Ragam Oleh-Oleh Istimewa Khas Tanah Toraja

Kabupaten Tana Toraja adalah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, dengan bupati bernama Ir. Nico Biringkanae. Ibu kota kabupaten ini adalah Makale. Sebelum pemekaran, kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.203 km² dan berpenduduk sebanyak 221.081 jiwa (2010).

Berkunjung ke Sulawesi tentu tak lengkap bila belum singgah ke kawasan tanah Toraja. Destinasi wisata yang satu ini memang istimewa karena memiliki pemandangan indah yang luar biasa. Kita bisa merasakan sensasi wisata luar biasa bila sempat berkunjung ke Toraja.

OLEH2 KHAS TANA TORAJA

Ketika berada di Toraja, jangan lupa menyempatkan diri untuk berburu ragam oleh-oleh ini:

Kopi Toraja

Siapa sih yang tak kenal dengan oleh-oleh khas yang satu ini. Kopi Toraja dikenal istimewa karena cita rasanya yang kuat dan aroma istimewa. Kopi Toraja biasanya dikemas secara rapi sehingga cocok dijadikan buah tangan. Anggota keluarga dan para sahabat pasti senang bila mendapatkan oleh-oleh yang satu ini.

Deppa Tori

Penganan khas Toraja yang satu ini memang tidak sepopuler kopi Toraja. Namun rasanya tidak kalah istimewa dna pasti bikin ketagihan. Deppa tori adalah camilan yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Rasa yang manis dan tekstur renyah membuat deppa tori cocok disantap ketika sedang bersantai.

Kain Tenun Toraja

Kalau kita menyukai aneka kain tenun bergaya etnik, kita tentu tak boleh melewatkan ole-oleh yang satu ini. Kain tenun Toraja memang istimewa karena motif dan warnanya berbeda dengan kain tenun dari daerah lain. Proses pembuatan yang masih dilakukan secara tradisional menghasilkan kain tenun berkualitas yang akan menyempurnakan penampilan kita saat menggunakannya.

Aksesori Khas Tanah Toraja

Aksesori berupa tanah Toraja biasanya terdiri dari gelang, kalung, dan gantungan kunci. Aksesori tersebut terbuat dari bahan manik-manik dengan warna yang cantik. Biasanya aksesori khas tanah Toraja didominasi warna merah, orange, hitam, kuning, cokelat, dan emas. Buah tangan mungil yang satu ini juga bisa melengkapi oleh-oleh lainnya yang akan kita beli di tanah Toraja.

Selain menyiapkan budget oleh-oleh, kita juga tak boleh lupa mengurus asuransi perjalanan. Kini ada Futuready, supermarket asuransi online dengan pilihan asuransi perjalanan yang beraneka ragam.

Cari dan bandingkan asuransi perjalanan di Futuready.com secara online. Sehingga kita tak perlu membuang waktu dan tenaga saat menentukan jenis asuransi perjalanan yang tepat. Yuk siapkan dulu budget untuk asuransi perjalanan yang akan memberikan proteksi secara maksimal ketika kita berlibur ke tanah Toraja. (ADV)

You might also like
3 Komentar
  1. shaleh says

    Kunjungan balik. Lama tak saling berkunjung, sesuatu yg dulu sebenarnya mnjadi tradisi awal ngeblog namun kini berubah smnjak era “yang penting posting” … 🙂

    1. Dwi Wahyudi says

      Wahhhh… rasanya kembali ke jaman dulu ya… Bahagia banget rasanya mendapat kunjungan dari kawan2 sesama jenis, eh salah sesama blogger maksudnya. 😀

  2. Sandi Iswahyudi says

    Pengen suatu saat bisa mampir ke sini. Toraja dengan segala keunikan, tradisi, dan nilai-nilai yang menarik untuk dipelajari

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More