BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Suri Nusantara Jaya, Importir Besar Daging Sapi di Indonesia

Mendekati bulan Ramadhan dan Lebaran kebutuhan masyarakat akan daging seperti biasanya akan selalu mengalami peningkatan hingga dua kali lipat. Kondisi sudah menjadi hal umum sejak zaman dulu.

Bicara harga, sudah pasti harga daging menjelang puasa dan lebaran akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahasa para pedagang daging adalah mumpung permintaan banyak namun stok persediaan terbatas.

Kita ketahui sendiri untuk kategori daging sapi, harga jual di pasaran tradisional ketika kondisi normal adalah 110-130 ribu per kilogram, akan tetapi ketika bulan puasa dan lebaran harganya naik menjadi 130-150 ribu per kilogram.

Suri Nusantara Jaya

Keberadaan perusahaan supplier besar daging di Indonesia selama ini telah cukup “meredam” fluktuaktif harga daging di masyarakat. Kondisi keterbatasan pasokan daging segar memunculkan “peluang” bagi para oknum pedagang yang ingin memanfaatkan kesempatan.

Diantara perusahaan importir besar daging di Indonesia, PT Suri Nusantara Jaya (SNJ) merupakan salah satu diantaranya. Sejak berdiri pada tahun 1998, SNJ telah dikenal sebagai supplier utama produk daging segar, daging beku maupun daging olahan yang berkualitas di Indonesia.

Dalam perjalanan bisnisnya, Suri Nusantara Jaya telah mengalami perkembangan besar dan melakukan ekspansi dari bidang utama distribusi produk daging segar dan beku. Salah satu produk utama unggulan SNJ adalah daging sapi.

Profil Usaha

Perjalanan panjang perusahaan lebih dari 20 tahun berdiri tentu saja bukan satu hal yang mudah. Memulai tidak semudah mempertahankan dan mengembangkan, sepertinya kalimat ini berlaku umum untuk semua jenis usaha.

Memenuhi kepuasan pelanggan, hal ini selalu menjadi prioritas utama dari para jajaran manajer PT Suri Nusantara Jaya. Kesuksesan SNJ terletak pada prinsip-prinsip yang telah dipegang sejak awal perusahaan berdiri, yaitu selalu memberikan produk dengan kualitas terbaik, dengan harga yang bersaing, dan layanan yang cepat.

Sebagai distributor daging besar di Indonesia, Suri Nusantara Jaya memperlakukan staf dan pelanggan sebagai bagian dari keluarga. Hal ini dilakukan demi menciptakan dan memelihara hubungan kemitraan jangka panjang.

Jenis Produk

  • Daging Sapi Paha Depan (Chuck) adalah bagian atas paha depan sapi. Bagian tubuh sapi yang satu ini seringkali dijadikan olahan bakso.
  • Daging Iga Sapi (Rib) merupakan bagian daging sapi yang diambil dari sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian daging ini tidak hanya bisa diolah menjadi steak namun juga bisa diolah menjadi sup konro atau shabu.
  • Has Dalam (Tenderloin) adalah daging sapi bagian tengah. Daging has dalam terdiri dari bagian- bagian otot utama di sekitar bagian tulang belakang antara bahu dan tulang panggul. Has dalam menjadi bagian yang paling lunak karena anggota tubuh ini jarang digunakan untuk beraktivitas. Bagian ini sangat cocok dijadikan sebagai steak.

