Home Umum Inilah Persiapan yang Perlu Dilakukan untuk Menyambut Hari Puasa

Inilah Persiapan yang Perlu Dilakukan untuk Menyambut Hari Puasa

Ramadhan Kareem
Image: MihrabQolbi.Com
Aplikasi Akuntansi Online

Puasa merupakan kewajiban yang telah diperintahkan Allah kepada setiap umat muslim. Jika berpuasa maka seseorang akan mengerti setiap perintah Allah.

Nilai puasa adalah untuk melatih amarah dan kesabaran umatnya ketika menahan haus dan lapar dan melatih manusia untuk berempati kepada sesama.

Puasa juga mengajarkan manusia untuk tetap bersyukur dan menikmati setiap hal berharga yang dilakukan dalam setiap aspek kehidupan.

Ibadah puasa memberikan ketaatan pada Allah dan menumbuhkan ketakwaan pada diri sendiri.

Ibadah puasa memberikan manusia kemampuan untuk mengendalikan hawa nafsu dan mengurangi keinginan-keinginan dengan menekan syahwat dan memberikan dampak untuk manusia yang lebih taat.

Dengan puasa seseorang merasa diawasi oleh Allah dan memberikan manusia yang bertakwa sehingga muraqabatullah membuat manusia senantiasa akan menjaga diri dari berbagai perbuatan yang akan membuat murka Allah dan mempertahankan ketaqwaannya dalam berbagai kondisi apapun.

Berikut adalah tips persiapan menyambut puasa pertama diantaranya:

RajaBackLink.com
  • Perbanyak makanan sehat karena selama puasa masalah asam lambung sering menghantui, sebaiknya tidak menunda waktu makan, tidak makan makanan asam dan pedas serta tidak tidur setelah makan dan usahakan tetap mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan yang kaya nutrisi.
  • Siapkan beberapa persediaan makanan sehat dan bukan cemilan yang tidak sehat, sediakan di rumah buah, sayur dan menu yang dibutuhkan selama sahur dan berbuka puasa.
  • Hentikan kebiasaan tidur saat larut malam karena organ tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat sebaiknya jaga kualitas tidur dan perbaiki waktu tidur sehingga akan membuat sahur dan puasa seharian berjalan dengan baik.

Sebaiknya untuk menjalankan puasa tetap melakukan aktifitas fisik untuk membantu tubuh lebih sehat dan segar.

Kegiatan fisik akan membantu untuk menjaga kesehatan jantung, stamina tubuh dan kadar gula dalam darah.

Olahraga rutin akan membuat tubuh lebih sehat untuk menghadapi puasa ramadhan dan mengurangi stres.

Walaupun berpuasa tetap konsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan sehingga puasa sebulan penuh dapat dilakukan dengan baik.

Untuk artikel lain yang lebih menarik dapat mengunjungi EF Adults. (ADV)