Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Festival TIK 2014 Manado, Indahnya Kisah Berbagi Hingga ke Ujung Sulawesi

Si Tou Timou Tu Mou Tou deng TIK atau yang dalam bahasa Indonesianya berarti “Manusia Hidup untuk Memanusiakan Orang Lain melalui TIK” menjadi tema dari penyelenggaraan Festival TIK untuk Rakyat di Kota Manado. Setelah melalui proses penjajakan yang cukup panjang dengan berbagai macam pertimbangan, akhirnya pihak Kementerian Komunikasi dan Informasi (KEMKOMINFO) memutuskan kota di ujung utara Pulau Sulawesi ini menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Festival TIK untuk Rakyat tahun 2014. Dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, kegiatan #Festik2014Manado dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 2-4 Juni 2014 di Plaza Lion Jl. Angkot Pasar 45 Malalayang. Blogger Borneo sendiri telah datang ke Kota Manado satu hari sebelumnya, bersamaan dengan rombongan para Koordinator Wilayah Relawan TIK Indonesia dari beberapa daerah lain. Kebetulan kegiatan Festival TIK Untuk Rakyat menjadi satu rangkaian dengan Rapat Kerja Nasional Relawan TIK Indonesia. Dan Kota Manado menjadi kota ketiga penyelenggaraan event nasional tahunan KEMKOMINFO ini.

Lokasi Kegiatan Festival TIK Manado 2014
Lokasi Kegiatan Festival TIK Manado 2014

Pada hari pertama penyelenggaraan Festival TIK 2014 di Lion Plaza Manado, suasana tampak begitu ramai. Jika dilihat dari pakaian yang dikenakan, sepertinya para pengunjung berasal dari berbagai macam latar belakang pekerjaan. Mulai dari para siswa sekolah hingga masyarakat umum sangat merasa antusias dengan adanya event sangat bermanfaat seperti ini.

Sesi Pembukaan Festival TIK untuk Rakyat 2014
Sesi Pembukaan Festival TIK untuk Rakyat 2014

Berikut hasil rekaman video yang diambil sesaat setelah sesi pembukaan dilaksanakan:

httpv://youtu.be/oLWKe1oSyi8

Hampir sama dengan penyelenggaraan Festival TIK untuk Rakyat tahun-tahun sebelumnya, disini agenda kegiatan selama 3 hari pelaksanaan, meliputi: Seminar Nasional, Workshop, Lomba, dan Talkshow mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain itu, di lokasi penyelenggaraan Festival TIK untuk Rakyat juga disediakan stand-stand khusus bagi pihak-pihak pendukung kegiatan yang ingin memamerkan produk-produk mereka. Beberapa brand besar yang turut ambil bagian pada #Festik2014Manado, antara lain: PANDI, Telkom Indonesia, Mozilla Indonesia, XL, dan Telkomsel.

Salah Satu Stand Pihak Pendukung Festival TIK 2014
Salah Satu Stand Pihak Pendukung Festival TIK 2014

Kegiatan ini terbuka untuk umum sehingga siapapun bisa datang berkunjung kesini. Selain itu, para pengunjung juga bisa mengikuti workshop-workshop sesuai bidang dan minat keahlian yang disukai. Ya tentu saja semua workshop yang diselenggarakan sifatnya GRATIS alias TIDAK BAYAR. 😀

Festik 2014 Manado - Welcome

Ada satu pemandangan unik dari salah satu stand peserta kegiatan yaitu Mozilla Indonesia. Disitu mereka memperlihatkan bahan kain batik dengan desain pola milik mereka sendiri. Karena kebetulan Blogger Borneo sendiri adalah seorang Mozillians dari Kalimantan, maka tetap tidak akan lupa untuk meminta foto bareng di stand pemilik browser berlambang rubah ini.

Stand Mozilla Indonesia di Festik 2014 Manado
Stand Mozilla Indonesia di Festik 2014 Manado

Secara keseluruhan, Blogger Borneo menganggap penyelenggaraan Festival TIK untuk Rakyat di Kota Manado kali ini sungguhlah istimewa. Tentunya bagi kawan-kawan yang menjadi narasumber atau pembicara dalam setiap workshop yang diselenggarakan, momen berbagi ilmu di kota yang terletak di kota paling ujung utara Pulau Sulawesi telah menjadi satu hal luar biasa bagi mereka. Semoga saja semangat untuk berbagi ini akan terus ada sampai kapanpun. Dengan TIK kita dapat lebih mencerdaskan bangsa, dengan adanya Relawan TIK Indonesia kita dapat menyatukan nusantara. Salam Relawan… (DW)

Keterangan:

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
No Comments
  1. mt says

    fotonya keren-keren

    1. Blogger Borneo says

      Ma kasih Kang atas komentarnya 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published.