Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

id.feedgur.com, Cara Menulis Konten yang Bikin Visitor Betah

Pada saat sekarang ini dimana teknologi informasi sudah berkembang sedemkian pesatnya, terutama dibidang internet dan social media membuat setiap orang memiliki kesempatan yang sama utuk berbagi informasi selama 24 jam. Diantara keseluruhan pengguna internet tersebut, sebagian besar diisi oleh para blogger yang menjadi penyumbang konten terbesar di jagad maya. Umumnya para blogger ini saling berlomba untuk menarik perhatian para pemasang iklan (advertiser) dengan membuat tulisan-tulisan yang menarik perhatian para pembaca dan kemudian mengoptimasi tulisan tersebut ke social media. Ada juga beberapa diantara oknum blogger melakukan cara curang (blackhat) demi mencapatkan trafik dan rangking yang lebih baik di mata Google. Akan tetapi, lama kelamaan tingkah laku negatif seperti ini akan ketahuan karena Google selalu mengupgrade algoritma pencariannya. Ya Blogger Borneo kira menjadi seorang blogger sehat dan tidak neko-neko adalah satu hal yang cukup menarik. Benar kan Friends? 🙂

Tips Ngeblog bagi Pemula
Sumber: http://blogtutorial.org/blogger-tips/3-blogging-tips-for-beginners

Selain faktor pemilihan nama domain, tampilan desain, dan kecepatan loading, konten blog adalah topik yang paling penting untuk diperhatikan dalam dunia blogging. Satu catatan yang harus diingat adalah konten dengan bounce rate tinggi adalah sebuah bencana. Tingkat bounce rate menunjukkan isyarat bahwa pengunjung telah merasa kecewa dengan hasil yang ditunjukkan oleh Google dan mereka bisa mengirimkan signal perintah kepada Google untuk menurunkan ranking suatu link dari hasil pencarian. Oleh karena itu, para blogger harus membuat konten-konten tulisan yang menarik dan unik sehingga siapapun yang mengunjungi blognya akan lebih betah berlama-lama membacanya.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara menulis konten blog yang bisa membuat pengunjung blog menjadi betah? Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan para blogger dalam menulis, antara lain:

1. STRUKTUR TULISAN

Dalam membuat sebuah tulisan, agar enak dibaca tentunya harus memiliki struktur kalimat yang tersusun rapi. Biasanya sebuah tulisan dapat dikatakan telah terstruktur dengan baik ketika mengandung tiga unsur, yaitu: adanya paragrah pembukaan (introduce), inti tulisan utama, dan penutup atau kesimpulan. Sebuah tulisan tanpa struktur adalah seperti tubuh tanpa rangka. Jadi, perhatikan struktur tulisan kawan-kawan yach… 🙂

2. GAYA BAHASA PUISI

Bisa dikatakan semua penulis mampu mengekspresikan perasaanya dengan sebuah puisi. Membuat puisi adalah kemampuan untuk mereka ulang imajinasi dalam susunan kata-kata sederhana. Dengan sebuah puisi, ratusan gambar bisa diwakili oleh beberapa kata-kata. Dengan kemampuan ini seorang penulis bisa mempresentasikan ide kreatifnya dengan sedikit perlawanan dari pembaca. Dalam sebuah novel, banyak ilustrasi yang digambarkan kedalam sebuah puisi. Puisi-puisi inilah yang menyederhanakan imajinasi seorang penulis sehingga membuatnya mudah dinikmati dan ringan untuk dibaca.

3. KEJELASAN

Puisi tanpa kejelasan berarti buang-buang waktu. Jika anda membuat sebuah konten untuk publik maka pilihlah kosakata yang umum digunakan. Jika kawan-kawan merasa kejelasan konten yang dibuat masih rendah, maka luangkan waktu untuk membuka kembali kamus bahasa Indonesia. Pilihlah kosakata dengan arti yang serupa dan gantilah kosakata baru tersebut.

4. BERSIFAT EKONOMIS

Dalam membuat sebuah tulisan, buatlah semenarik dan jangan terlalu panjang. INGAT!!! Disini kita menulis di blog, bukan menulis novel atau cerita pendek yang biasanya bisa mencapai berpuluh-puluh paragraf dalam setiap judulnya. Sebenarnya bisa saja sebuah hasil karangan berupa novel atau cerita pendek dipublish melalui blog, cuma nantinya dibuat bersambung dan terdiri atas beberapa tulisan. Tentu saja hal ini tidak akan membuat para pengunjung merasa bosan. Justru dengan membuat tulisan yang bersambung-sambung akan membuat para pengunjung lebih betah dan merasa penasaran. Kalau Blogger Borneo sih standar minimal dalam membuat tulisan di blog adalah sekitar 300 kata dan maksimal 1.000 kata.

Empat hal diatas sebenarnya hanya menjadi salah satu bagian dari cara membuat blog yang menarik. Masih ada cara-cara lain lagi yang Insya Allah akan Blogger Borneo share kembali disini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semuanya yach… (DW)

 

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
2 Comments
  1. Lukman Fitrianto says

    dan yang pasti sedikit diselingi kesan humoris, biar tak terlalu kaku tata bahasanya.

    1. Blogger Borneo says

      Benar sekali Om, gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.