BloggerBorneo.com – Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat 2023 merupakan agenda kegiatan yang diinisiasi oleh para pegiat literasi di Kalimantan Barat terutama dari Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan ini dilaksanakan di Langkau Etnika pada tanggal 9-10 September 2023.

Sebenarnya sudah jauh hari informasi mengenai kegiatan Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat disebarkan melalui grup whatsapp pegiat literasi Kalimantan Barat, namun Blogger Borneo bersama istri tercinta baru memutuskan turut serta di detik-detik akhir pelaksanaan.

Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat

Mewakili nama Rumah Baca Hafizh, Blogger Borneo bersama istri dapat dibilang sebagai “orang baru” di dunia literasi Kalimantan Barat. Diterimanya pesan via WA dari salah seorang sahabat yang aktif di Komunitas Literasi Kalbar menjadi titik awal terjun ke dunia ini.

Blogger Borneo sendiri sebelumnya (sebenarnya masih juga aktif sampai detik ini) fokus pada Literasi Digital di sebuah organisasi sosial bernama Relawan TIK Indonesia. Sejak 2012 Blogger Borneo diberi amanah untuk memimpin Relawan TIK Kalimantan Barat sampai tahun 2022.

Alhamdulillah selama kurun waktu dua tahun terakhir, Kalimantan Barat masuk dalam 10 besar peringkat daerah dengan Indeks Literasi Digital terbaik di Indonesia. Jika pada tahun 2021 Kalbar berada di posisi ke-8, di tahun berikutnya 2022 langsung melesat di peringkat ke-2 dibawah Jogjakarta.

Langkau Etnika Art Space

Membaca nama ini, Blogger Borneo yakin pasti masih banyak diantara kawan-kawan yang belum pernah mendengar atau tahu keberadaan lokasinya. Hal yang sama dirasakan ketika pertama kali membaca informasi bahwa Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat 2023 akan diselenggarakan di Langkau Etnika.

Sempat melihat video pendek mengenai salah satu tempat yang bisa dijadikan tujuan healing dan refreshing ini, ternyata cukup menarik dan tentu saja menambah rasa penasaran untuk dapat melihat langsung. Begitu membuka Google Maps, ternyata jarak Langkau Etnika masih cukup terjangkau.

Bagi kawan-kawan yang juga merasa penasaran dengan keberadaan Langkau Etnika dapat melihat penampakan lokasinya pada video berikut ini.

Nah, bagaimana setelah melihat video Langkau Etnika Art Space diatas? Cukup menarik bukan? Blogger Borneo yakin setelah mengetahui mengenai keberadaan lokasi wisata di Kabupaten Kubu Raya ini, kawan-kawan akan langsung ingin berkunjung kesana.

Menurut informasi yang didapatkan, Langkau Etnika sendiri dibuat dan didirikan secara swadana dan swakelola dari beberapa orang pegiat seni dan budaya di Kalimantan Barat. Bang Gabriel atau lebih akrab dipanggil Bang Iil merupakan tokoh utama yang berperan besar dibuatnya Langkau Etnika Art Space.

Sekilas mengenai Bang Iil, beliau merupakan seorang ASN (Aparatur Sipil Negara) yang saat ini berdinas di Bidang Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat. Beliau sendiri dalam kegiatan Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat ini menjadi salah satu praktisi yang akan memberikan materi mengenai teknik menari jepin.

Event Mandiri Komunitas

Pada bagian pembuka tulisan ini, Blogger Borneo telah menjelaskan bahwa kegiatan Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat diinisiasi dan diselenggarakan secara mandiri dimana pembiayaan diambil dari biaya pendaftaran sebesar 100 ribu per peserta undangan.

Meskipun menurut run down kegiatan Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat diselenggarakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 9-10 September 2023, namun Blogger Borneo bersama istri hanya dapat mengikuti di hari pertama pelaksanaan saja. Itupun baru dapat hadir ketika posisi matahari tepat berada di atas bumi sehingga dapat dibayangkan bagaimana rasa panas terasa pada saat itu.

Langkau Etnika Art Space
Image: Dok. Pribadi

Tapi entah kenapa begitu tiba di Langkau Etnika Art Space dan masuk kedalam, suasana jadi terasa sejuk. Begitu diperhatikan ternyata rimbunan dedaunan pohon langsat yang tumbuh dengan posisi tertata rapi melindungi pancaran sinar terik matahari secara langsung. Lihat penampakan dokumentasi diatas, tampak cukup teduh dan sejuk bukan?.

Kegiatan Pembuka Menggambar Sketsa

Melihat dari kejauhan kawan-kawan yang hadir telah berada pada posisi duduk di area panggung. Sambil membungkuk, mereka tampak sibuk memainkan pensil yang dipegang diatas lembaran kertas putih. Begitu mendekat, ternyata mereka sedang ditugaskan untuk membuat sketsa. Aktivitas ini menjadi kegiatan pembuka Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat 2023.

