Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Jasa Laundry Kiloan, Peluang Bisnis Modal Kecil 2014

Jika Anda bertanya peluang bisnis apa yang sedang prospek untuk saat ini, jasa laundry kiloan adalah jawabannya. Perubahan kebiasaan cuci mencuci masyarakat dari manual ke otomatis dengan menggunakan mesin cuci menjadi salah satu alasan utama kenapa bisnis laundry kiloan ini memiliki prospek yang cukup cerah untuk dijalankan di tahun 2014. Belum lagi faktor kesibukan jika didalam sebuah keluarga suami istri sama-sama bekerja, maka jasa laundry kiloan benar-benar dibutuhkan.

Jasa Laundry Kiloan

Pertanyaannya sekarang adalah berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis laundry kiloan?. Oke, pada tulisan kali ini saya ingin berbagi informasi kepada teman-teman yang penasaran mengenai detail peluang bisnis laiundry kiloan. Berikut saya gambarkan hitungan umum dalam menjalankan bisnis jasa laundry kiloan, harap diperhatikan yach…

A. MODAL AWAL

  • Mesin Cuci 2 Unit @Rp. 2,5 Juta = Rp. 5 Juta
  • Paket Perlengkapan Cuci = Rp. 1,5 Juta
  • Paket Operasional Toko = Rp. 1,5 Juta
  • Total Keseluruhan Modal Awal = Rp. 8 Juta

B. ANGGARAN BIAYA BULANAN

  • Gaji Karyawan 2 Orang @Rp. 750 Ribu = Rp. 1,5 Juta
  • Listrik = Rp. 500 Ribu
  • Operasional Bulanan Lainnya = Rp. 1 Juta
  • Total Keseluruhan Biaya Bulanan = Rp. 3 Juta

C. TARGET PENDAPATAN BULANAN

  • Rata-Rata Cucian Per Hari = 20 Kg @Rp. 6 Ribu = Rp. 60 Ribu
  • Pendapatan Per Bulan = Rp. 120 Ribu x 30 Hari = Rp. 3,6 Juta

Untuk perhitungan target pendapatan bulanan, digunakan asumsi pendapatan perhari adalah 20 kg. Tentunya angka target ini tidak langsung tercapai di bulan pertama berjalannya usaha. Biasanya tetap akan berada di rentangan waktu sebuah usaha itu berkembang sekitar 6-12 bulan. Jadi apabila dibulan pertama angka target pendapatan tidak terpenuhi, maka teman-teman jangan berputus asa karena setiap usaha membutuhkan proses, apalagi bisnis yang dijalankan benar-benar dimulai dari nol.

Superwash Laundry Bisnis Franchise Waralaba Murah di Indonesia

Dibawah ini akan saya berikan beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum teman-teman memutuskan untuk menjalankan bisnis laundry kiloan, antara lain:

  • Memilih lokasi usaha yang cukup strategis, bisa di sekitar lingkungan kampus atau kawasan perumahan yang padat
  • Prioritas menggunakan rumah sendiri karena biaya sewa tempat akan menjadi faktor penambah dari modal awal yang dibutuhkan
  • Jangka waktu penyelesaian pekerjaan sesuai standar sekitar 3-4 hari
  • Menyediakan jasa antar-jemput pakaian ke konsumen yang sudah menjadi langganan (service after sales)
  • Memberikan promo berupa diskon kepada para pelanggan yang menitipkan cuciannya dalam jumlah banyak
  • Menggunakan product brand yang menarik dan mudah diingat

Ada satu hal utama lagi yang harus diperhatikan bahwa jenis usaha laundry kiloan ini sangat terkait dengan tingkat kepercayaan dan kepuasan para pelanggan dalam menggunakan jasa kita. Oleh karena itu, sejak awal memulai usaha setidaknya teman-teman sudah memikirkan brand product apa yang akan digunakan. Memang proses pengenalan brand product baru jasa laundry kiloan lebih membutuhkan waktu lama karena semuanya benar-benar dimulai dari awal.

