Indonesia Website Awards

Durian Jemongko, Varietas Unggul Kalimantan Barat yang Banyak Peminat

Image: youtube.com/@affanptkchannel

Indonesia dikenal sebagai surganya buah-buahan eksotis, dan salah satu buah yang paling kontroversial adalah durian. Bagi sebagian orang, durian adalah buah surga yang lezat dengan aroma yang khas, sementara bagi yang lain, baunya yang kuat bisa menjadi tantangan besar.

Durian telah tumbuh di Asia Tenggara selama berabad-abad. Buah ini pertama kali disebutkan dalam catatan sejarah Tiongkok pada abad ke-15, tetapi durian telah tumbuh di wilayah Asia Tenggara jauh sebelumnya.

Durian Jemongko

Buah ini dikenal sebagai “Buah Raja” karena rasanya yang istimewa dan kemewahan yang dikaitkan dengannya. Durian Jemongko bukanlah varietas durian yang biasa, namanya juga sepertinya belum sepopuler Musang King atau Monthong untuk saat ini.

Akan tetapi, sejak kemunculannya dalam kurun waktu dua tahun terakhir, durian ini langsung menarik hati para penikmat buah berkulit duri ini. Sesuai namanya, durian ini berasal dari daerah Jemongko di Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Memang untuk varietas tumbuhan ini, Sanggau menjadi daerah penghasil durian terbaik. Selama ini jenis buah durian yang cukup terkenal dan sering menang dalam kontes buah durian internasional adalah Durian Balai Karangan.

Disukai Wali Kota Pontianak

Durian Jemongko memiliki citarasa khas. Menurut Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono ketika mencicipi buah berduri ini untuk pertama kalinya, setiap buah, terutama durian, yang berasal dari daerah tertentu memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri, baik dari rasa, bentuk maupun tekstur.

Baca Juga:   Madu Syaiful Asli Kalimantan, Sudah Memenuhi Standar Ekspor dan Halal MUI
Wali Kota Pontianak Edi Kamtono Nikmati Durian Jemongko
Image: pontianakinformasi.co.id

Dikutip dari laman pontianakinformasi.co.id, Edi Kamtono mengatakan dari 15 buah Durian Jemongko yang dirasakannya, masing-masing memiliki rasa yang berbeda-beda. Ada yang rasanya sedikit pahit, ada yang manis, ada yang legit, sangat legit dan ada yang agak lembek karena kematangan.

Kemudian dari warna isi buahnya ada yang putih, kekuningan, dan kuning muda. Perbedaan jenis rasa dan tekstur buah ini mungkin dikarenakan berasal dari pohon yang berbeda di satu kawasan.

“Inilah yang bikin penasaran, jadi tadi setiap ada teman yang baru buka durian, saya ikut mencicipi, di situlah sensasi makan durian,” ungkapnya.

Edi mengklaim, kualitas Durian Jemongko tidak kalah dengan durian dari negeri tetangga, Malaysia seperti Musang King. Bahkan durian jemongko dinilainya sebagai durian terbaik di Kalbar.

“Rasanya boleh diadu dengan durian dari negeri tetangga,” sebutnya.

Durian Jemongko Varietas Unggul Kalimantan Barat
Image: regional.kompas.com

Ciri Khas Istimewa

Secara umum, Durian Jemongko memiliki ciri khas, antara lain:

1. Aroma yang Lembut

Durian varietas unggulan ini memiliki aroma yang lembut. Meskipun tetap memiliki aroma durian khas, Durian Jemongko memiliki intensitas aroma yang lebih rendah daripada varietas durian lainnya. Ini membuatnya lebih mudah diterima oleh mereka yang biasanya tidak menyukai baunya yang kuat.

2. Tekstur yang Kekar

Durian Jemongko dikenal memiliki daging buah yang tebal dan kekar. Dagingnya lembut, manis, dan sedikit berair, memberikan sensasi meleleh di mulut yang tak terlupakan.

3. Rasa Manis yang Mendalam

Rasa manisnya yang mendalam dan gurih membuat buah kulit berduri ini menjadi favorit bagi pecinta durian. Rasanya yang khas dengan sentuhan karamel menjadikannya pengalaman rasa yang unik.

Baca Juga:   Zahir Accounting, Software Akuntansi Terbaik Indonesia

4. Warna yang Memikat

Daging Durian Jemongko berwarna kuning emas yang memikat, menggoda mata sebelum mencicipinya.

Cara Menikmati

Ada beberapa cara untuk menikmati Durian Jemongko:

  1. Langsung Makan: Cara paling sederhana adalah membelah durian dan langsung menikmatinya dengan sendok.
  2. Es Durian: Durian Jemongko juga sering digunakan sebagai bahan dasar es durian. Es durian dengan daging Durian Jemongko yang lembut adalah hidangan penutup yang sempurna pada hari panas.
  3. Pancake Durian: Daging durian bisa dijadikan isian pancake atau martabak, menciptakan hidangan manis yang menggoda.

Penutup

Durian adalah buah yang membagi pendapat, tetapi juga adalah buah yang kaya akan rasa dan sejarah. Bagi mereka yang berani mencicipinya, durian adalah pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Buah ini terus menjadi simbol budaya dan makanan favorit di wilayah Asia Tenggara.

Durian Jemongko adalah bukti bahwa dunia durian terus berkembang dan menawarkan varietas yang berbeda untuk semua selera. Jika Anda adalah pecinta durian atau baru saja ingin mencoba buah ini, jangan ragu untuk mencari Durian Jemongko ketika Anda berada di Kalimantan Barat.

Ini adalah pengalaman kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Jangan lupa membawa pengaman hidung jika Anda masih ragu dengan aroma durian, tetapi siapkan lidah Anda untuk merasakan kenikmatan buah ini yang luar biasa. Selamat menikmati wisata kuliner di Pontianak! (DW)

RajaBackLink.com
Sumber Pontianak Informasi Kompas Regional
Don`t copy text!