Pantai Cemara Lampung Timur, Menikmati Pesona Indah Bumei Tuwah Bepadan

Pantai Cemara Lampung Timur

BloggerBorneo.com – Lampung, sebuah provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatra, Indonesia, adalah surga bagi para pecinta alam dan penggemar sejarah. Provinsi ini memiliki segudang pesona alam yang menakjubkan, sejarah yang kaya, serta pemerintahan yang progresif.

Lampung memiliki sejarah panjang yang kaya. Nama “Lampung” diyakini berasal dari kata “lumping,” yang dalam bahasa Melayu Kuno berarti “pulau.” Daerah ini merupakan wilayah perdagangan penting pada zaman dahulu, terutama pada masa Kerajaan Padjadjaran.

Pantai Cemara Lampung Timur

Pada abad ke-17, Lampung menjadi bagian dari Kesultanan Banten. Kemudian, pada abad ke-19, Lampung menjadi pusat perlawanan melawan penjajah Belanda.

Salah satu peristiwa penting dalam sejarah ini adalah Pemberontakan Darul Islam di awal tahun 1950-an, yang memperjuangkan kemerdekaan dari Belanda. Provinsi Lampung akhirnya resmi menjadi bagian dari Republik Indonesia pada tahun 1950.

Pemerintahan Provinsi Lampung dibagi menjadi beberapa tingkatan:

  1. Gubernur: Gubernur saat ini adalah [Nama Gubernur], yang terpilih untuk memimpin provinsi ini dalam memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Lampung.
  2. Pemerintahan Kabupaten/Kota: Provinsi ini terbagi menjadi 12 kabupaten dan 2 kota. Setiap kabupaten/kota memiliki kepala daerahnya sendiri yang bertanggung jawab atas pemerintahan setempat.
  3. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD): DPRD Provinsi Lampung adalah lembaga legislatif yang terdiri dari anggota yang dipilih oleh rakyat. Mereka bertugas membuat peraturan daerah dan mengawasi kinerja pemerintahan setempat.

Obyek Wisata Lampung

Lampung menawarkan berbagai obyek wisata yang memukau, mulai dari pantai-pantai indah hingga alam pegunungan yang menawan. Berikut beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Lampung:

  1. Pantai Pahawang: Terletak di Lampung Selatan, pantai ini menawarkan keindahan bawah laut yang spektakuler, sempurna untuk menyelam dan snorkeling.
  2. Taman Nasional Way Kambas: Tempat ini adalah rumah bagi badak sumatera yang terancam punah. Anda bisa melihat badak-badak ini dalam habitat alami mereka.
  3. Pantai Mutun: Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Cocok untuk bersantai dan bermain air.
  4. Pulau Tanjung Putus: Pulau kecil ini menawarkan keindahan alam yang masih alami serta kehidupan laut yang beragam.
  5. Museum Lampung: Jika Anda tertarik dengan sejarah, museum ini adalah tempat yang tepat untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Lampung.

Selain ke-5 obyek wisata Lampung diatas, ternyata ada satu lokasi wisata yang untuk saat ini sedang ramai dikunjungi oleh para tamu dari dalam maupun luar negeri yaitu Pantai Cemara.

Pantai Cemara merupakan tempat wisata di Lampung Timur, adalah salah satu permata tersembunyi Lampung yang wajib dikunjungi oleh para pencinta pantai dan alam. Pantai ini menawarkan pesona alam yang memesona dan ketenangan yang sulit ditemukan di tempat lain.

Obyek Wisata Pantai Cemara Lampung Timur

Keindahan Pantai Cemara

Pantai Cemara Lampung Timur dikenal karena pasir putihnya yang lembut dan bersih. Jalan-jalan di sepanjang pantai ini terasa nyaman di kaki, sehingga cocok untuk berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Selain itu, kondisi laut di Pantai Cemara cenderung cukup tenang sehingga cocok untuk berenang dan bermain air dengan aman. Anda dapat merasakan kesegaran air laut yang jernih dan menikmati ombak yang tidak terlalu kuat.

Pantai ini dinamai “Cemara” karena pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai ini. Pohon cemara memberikan nuansa alami dan menambah pesona pantai ini. Tempat ini juga cocok untuk bersantai di bawah rindangnya pohon-pohon ini.

Pantai Cemara menawarkan salah satu pemandangan matahari terbenam terindah di Lampung Timur. Anda dapat menikmati matahari tenggelam di cakrawala laut yang luas, menciptakan momen berkesan.

Aktivitas di Pantai Cemara

Pantai Cemara Lampung Timur bukan hanya tempat untuk bersantai. Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di sini, termasuk:

  1. Snorkeling: Jika Anda penggemar bawah laut, Anda dapat menyewa peralatan snorkeling dan menjelajahi keindahan bawah laut di sekitar Pantai Cemara.
  2. Bermain Pasir: Bagi keluarga, anak-anak dapat bersenang-senang bermain pasir dan membangun istana pasir di pantai ini.
  3. Piknik: Tempat ini ideal untuk piknik bersama keluarga atau teman-teman. Anda bisa membawa makanan dan peralatan piknik dan menikmati waktu bersama di tepi pantai.
  4. Fotografi: Pantai Cemara juga merupakan surga bagi para fotografer, terutama saat matahari terbenam. Keindahan alamnya adalah subjek yang sempurna untuk diabadikan.

Akses dan Akomodasi

Pantai Cemara Lampung Timur dapat diakses dengan mudah dari Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung. Jaraknya sekitar 80 kilometer, dan Anda dapat mencapainya dengan berkendara sekitar 2-3 jam.

Ada juga berbagai akomodasi yang tersedia di sekitar Pantai Cemara Lampung Timur, mulai dari penginapan yang sederhana hingga resor mewah.

Kesimpulan

Lampung adalah destinasi yang sempurna untuk mereka yang mencari petualangan alam dan ingin merasakan sejarah yang mendalam. Dengan keindahan alamnya yang memukau, provinsi ini memang patut masuk dalam daftar tujuan wisata Anda selanjutnya.

Jangan lupa juga ketika Anda merencanakan perjalanan ke Lampung, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Pantai Cemara Lampung Timur. Pantai ini menawarkan ketenangan, keindahan alam yang luar biasa, dan pengalaman pantai yang tak terlupakan. (DW)

Blogger Borneo

Founder of Blogger Borneo Network. Info Kerjasama via email bloggerborneo[a]gmail.com atau 0896-8888-2022 (WA)

Share:

Related Post