BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Advertisement

7 Ide Bisnis pada Saat Pandemi yang Menguntungkan

Ide Bisnis pada Saat Pandemi

Pandemi corona yang melanda di tengah-tengah masyarakat memberikan dampak cukup signifikan dari segi finansial. Hampir semua orang harus memutar otak lebih keras lagi supaya bisa tetap survive dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Wajar apabila sebagian besar orang ingin memulai bisnis untuk mendapat penghasilan tambahan. Lantas, seperti apa bisnis yang menguntungkan saat pandemi? Simak informasinya berikut.

Kebutuhan yang tetap harus terpenuhi setiap hari, menjadi dorongan utama bagi banyak orang untuk memulai bisnis. Seperti yang kita tahu, di masa pandemi corona tidak sedikit karyawan mengalami PHK. Terlebih lagi kebijakan dari pemerintah untuk lebih banyak di rumah.

Tidak perlu menyalahkan pandemi corona, karena Anda bisa mulai bangkit dengan mencoba beberapa ide berikut:

1. Jualan Makanan Sehat

Jika dipikir-pikir, makanan sehat adalah kebutuhan bagi semua orang untuk menjaga tubuhnya tetap fit dan tidak mudah tertular penyakit. Ini bukan sekedar trend belaka, namun memang benar-benar dibutuhkan dan masyarakat mulai menyadari pentingnya mengonsumsi makanan sehat.

Nah, Anda bisa memanfaatkan kebiasaan tersebut menjadi sebuah peluang bisnis. Salah satunya adalah menjual paket menu katering berbasis diet. Seperti paket makanan diet mayo, karbo dan lain sebagainya.

Bisa juga menjual menu makanan sehat lain seperti sayur asep, sayur lodeh, sup kaldu ayam, dan beragam lauk pauk.

2. Membuka Jasa Menjahit

Bisnis yang menguntungkan ke-dua adalah membuka jasa menjahit. Nampaknya, sektor bisnis memperbaiki pakaian yang rusak ini mampu bertahan di masa pandemi corona seperti sekarang. Terbukti dengan masih banyaknya permintaan untuk mengecilkan atau memperbesar ukuran pakaian, memperbaiki pakaian robek, mengganti kancing dan menjahit tali tas.

Baca Juga:  4 Keuntungan Melamar Lowongan Kerja Bank di BCA

Ide yang berhubungan dengan jasa menjahit dan pandemi corona adalah menjual masker. Semua orang saat ini membutuhkan masker ketika beraktivitas di luar ruangan. Masker sekali pakai memiliki kelemahan bisa memperbanyak sampah, oleh karena itu Anda bisa menjual masker kain.

Agar lebih menarik dan tidak monoton, buat desain yang bervariatif.

3. Jualan Paket Daging

Masyarakat di daerah perkotaan khususnya, mereka begitu suka makan di restoran all you can eat (AYCE). Namun sejak masa pandemi corona kebanyakan dari mereka harus menahan dulu keinginan tersebut. Nah, ini bisa juga menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Idenya adalah Anda menjual paket daging segar untuk dimasak di rumah. Bisa dimulai dengan menawarkan paket lengkap berupa sayur, daging dan bumbu siap pakai membuat shabu-shabu. Agar pundi-pundi penghasilan lebih banyak, Anda bisa juga menjual sosis sapi atau ayam, seafood dan kimchi.

Tidak perlu khawatir kesulitan membuat makanan AYCE, karena tutorialnya sudah banyak dibagikan di internet.

4. Menjual Sembako Online

Sembako adalah kebutuhan utama bagi seluruh lapisan masyarakat, mulai dari kelas biasa, menengah dan atas. Di masa pandemi corona, banyak orang yang enggan keluar rumah karena khawatir dengan virus dan tertular penyakit. Dari ke-dua situasi tersebut, Anda bisa memberikan solusi berupa menawarkan kebutuhan sembako secara online.

Adapun sembako yang bisa dijual antara lain bahan makanan mentah, bumbu dapur, perlengkapan bayi, perlengkapan mandi, sayur-sayuran dan lain sebagainya. Anda bisa mulai menawarkan kepada orang-orang disekitar melalui media sosial. Seperti Instagram, Facebook, WhatsApp atau lainnya.

5. Membuka Jasa Pengajar Online

Bisnis yang menguntungkan saat pandemi corona berikutnya adalah menawarkan jasa pengajar online. Peluangnya cukup besar, lantaran semua siswa dirumahkan untuk proses belajar mengajar. Tidak semua orang tua bisa membimbing anak-anak mereka untuk belajar, baik karena kesibukan atau tidak menguasai materi pelajarannya.

Baca Juga:  Hamster Mania Pontianak, Ladang Bisnis yang Berawal dari Hobi

Oleh karena itu, keberadaan seorang pengajar saat ini sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Sebelum menawarkannya pastikan Anda memiliki kualifikasi untuk memberikan bimbingan. Ide bisnis ini cocok sekali dijalankan oleh anak-anak kuliah yang memiliki banyak waktu luang.

6. Jualan Jus dan Minuman Herbal

Tidak hanya makanan sehat, masyarakat sekarang juga membutuhkan minuman yang mampu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Salah satu minuman herbal yang banyak diminati adalah minuman dari jahe. Silahkan Anda mencoba bisnis jualan minuman jahe kemasan.  

Sementara itu, untuk varian jus bisa mencoba sari lemon. Jus sari lemon dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif, sehingga laris manis diburu oleh masyarakat saat pandemi. 

7. Bisnis Membuat Kue

Saat pandemi seperti sekarang, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan adalah camilan. Nah, Anda bisa memanfaatkannya untuk jualan kue. Disarankan menjual jajanan pasar atau kue-kue ringan yang dijual murah. 

Sehingga, calon konsumen bisa membeli camilan tanpa perlu keluar biaya mahal. Buatlah varian kue sekreatif mungkin agar tidak membosankan. Resepnya sudah banyak dibagikan di internet dan tinggal praktek saja. 

Demikianlah pembahasan singkat mengenai kumpulan ide bisnis yang menguntungkan saat pandemi corona. Semoga bisa membantu Anda menemukan usaha paling tepat. (CW)

Advertisement

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Indonesia Website Awards