Gambar Bagian Daging Sapi

  • Has Luar (Sirloin) merupakan bagian daging sapi yang ada di bawah daging iga. Bagian ini sama seperti tenderloin yang cocok untuk diolah menjadi steak.
  • Lidah Sapi (Ox Tounge) merupakan daging yang berasal dari lidah sapi dan biasanya diolah menjadi sate padang.
  • Kelapa (knuckle) merupakan bagian daging sapi yang berasal dari paha belakang bagian atas yang ada di antara penutup dan gandik. Bagian knuckle diolah dengan cara dipanggang.
  • Ekor Sapi (Ox Tail) atau buntut sapi bisa menjadi hidangan yang nikmat ketika cuaca sedang dingin atau kala sedang hujan. Anda bisa mengolah sop buntut atau pindang buntut. SNJ menyediakan Ox Tail import karena kami  juga merupakan supplier daging sapi impor.
  • Kaki Sapi menjadi bagian daging sapi yang banyak digunakan sebagai bahan dasar makanan di Asia. Di Indonesia, kaki sapi seringkali diolah menjadi tambahan mie kocok Bandung.
  • Kikil adalah tulang rawan yang diambil dari kaki sapi. Kikil ini kemudian diolah menjadi bakso kikil dan tongseng kikil.
  • Urat Mayang yaitu urat yang berada pada bagian bawah daging sirloin. Teksturnya kenyal dan keras sehingga memunculkan sensasi baru pada lidah. Urat mayang ini sangat cocok dijadikan sebagai bakso urat dan sate mayang.

Unit Bisnis

Berikut merupakan jajaran direksi PT Suri Nusantara Jaya:

  • Komisaris Utama: Ibu Hj. Diana Dewi, SE.
  • Komisaris: H. Mursalam, SE.
  • Presiden Direktur: Dimas Wibowo, MD.

 

Selain bergerak dibidang utama distributor daging besar di Indonesia, PT Suri Nusantara Jaya saat ini telah memiliki 5 (lima) unit bisnis, antara lain: SNJ Logistic, Toko Daging Nusantara, PT Suri Nusantara Jaya Cold Storage, Kedai Steak Nusantara, dan Suri Catering Service.

Diantara kelima unit bisnis tersebut, Toko Daging Nusantara merupakan unit bisnis yang mengalami perkembangan cukup pesat. Sejak dibuka pada tahun 2021, sudah lebih dari 10 outlet dibuka untuk kawasan Jabodetabek dan Cirebon.

Toko Daging Nusantara

Toko Daging Nusantara mengusung konsep One Stop Shoping yang memungkinkan pembeli dapat langsung membeli daging beserta bumbu masak yang diperlukan. Semua outlet yang ada menjual daging beku berkualitas dengan harga lebih murah, mulai dari 80 ribu hingga 95 ribu per kilogram.

Hal ini dimungkinkan karena Toko Daging Nusantara mendapat pasokan daging langsung dari importir  yang juga merupakan bagian dari grup sendiri yaitu PT Suri Nusantara Jaya.

Toko Daging Nusantara Depok
Image: RadarDepok.Com

Toko Daging Nusantara tak hanya melayani pembelian secara offline saja namun juga melengkapinya dengan layanan online. Pembelian bisa melalui marketplace tokopedia, shoppe maupun whatsapp. Jam operasional mulai dari pukul 7 pagi hingga 7 malam.

Selain menjajakan produk daging dan kebutuhan dapur lainnya, Toko Daging Nusantara juga melengkapinya dengan Kedai Steak Nusantara. Menu steaknya beragam dan yang terpenting adalah harganya sangat terjangkau. Citarasa steak yang dihasilkan jelas berbeda karena daging yang digunakan adalah daging fresh.

Toko Daging Nusantara dibuka pertama kali dipicu oleh kenaikan harga daging pada saat itu. Suri Nusantara Jaya memiliki peran untuk ikut mendukung program pemerintah dengan menstabilkan harga daging di pasaran.

Pada saat menjelang hari besar agama seperti Ramadan dan Idul Fitri, sudah menjadi tugas Suri Nusantara Jaya untuk meringankan beban masyarakat ketika akan membeli daging dengan harga murah. Disinilah Toko Daging Nusantara mengambil perannya. (DW)

 

Source Suri Nusantara Jaya

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Indonesia Website Awards