BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Indonesia Makin Cakap Digital, Peluncuran Program Literasi Digital Nasional

Indonesia Makin Cakap Digital menjadi salah satu program yang akan diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMENKOMINFO) melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GLDN) SiberKreasi.

Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara serentak di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota bertepatan Hari Kebangkitan Nasional, Kamis (20/05/2021) secara online maupun offline.

Kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri juga oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, dan seluruh Pimpinan Daerah se-Indonesia.

Gerakan Literasi Digital Nasional 

Program Gerakan Literasi Digital Nasional ditujukan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital kita yang seru, tapi tetap aman, beretika, dan produktif.

Kita cukup paham bahwa pemerintah memiliki peranan dan tanggung jawab untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dari beberapa aspek, salah satu diantaranya adalah pemanfaatan teknologi informasi secara positif. Oleh karena itu dalam satu dasawarsa terakhir sudah begitu banyak program dibuat untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Meskipun begitu, proses peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dibidang penggunaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan sebanyak lebih dari 74 ribu desa, tentu saja bukan angka yang sedikit.

Relawan TIK Indonesia

Melihat kondisi ini tentu saja pemerintah membutuhkan dukungan dari beberapa stakeholders lainnya yang bisa digandeng untuk menjadi mitra pelaksana di lapangan. Dan salah satu organisasi yang sejak 2014 aktif bergerak memberikan edukasi adalah Relawan TIK Indonesia.

Baca Juga:  Steadfast Marine Pontianak Masuk dalam Daftar Objek Vital Militer

Hotel Salak Bogor menjadi saksi bisu dikukuhkannya Relawan TIK Indonesia untuk pertama kali. Blogger Borneo sendiri turut hadir pada saat itu mewakili Kalimantan Barat. Pada saat itu, langsung dibentuk juga struktur kepengurusan daerah dimana salah satu diantaranya adalah Relawan TIK Kalimantan Barat.

Bangga Jadi Relawan TIK
Image: RelawanTIK.Or.Id

Sebenarnya selain Relawan TIK Indonesia, ada juga beberapa organisasi lain yang ikut bergerak membantu pemerintah mendukung Gerakan Literasi Digital Nasional ini. Khusus di Kalimantan Barat sendiri, beberapa nama komunitas yang aktif antara lain: Komunitas Blogger Kubu Raya, Komunitas Blogger Pontianak, Gradasi Kalbar, dan beberapa lagi lainnya.

Indonesia Makin Cakap Digital

Di bulan lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan kegiatan “pemanasan” sebelum program Indonesia Makin Cakap Digital diluncurkan secara resmi pada tanggal 20 Mei 2021 besok.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa; Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan, Staf Khusus Menkominfo Bidang Digitalisasi dan SDM Dedy Permadi, serta Plt. Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Surabaya Hamzah Arifuddin.

Sedangkan dari para penggiat literasi digital hadir Ketua Umum GNLD SiberKreasi Yosi Mokalu, dan aktor sekaligus Duta Literasi Digital SiberKreasi Nicolas Saputra.

Modul Literasi Digital

Pada kegiatan tersebut diluncurkan 4 (empat) modul literasi digital, antara lain:

  1. Budaya Bermedia Digital;
  2. Aman Bermedia Digital;
  3. Etis Bermedia Digital; dan
  4. Cakap Bermedia Digital.

Panduan Kurikulum dan Seri Modul Literasi Digital dibuat sebagai rujukan pengembangan kompetensi digital SDM Indonesia, baik melalui sektor pendidikan formal, informal, maupun nonformal. Keempat modul ini melengkapi lebih dari 100 buku panduan literasi digital yang telah diterbitkan sebelumnya dan telah diunduh lebih dari setengah juta kali di website literasidigital.id.

Baca Juga:  Agenda Kegiatan Pesona Kulminasi Matahari 2017 di Tugu Khatulistiwa Pontianak

Kurikulum dan modul disusun berdasarkan pada 4 (empat) pilar literasi digital yang utama, yaitu Digital Culture, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Skills. Modul ini merupakan manifestasi kolaborasi dari GNLD SiberKreasi, Jaringan Penggiat Literasi Digital (Japelidi) dan Kementerian KOMINFO.

Jika dilihat secara keseluruhan, untuk mencapai satu tujuan Indonesia Makin Cakap Digital dibutuhkan peran serta dan effort dari seluruh komponen dan stakeholder yang memliki kemampuan dibidang TIK. Dengan saling bergandengan tangan, Blogger Borneo yakin program ini akan bisa berjalan selaras dan berkesinambungan. Amin…

Secara livestreaming, kegiatan Peluncuran Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital dapat dilihat melalui channel YouTube SiberKreasi dibawah ini:

Referensi:

  • Relawan TIK Jawa Tengah
  • http://www.fokusindonesia.com/berita-11387-terampil-mengajar-di-era-digital-makin-cakap-digital-internet-aman-strategi-melawan-hoaks.html

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.