportasi.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung atau bahkan berencana untuk bekerja dan tinggal di IKN Nusantara, berikut ini merupakan cara menuju IKN menggunakan berbagai pilihan moda transportasi yang dapat digunakan:

1. Pesawat Udara: Pilihan Cepat dan Efisien

Cara menuju IKN menggunakan moda transportasi udara menjadi pilihan tercepat dan termudah untuk mencapai IKN Nusantara.

Bandara Internasional Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, saat ini menjadi pintu gerbang utama menuju IKN.

Nantinya, pemerintah berencana untuk membangun bandara khusus di IKN Nusantara. Bandara ini diharapkan dapat melayani penerbangan langsung dari berbagai kota besar di Indonesia maupun internasional.

2. Melintasi Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam)

Cara menuju IKN yang lain adalah melalui jalur darat. Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) menjadi akses utama yang menghubungkan kedua kota besar di Kalimantan Timur tersebut.

Dari Balikpapan, Anda dapat menggunakan Tol Balsam hingga Simpang Samboja. Nantinya, Tol Akses IKN yang sedang dalam tahap pembangunan akan terhubung langsung dengan Tol Balsam, sehingga memudahkan perjalanan menuju IKN Nusantara.

3. Menggunakan Kapal Ferry Menuju IKN

Selain cara menuju IKN menggunakan jalur darat, Anda dapat melalui jalur laut. Seiring dengan pembangunan infrastruktur IKN, transportasi menggunakan kapal ferry pun direncanakan akan dikembangkan.

Pelabuhan yang berpotensi menjadi titik keberangkatan menuju IKN di antaranya adalah Pelabuhan Samarinda dan Pelabuhan Penajam. Rute ini menawarkan pengalaman perjalanan yang unik sambil menikmati keindahan perairan Kalimantan Timur.

Tips: Gunakan aplikasi penunjuk jalan berbasis GPS untuk memastikan Anda berada di jalur yang tepat, terutama ketika Tol Akses IKN sudah beroperasi.

4. Moda Transportasi Kombinasi

Untuk mencapai IKN Nusantara, Anda juga dapat menggunakan kombinasi berbagai moda transportasi sebaga cara untuk menuju IKN. Sebagai contoh, Anda dapat terlebih dahulu menggunakan pesawat udara untuk mencapai Balikpapan.

Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan taksi, rental car, atau travel menuju IKN Nusantara. Kombinasi moda transportasi ini menawarkan fleksibilitas dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Menuju IKN dari Pontianak

Cara Menuju IKN dari Pontianak

Kota Pontianak merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Barat. Jika dilihat berdasarkan penampakan Google Maps diatas, IKN terletak di Kalimantan Timur. Secara geografis lokasi keduanya masih berada dalam satu wilayah daratan yaitu Pulau Kalimantan.

Cara menuju IKN dari Kota Pontianak dapat menggunakan 3 (tiga) jalur pilihan, yaitu: Udara, Darat, dan Air. Jika udara menggunakan pesawat terbang, darat dapat menggunakan bis Damri, travel, maupun mobil pribadi, sedangkan air menggunakan kapal penumpang atau express.

Waktu tempuh untuk masing-masing rute, menggunakan pesawat terbang kurang lebih 1,5 jam, menggunakan darat kurang lebih 32 jam (dengan catatan tidak ada singgah), menggunakan laut belum dapat diketahui pasti waktu tempuhnya.

Catatan:

Menurut pengalaman dari orang-orang yang sudah pernah ke IKN dari Kota Pontianak, waktu tempuhnya kurang lebih 3 hari 2 malam dimana titik peristirahatannya ada di Pangkalan Bun dan Palangkaraya atau Banjarmasin.

Kesimpulan

Sebagai kawasan yang masih dalam tahap pengembangan, perlu diketahui bahwa fasilitas umum di IKN Nusantara mungkin belum selengkap daerah lainnya di Indonesia.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan Anda, disarankan untuk merencanakan perjalanan dengan baik.

Berikut beberapa tips untuk perjalanan yang lebih nyaman:

  • Periksa kondisi lalu lintas sebelum berangkat. Anda dapat menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze untuk melihat kondisi lalu lintas terkini.
  • Hindari jam sibuk. Jam sibuk biasanya terjadi pada pagi hari (06:00 – 09:00) dan sore hari (16:00 – 19:00).
  • Patuhi peraturan lalu lintas. Pastikan Anda selalu mematuhi peraturan lalu lintas untuk keselamatan dan kelancaran perjalanan.
  • Siapkan diri dengan baik. Pastikan Anda dalam kondisi yang fit untuk mengemudi dan membawa semua dokumen yang diperlukan, seperti SIM dan STNK.

Semoga perjalanan Anda ke IKN Nusantara menyenangkan! (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Don`t copy text!