5 Langkah Mudah Mendapatkan Penghasilan dari Sosiago Influencer Marketing

Di awal tahun 2019 ini, bagi para blogger yang ingin mendapatkan penghasilan dari aktivitas ngeblog hariannya bisa melakukan uji coba Sosiago Influencer Marketing. Sebenarnya jika dilihat dari proses munculnya platform Sosiago, terjadi dikarenakan adanya proses transformasi dari platform sebelumnya yaitu iBlogMarket.Com. Blogger Borneo sendiri merupakan salah seorang member platform yang sering memberikan job dalam bentuk placement content, review produk, medsos buzzer, dan sejenisnya.

Secara definisi, yang dimaksud dengan influencer marketing atau dalam bahasa Indonesianya adalah pemasaran influencer adalah bentuk pemasaran dimana fokus promosinya ditujukan kepada orang-orang yang berpengaruh dan memiliki pangsa pasar sasaran secara keseluruhan di media sosial. Ini mengidentifikasi individu yang memiliki pengaruh atas pelanggan potensial, dan mengarahkan aktivitas pemasaran di sekitar influencer ini.

COBA SOSIAGO INFLUENCER MARKETING

Tidak dapat dipungkiri lagi, bagi para pemilik blog atau pengguna medsos, seperti Facebook, YouTube, maupun Instagram kesempatan untuk memperoleh penghasilan dari aktivitas online hariannya cukup terbuka besar. Ada beberapa platform yang menyediakan penawaran kerjasama, salah satu diantaranya adalah Coba Sosiago Influencer Marketing.

Dengan mendaftar di Sosiago.Id, kita tidak perlu bingung lagi untuk mengatur berapa besaran fee yang akan diterima karena sudah ditentukan sebelumnya. Para pemilik blog atau pengguna media sosial cukup melihat daftar tawaran kerjasama dari para advertiser yang masuk melalui halaman dashboard khusus, sudah lengkap dengan syarat, ketentuan, dan jumlah fee yang akan didapatkan nantinya.

5 LANGKAH MUDAH MENDAFTAR

Bagi para pemilik blog dan atau pengguna media sosial yang berminat untuk mendaftar dan bergabung menjadi bagian dalam jaringan Sosiago Influencer Marketing dapat mengikut beberapa langkah mudah, sebagai berikut:

Langkah 1: Melakukan Pendaftaran

Karena ingin mendaftar, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisi data-data pribadi melalui Form Pendaftaran. Isi data sesuai aslinya agar proses pembayaran fee nantinya tidak mengalami kendala. Lakukan proses aktivasi dari link yang dikirimkan ke email kita sesaat setelah proses pendaftaran selesai dilakukan.

Langkah 2: Menentukan Channel

Setelah proses aktivasi selesai dan laman dashboard sudah bisa diakses secara penuh, langkah selanjutnya adalah memilih channel apa saja yang akan didaftarkan. Ada 4 (empat) pilihan channel yang tersedia, antara lain: Blog atau Website, Instagram, Twitter, dan YouTube.

Daftar Channel Sosiago Influencer Marketing
Image: Sosiago.Id

Setelah dipilih salah satu channelnya, tekan tombol Lanjutkan untuk proses berikutnya. Untuk pilihan channel bisa lebih dari satu, tinggal disesuaikan channel mana yang memiliki potensi paling besar untuk mendapatkan penawaran dari para advertiser.

Langkah 3: Menunggu Tawaran Job

Begitu semua channel sudah didaftarkan, langkah selanjutnya adalah memantau tawaran-tawaran job dari para advertiser melalui halaman dashboard coba Sosiago Influencer Marketing. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tampilan berikut ini:

Coba Sosiago Influencer Marketing
Image: Sosiago.Id

Dari tampilan diatas dapat dilihat bahwa ada tawaran job dalam bentuk blogpost, lengkap informasinya dengan berapa jumlah target blog yang ingin diterima, berapa jumlah member yang sudah bergabung, berapa jumlah yang disetujui, dan terakhir berapa jumlah blogger yang sudah diterima. Oh iya, satu lagi ada juga informasi mengenai jumlah fee yang akan diterima jika job sudah dikerjakan.

Catatan:

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, sangat perlu diperhatikan bahwa tidak semua job akan bisa didapatkan karena harus diperhatikan dulu bahwa topik dan niche blog kita sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Sebagai contoh apabila dalam blog atau media sosial kita sama sekali tidak ada membahas mengenai Fashion, maka jangan harap kita bisa mendapatkan job dengan topik tersebut.

Langkah 4: Mengerjakan Job

Dalam masa tunggu, kita tidak perlu harus selalu mengecek laman dashboard karena sistem akan langsung melakukan update melalui sms dan email ketika pengajuan kita diterima. Jika info tersebut sudah diterima, kita sudah bisa mengakses list job yang harus diselesaikan dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jika sifatnya adalah blogpost, materi untuk publikasi sudah disiapkan. Jadi tinggal melakukan proses editor jika ada kata yang salah dan menambahkan gambar pendukung yang sesuai dengan topik dari artikel tersebut.

Contoh Job Sosiago Influencer Marketing
Image: Sosiago.Id

Dapat dilihat pada tampilan diatas laporan dari job yang sudah selesai dikerjakan oleh Blogger Borneo. Untuk dapat prioritas, satu hal yang harus diperhatikan adalah mengenai masa pengerjaan job harus secepat mungkin. Jangan sampai melewati deadline karena job tersebut akan hilang dengan sendirinya. Jadi begitu mendapat tawaran job, langsung selesaikan secepatnya.

Langkah 5: Menerima Fee dan Pembayaran

Nah, sekarang kita berada pada langkah terakhir yang paling ditunggu yaitu menerima fee dari job yang telah diselesaikan. Biasanya setelah laporan penyelesaian job telah dikirimkan, sistem memberikan batas waktu pemeriksaan untuk memastikan job telah dikerjakan sesuai syarat dan ketentuan yang diminta oleh pihak advertiser. Ketika proses evaluasi selesai, maka status laporan job kita adalah APPROVED. Otomatis fee pekerjaan akan langsung masuk dalam rekening sementara di laman dashboard coba Sociago Influencer Marketing kita.

Setiap bulannya sistem akan secara otomatis melakukan proses pencairan dana tanpa harus menunggu approval dari pemilik akun. Akan tetapi, kita bisa meminta sistem tidak melakukannya secara otomatis dengan menekan tombol SEDANG DITABUNG. Maka dana yang ada untuk sementara tidak akan dicairkan. Biasanya karena jumlahnya masih “recehan” maka para pemilik akun tidak mau mencairkan di bulan yang berjalan, disimpan dulu sampai beberapa bulan hingga jumlah pendapatannya sudah besar nilainya.

PENTING UNTUK DIPERHATIKAN:

Periode pembayaran dilakukan di hari Kamis ke-2 di bulan berikutnya. Jadi, jika punya saldo di bulan Oktober 2018 (tidak sedang ditabung), maka akan menerima pembayaran di Minggu ke-2 (terhitung 14 hari) dan di hari Kamis bulan November 2018.

UNDUH ARTIKEL DALAM BENTUK FILE PDF