Beranda Berita Liputan GenPI Singkawang, Lahir dengan Semangat Mempromosikan Wisata Kota Singkawang

GenPI Singkawang, Lahir dengan Semangat Mempromosikan Wisata Kota Singkawang

BERBAGI
Para Anggota GenPI Singkawang sedang Berfoto Bersama Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Singkawang
Image: GenPI Singkawang

Sebenarnya istilah GenPI ini sudah mulai terdengar tiga tahun lalu, dimana pada saat itu daerah-daerah yang baru dibentuk adalah Jawa Barat, Aceh, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat.

Sesuai dengan kalimat pembuka diatas, GenPI merupakan singkatan dari Generasi Pesona Indonesia. Secara definisi, GenPI adalah Komunitas Netizen, termasuk Blogger ataupun Vlogger yang memiliki hobi seputar dunia travelling. Komunitas ini sifatnya sukarela yang dibentuk langsung Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Dalam aktivitasnya, GenPI fokus pada bagaimana cara mempromosikan obyek-obyek wisata yang ada di Indonesia melalui blog, video, dan media sosial. Ya bisa dibilang kawan-kawan yang tergabung dalam komunitas ini secara langsung akan berperan sebagai “Laskar Digital” dimana dari hasil konten yang dibuat dan dipublikasikan akan dapat tersebar secara luas melalui media online yang dimiliki.

PEMBENTUKAN GENPI SINGKAWANG

Alhamdulillah setelah sempat menjadi bahan perbincangan diantara kalangan Netizen khususnya yang berasal dari kota Pontianak dan Singkawang, GenPI Kota Singkawang pun secara resmi dibentuk para hari Rabu (23/03/2018) di Aula Hotel Dangau, Jalan Ahmad Yani Komplek Dangau Resort Singkawang.

Kegiatan ini diawali dengan prosesi pembukaan yang kemudian dilanjutkan dengan deklarasi GenPI Singkawang ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Singkawang yaitu Bapak Bosni. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Umum GenPI Kota Singkawang dan peresmian logo baru GenPI Singkawang.

Pelantikan Ketua GenPI Singkawang 2018
Image: MisterPangalayo.Com

STRUKTUR ORGANISASI GENPI SINGKAWANG

Untuk posisi Ketua Umum GenPI Singkawang, dari hasil diskusi dan rapat antar anggota yang hadir, maka diambil keputusan yang layak dan dianggap mampu untuk memimpin adalah Ahmad MS. Sedangkan untuk struktur organisasi dibawahnya, silahkan lihat keterangan detailnya dibawah ini:

Ketua Umum: Ahmadi MS

Ketua Harian: Yudi Prasetya

Sekretaris: Fitri

Bendahara 1: Multi Juniarti

Bendaraha 2: Handayani

Ketua Bidang SDM dan Organisasi: Haries Pribady

Ketua Bidang Online: Andri Novanto

Ketua Bidang Offline: Prima Adhitya

Ketua Bidang Humas: Armin Martajasa

Ketua Bidang Konten Kreatif: Aprido Cafrianus

Baca Juga: Bersama UNTAN Membangun Negeri

Dengan terbentuknya GenPI Singkawang, tentu saja harapan yang ingin dicapai adalah meningkatkan kunjungan wisata ke kota Singkawang dan juga memberikan kesempatan kepada para “Laskar Digital” ini untuk memperkenalkan destinasi-destinasi wisata yang masih baru melalui media online yang dimiliki. Hal ini sesuai dengan visi dan misi pengembangan bidang pariwisata di Singkawang khususnya dan Kalimantan Barat umumnya.

Kedepannya juga akan direncanakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan offline seperti pelatihan, diskusi, workshop, dan farm trip ke obyek-obyek wisata yang ada di Singkawang dan sekitarnya. Tentu saja viral dan trending topic akan menjadi target yang harus dicapai dalam setiap kegiatan.

MAKNA LOGO GENPI SINGKAWANG

Logo GenPI SingkawangPenampakan di samping merupakan logo baru GenPI Singkawang. Jika diperhatikan, font yang digunakan untuk tulisan Singkawang dan GenPI sama dengan font logo Wonderful Indonesia. Sengaja kesamaan ini diambil karena GenPI merupakan komunitas relawan yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata RI.

Untuk desain huruf P pada tulisan GenPI, sengaja dibuat menyerupai huruf S yang merupakan huruf pertama dari tulisan Singkawang. Sedangkan untuk warnanya, tetap menggunakan warna yang dipake dalam logo Wonderful Indonesia demi menunjukkan identitas dari program kerja Kementerian Pariwisata RI.

Pada desain pola menyerupai daun yang terletak diatas huruf P, pilihan 3 warna yang digunakan menggambarkan 3 etnis penduduk mayoritas di kota Singkawang, yaitu: Cina, Melayu, dan Dayak.

Setiap tahunnya, di kota Singkawang selalu diselenggarakan event-event pariwisata yang sifatnya internasional. Oleh karena itu memang sudah selayaknya di Singkawang dibentuk komunitas GenPI.

Bagi kawan-kawan yang ingin memperoleh informasi lebih lengkap mengenai GenPI Singkawang, dapat melalui akun-akun media sosial sebagai berikut:

Instagram: @GenPI.Singkawang

Twitter: @GenPISingkawang

Messenger: m.me/Genpiskw

Facebook: www.fb.me/genpisingkawangofficial

Fanspage: www.facebook.com/Genpiskw

CARA GABUNG DI GENPI SINGKAWANG

Bagi kawan-kawan yang aktif di media sosial, punya blog terutama, hobi pariwisata, suka jalan-jalan dan kulineran, demen fotografi, bikin video dan ngevlog, yukz gabung di GenPI Singkawang.

Caranya cukup mudah, pertama-tama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri pribadi melalui link http://bit.ly/membergenpisingkawang dan masuk dalam grup WA melalui link http://bit.ly/genpisingkawangwa.

Setelah permohonan pengajuan menjadi anggotanya disetujui, maka selanjutnya kawan-kawan sudah bisa langsung melaksanakan salah satu misinya yaitu menyebarkan informasi mengenai obyek wisata yang ada di Singkawang dan sekitarnya seluas-luas dan sejauh-jauhnya. Jangan lupa saling berkomunikasi dan silaturahim dengan para anggota GenPI Singkawang lainnya.

HASHTAG GENPI SINGKAWANG

Dalam proses sosialiasasi dan promosi destinasi wisata, para anggota GenPI Singkawang sepakat untuk menggunakan beberapa hashtag, antara lain: #GenPI #GenPIKalbar #GenPISingkawang #PesonaIndonesia #PastikeSingkawang.

Penggunaan hashtag sangat penting dalam tujuannya menyampaikan sebuah informasi terkait dengan kepariwisataan di daerahnya masing-masing. Dan antar GenPI bisa saling bantu menyebarkan informasi yang menggunakan hashtag-hashtag tertentu sehingga proses penyampaiannya bisa menjangkau lebih jauh lagi. (DW)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

CommentLuv badge