Karena melihat para peserta yang turut serta dalam aktivitas menggambar sketsa tersebut didominasi oleh kaum hawa, maka Blogger Borneo lebih memilih untuk melipir dan bergabung dengan beberapa pegiat literasi yang tampak sedang berdiskusi serius namun santai di area sebelahnya. Sambil menyeruput secangkir capucino hangat, Blogger Borneo mengikuti diskusi tersebut.

Sesi Menggambar Sketsa di Silaturahim Literasi Kalimantan Barat 2023
Image: Dok. Pribadi

Tidak terasa kurang lebih setengah jam berlalu, sesi menggambar sketsa pun selesai. Tampak para peserta yang turut serta sudah memegang hasil kreasinya masing-masing. Lihat penampakan ketika mereka melakukan sesi foto bareng setelah beraktivitas. Cekrekkk…

Next Session Belajar Memainkan Sape’

Setelah selesai mengikuti aktivitas menggambar sketsa, para peserta Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat 2023 kemudian diajak untuk belajar memetik dan memainkan Sape’. Sape’ sendiri merupakan alat musik khas Suku Dayak yang dimainkan secara dipetik dan suara yang keluar akan terdengar merdu mendayu-dayu.

Tampak para peserta kegiatan Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat 2023 yang dilaksanakan di Langkau Etnika Art Space tampak cukup senang dan fokus memperhatikan penyampaian materi demi materi oleh kawannya Bang Iil (mohon maaf jika Blogger Borneo lupa menanyakan namanya). 😀

Belajar Memainkan Alat Musik Sape
Image: Dok. Pribadi

Diantara para peserta yang mengikuti sesi belajar memainkan alat musik Sape’ ini, beberapa diantaranya cukup cepat menyerap ilmu yang diberikan oleh pemateri. Sepertinya memang harus orang-orang berkarakter seni belajar ini, kalau Blogger Borneo sih langsung kibar bendera putih.  Hahaha…

Pelatihan Dasar Menari Jepin

Sayup-sayup suara adzan berkumandang menandakan waktu sholat Ashar tiba. Aktivitas kegiatan untuk sementara dihentikan sambil menunggu para peserta Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat 2023 menunaikan kewajibannya secara bergiliran satu per satu. Sebuah mushola kecil tersedia di area Langkau Etnika Art Space, jadi tidak perlu kuatir ketinggalan sholat ketika waktunya tiba.

Pelatihan Dasar Menari Jepin menjadi aktivitas terakhir yang dilakukan hari ini sampai sore, sedangkan malam harinya adalah sesi pembukaan kegiatan Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat 2023 yang akan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, perwakilan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat, dan beberapa pihak lainnya.

Setelah tuntas menunaikan kewajiban kepada Sang Pencipta, pihak panitia penyelenggara mempersilahkan para peserta Silaturahmi Literasi Kalimantan Barat 2023 untuk mengikuti aktivitas selanjutnya yaitu Pelatihan Dasar Menari Jepin. Dan seperti apa yang telah Blogger Borneo jelaskan sebelumnya, Bang Gabriel aka Bang Iil menjadi pengajar di sesi ini.

Penutup

Tidak terasa waktu terus berjalan, saking asyiknya memperhatikan Sang Istri tercinta belajar menari membuat diri ini tidak fokus memperhatikan jam tangan yang digunakan. Hampir menjelang pukul 5 petang sesi Pelatihan Dasar Menari Jepin pun usai dan kami pun berkemas dan mempersiapkan diri untuk pulang ke rumah.

Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan Silaturahim Literasi Kalimantan Barat 2023 pada hari pertama dari pagi sampai sore berjalan dengan lancar. Dikarenakan masih ada agenda malam hari (maksudnya malam mingguan), Blogger Borneo beserta istri tidak bisa hadir pada sesi pembukaan di malam harinya.

Untuk pelaksanaan di hari kedua keesokan harinya, kami juga tidak dapat hadir. Hanya mengikuti kiriman pesan dari kawan-kawan di grup whatsapp peserta Silaturahim Literasi Kalimantan Barat 2023. Sebenarnya sungguh sayang untuk dilewatkan karena tema aktivitasnya mengenai Pengenalan Jenis Permainan Tradisional.

Tidak lupa Blogger Borneo ucapkan terima kasih kepada kawan-kawan Komunitas Literasi Kalimantan Barat yang telah menginisiasi terlaksananya kegiatan Silaturahim Literasi Kalimantan Barat 2023 secara mandiri, swadana, dan swakelola. Tetap semangat dan maju terus literasi Kalimantan Barat. Salam Literasi… (DW)