Nah untuk kondisi seperti ini, sepertinya ada cara alternatif yang bisa diambil yaitu dengan membeli paket usaha dari sebuah product brand yang sudah cukup dikenal. Salah satu contohnya adalah Superwash Laundry Bisnis Franchise Waralaba Murah di Indonesia. Dengan menggunakan franchise dari sebuah brand terkenal, teman-teman tidak perlu pusing lagi memikirkan sistem operasional bisnis laundry kiloan. Cukup pilih paket usaha mana yang akan diambil, disesuaikan dengan kemampuan modal teman-teman karena biasanya modal untuk membeli sebuah franchise sedikit lebih mahal ketimbang menggunakan brand product sendiri. Sekarang tinggal dari teman-teman sendiri mau memilih jalur yang mana? Selamat berwirausaha… (DW)

Sumber Gambar:

  • http://www.plasafranchise.com/post/1100000232/cuaca-ekstrim-menambah-omset-waralaba-laundry/
  • http://www.franchiselaundry.com/site/waralaba-a-peluang-usaha/peluang-usaha.html
DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
11 Comments
  1. Hybrid vehicle says

    saya pernah coba usaha ini mas. tapi nggak terlalu lancar (nggak rame maksudnya), mungkin karena pemilihan tempatnya saja yang nggak pas…

    1. Blogger Borneo says

      Iya Bro, untuk jenis bidang usaha ini memang kecenderungannya harus berada di lokasi strategis yang cukup ramai seperti lingkungan kampus atau komplek perumahan padat. Sebenarnya bisa sih memberikan fasilitas layanan antar jemput, cuma otomatis akan ada penambahan anggaran biaya untuk BBM motor dinas. Btw, ma kasih sudah berkunjung yach… 🙂

  2. grosir tas keranjang motor says

    mantabs gan… besar harapan semoga usahanya semakin laris, maju, lancar, dan berkembang dengan pesat….
    salam hormat dari Tas Kurir Motor Delivery Laundry – 087.88.6666.003

    1. Blogger Borneo says

      Amin… Ma kasih yach… 😀

  3. Teguh says

    Sebenernya kita bisa loh buka usaha laundry kiloan tanpa modal. Caranya? Ya dengan jadi agen atau drop point. Kalo mau tau cara lebih lanjutnya bisa lihat di sini:

    http://nada-wash.blogspot.com/2014/10/peluang-usaha-peluang-usaha-agen.html

  4. ppob says

    Bisnis usaha kecil yang kreatif ini memang sangat membantu ekonomi masyarakat, karena selain owner mendapat penghasilan juga membuka lapangan kerja bagi orang lain yang membutuhkan.

  5. hasyi says

    Bagi yang membutuhkan chemical laudry bisa hubungi saya di 0877 3849 6345. Kami produsen langsung dan biasa mengirim ke seluruh indonesia dengan ekspedisi langganan kami. Produk meliputi: Parfum Laundry, deterjen bubuk, deterjen cair, softener, pelicin, anti noda bandel, dll. Bagi anda yang akan mendirikan usaha laundry dapat konsultasi dengan kami. Kami sediakan paket khusus peralatan, media promo, dll. Gratis buku SOP pengelolaan laundry profesional.
    Hubungi di 0856 4310 3697 Pin BB: 527dd2aa. Trims…

    1. Blogger Borneo says

      Oke, mungkin ada pembaca lain yang membutuhkan informasi ini. Terima kasih banyak atas komentarnya… 🙂

  6. japrak says

    pengkalian pendapatan aja ga bener,,, masa rata2 cucian 20kg x 6 ribu = 60 ribu
    kemudian pendapatan perbulan nya 120 ribu x 30 = 3,6 juta..

  7. pulsa murah says

    Usaha jasa memang sangat menguntungkan dan tahan krisis ekonomi.

    1. Dwi Wahyudi says

      Selain lebih menguntungkan juga memiliki tarif yang berbeda, tidak seperti dagang barang dimana bisa dibandingkan harga untuk produk sejenis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.