Gebyar UMKM Kubu Raya 2023, Upaya Mengangkat Potensi Produk Lokal Daerah

Blogger Borneo

0 Comment

Link
Gebyar UMKM Kubu Raya 2023

BloggerBorneo.com – Pada era globalisasi seperti sekarang ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian suatu negara. Di Indonesia, UMKM telah menjadi tulang punggung perekonomian bangsa selama ini.

Tidak sengaja terlihat spanduk yang terpasang di kawasan bundaran depan Transmart Kubu Raya membuat Blogger Borneo tergelitik untuk membuat tulisan opini ini. Alhamdulillah berkat bantuan sebuah aplikasi OpenChat AI, proses menulis konten sekarang menjadi lebih mudah.

Gebyar UMKM Kubu Raya 2023

Di kalimat pengantar sudah dijelaskan bagaimana UMKM telah dianggap sebagai pendukung ekonomi bangsa selama ini. Ketika Indonesia dilanda krisis moneter pada pertengahan 90-an, UMKM masih mampu bertahan dengan segala keterbatasannya.

Begitu juga ketika efek pandemi menerpa, dapat dilihat bagaimana para pemilik UMKM berikhtiar sekuat mungkin untuk dapat terus bertahan. Bahkan beberapa diantaranya justru mengalami peningkatan penjualan menyesuaikan kebutuhan dan permintaan.

Secara umum, pergerakan UMKM tidak dapat dipandang sebelah mata. Selama ini UMKM telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi.

Dukungan Pemerintah Daerah

Melihat pergerakan para pemilik UMKM terutama yang berada di Kabupaten Kubu Raya, tentu saja tetap harus mendapat dukungan dari pemerintah daerahnya. Oleh karena itu, untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM, berbagai program dan kegiatan digelar.

Kembali ke kisah melihat spanduk terpasang di kawasan bundaran depan GAIA Mall Kubu Raya ketika Blogger Borneo sedang bersepeda pagi, dapat dilihat bagaimana Pemerintah Daerah Kubu Raya terus berusaha untuk mendukung UMKM lokal dengan kegiatan yang disebut “Gebyar UMKM Kubu Raya”.

Secara definisi, Gebyar UMKM adalah suatu acara yang diadakan untuk mempromosikan dan mendukung UMKM di suatu wilayah atau komunitas. Kegiatan ini biasanya melibatkan pameran produk, seminar, pelatihan, dan berbagai kompetisi bisnis.

Melalui gebyar UMKM, pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan bisnis, memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas, serta mendapatkan pelatihan dan pengetahuan baru dalam mengembangkan usaha mereka.

Manfaat Mengikuti Kegiatan Gebyar UMKM

Bagi para pemilik UMKM di Kabupaten Kubu Raya, salah satu manfaat mengikuti kegiatan Gebyar UMKM Kubu Raya adalah meningkatkan visibilitas dan eksposur bisnis. Nantinya, pelaku UMKM dapat memamerkan produk mereka kepada calon konsumen dan pembeli potensial.

Tentu saja hal ini akan memberikan kesempatan bagi para pemilik UMKM Kubu Raya untuk dapat meningkatkan penjualan dan mendapatkan pelanggan baru. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang promosi yang efektif, karena biasanya mendapatkan liputan media yang luas.

Kehadiran media offline maupun media online Kalbar dalam kegiatan Gebyar UMKM Kubu Raya ini tentunya akan memberikan dampak positif dari sisi promosi dan pemasaran. Melalui liputan media dan eksposur yang lebih besar, UMKM dapat dikenal baik di tingkat lokal maupun nasional.

Selain meningkatkan visibilitas, Gebyar UMKM Kubu Raya juga akan memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk memperluas jaringan bisnis. Para pelaku UMKM dapat bertemu dan berinteraksi dengan pelaku bisnis lainnya, baik dari sektor yang sama maupun sektor yang berbeda.

Melalui interaksi ini, diharapkan mereka dapat saling bertukar pengalaman, pengetahuan, dan bahkan dapat terbentuk kemitraan bisnis baru. Jaringan bisnis yang kuat dapat membantu UMKM dalam mendapatkan peluang kerjasama, peningkatan pasokan, atau bahkan ekspansi bisnis.

Pelatihan dan Kompetisi Bisnis

Secara umum, selain pameran dan interaksi bisnis, kegiatan gebyar UMKM juga sering menyelenggarakan seminar dan pelatihan bagi pelaku UMKM. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan baru dalam mengelola bisnis.

Para pelaku UMKM dapat belajar tentang strategi pemasaran, manajemen keuangan, pengembangan produk, dan masih banyak lagi. Dengan memperoleh pengetahuan baru ini, pelaku UMKM dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengembangkan usaha mereka secara berkelanjutan.

Nah, ada satu yang sebenarnya tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah penyelenggaraan kompetisi bisnis untuk memotivasi pelaku UMKM dalam berinovasi dan meningkatkan kualitas produk. Kompetisi bisnis ini dapat melibatkan berbagai kategori, seperti produk terbaik, inovasi terbaik, atau model bisnis terbaik.

Melalui kompetisi ini, pelaku UMKM dapat mendapatkan pengakuan dan apresiasi atas usaha dan prestasi mereka. Selain itu, kompetisi juga dapat menjadi sarana untuk mendapatkan umpan balik dan masukan dari para juri dan peserta lainnya, yang dapat membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas produk dan strategi bisnis mereka.

Kesimpulan

Gebyar UMKM adalah suatu kegiatan yang penting dalam meningkatkan potensi bisnis lokal. Melalui gebyar UMKM, pelaku UMKM dapat memperluas jaringan bisnis, meningkatkan visibilitas dan eksposur, serta memperoleh pengetahuan dan wawasan baru dalam mengelola bisnis.

Kegiatan ini juga memberikan motivasi bagi pelaku UMKM dalam berinovasi dan meningkatkan kualitas produk mereka. Oleh karena itu, dukungan dan partisipasi dalam gebyar UMKM sangatlah penting, baik dari pemerintah, masyarakat, maupun para konsumen.

Untuk para pemilik UMKM di Kubu Raya dapat turut serta dalam kegiatan Gebyar UMKM Kubu Raya yang akan diselenggarakan pada tanggal 17-21 Juli 2023 bertempat di Kantor Bupati Kubu Raya. Selain pameran, agenda kegiatan lainnya adalah hiburan rakyat. Info selengkapnya langsung aja ke dinas terkait ya. (DW)

Related Post

Don`t copy text!