BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Advertisement

Jasa Tukang Sunat Pontianak, Bisa Dipanggil Kapan Saja dengan Tarif Terjangkau

Jasa Tukang Sunat Pontianak

Sunat atau biasa juga disebut sebagai khitan adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis. Lapisan kulit penutup ini disebut sebagai kulup.

Dalam bahasa medis, proses pemotongan kulup dinamakan sebagai Sirkumsisi. Kata sirkumsisi berasal dari bahasa Latin circum yang berarti “memutar” dan caedere yang artinya memotong.

Saat baru lahir, kulup menempel pada kepala penis, yang tampak seperti tumpukan lapisan kulit karena berlipat. Di tengah kepala penis terdapat tabung yang memiliki lubang kencing dan merupakan jalan keluar air seni dan mani.

Bagi sebagian orang berpendapat bahwa kulup berperan melindungi dan menjaga kelembaban kepala penis, serta meningkatkan gairah seksual karena jaringan saraf tidak terputus.

Sunat atau khitan bukan prosedur yang wajib untuk dilakukan. Namun pada kenyataanya, persentasi sunat di Amerika Serikat mengalami penurunan, dari 82% di tahun 1960 hingga 77% di tahun 2010. Di sisi lain, penelitian terbaru menyatakan bahwa sunat memiliki banyak manfaat.

Latar Belakang Agama

Dalam Islam, sejarah khitan bermula dari ajaran Nabi Ibrahim AS. Pada saat itu Beliau khitan di usia 80 tahun. Dalam salah satu haditsnya, Rasulullah SAW berkata: “Nabi Ibrahim, kekasih Tuhan Yang Maha Pengasih telah berkhitan dengan kampak pada saat Beliau berumur delapan puluh tahun” (HR. Bukhari – Muslim).

Sedangkan menurut hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abud Dawud dan Ahmad yang menyatakan “Buanglah darimu buku (rambut) kekufuran dan berkhitanlah,” mayoritas ulama seperti Imam Syafii, Hanbali, sebagian pengikut Imam Malik, dan Abdurrahman al-Auza’i sepakat menetapkan hukum khitan adalah wajib bagi laki-laki.

Baca Juga:  8 Cara Mendapatkan Backlink Mudah dan Gratis

Ternyata selain Islam, sunat juga hukumnya wajib dilakukan oleh penganut agama Yahudi. Menurut kepercayaan Yahudi, Tuhan telah memerintahkan umatnya melalui Ibrahim agar seluruh kaum pria melakukan sunat. Kitab Injil juga menyebutkan bahwa Yesus, yang dipercaya sebagai Putra Tuhan, dipersembahkan rumah kudus khusus untuk prosesi sunatnya.

Selain karena latar belakang agama, di berbagai negara sunat memiliki kombinasi antara dasar kebudayaan dan keagamaan. Sebagai contoh, prosedur sunat dianggap sebagai tanda seorang anak lelaki memasuki masa pubertas. Hal ini seakan menjadi penjelasan mengapa di belahan negara lain, sunat dilakukan pada anak lelaki berusia 10 hingga 12 tahun.

Faktor Kesehatan

Sebenarnya terlepas dari latar belakang agama, proses khitan memang harus dilakukan atas dasar faktor kesehatan. Kondisi kulup yang tidak mampu menarik kembali ketika kulup ditarik ke belakang untuk membuka seluruh bagian kepala penis, namun tidak dapat menutup kembali.

Dalam dunia medis kondisi ini terjadi karena kulit lapisan penutup kepala penis ini terlalu ketat (fimosis) dan parafimosis. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dan peradangan. Sunat pada pria sangat dibutuhkan, khususnya bila kulup meradang atau pasien terdiagnosis menderita kanker penis.

Beberapa ahli berargumen bahwa sunat bermanfaat bagi kesehatan, namun hal ini hanya berlaku jika pasien terbukti secara klinis mengidap penyakit yang berhubungan dengan kelamin.

Beberapa penyakit yang kemungkinan besar memerlukan sunat untuk mempercepat penyembuhan seperti pendarahan dan kanker penis, namun, kedua hal ini jarang terjadi.

Umumnya, tindakan khitan dilakukan saat anak lelaki berusia 5 – 10 tahun. Blogger Borneo sendiri menjalani prosesi khitan pada saat duduk di kelas 6 sekolah dasar. Sebenarnya tidak ada acuan khusus mengenai usia ketika berkhitan, yang penting dilakukan atas dasar faktor kesehatan.

Baca Juga:  6 Manfaat Produk Atomy HemoHIM, Menjaga Imunitas Tubuh dan Kecantikan

Metode Khitan

Khitan pada kaum pria umumnya dilaksanakan oleh dokter spesialis anak atau spesialis saluran kemih. Tapi untuk beberapa daerah pinggiran, proses khitan biasa dilakukan oleh seorang tukang sunat atau biasa disebut juga sebagai mantri sunat.

Sebelum prosedur dimulai, dokter akan memeriksa kelayakan kesehatan anak. Apabila anak berusia agak dewasa, biasanya sunat akan dilaksanakan pada saat liburan sekolah agar anak punya banyak waktu untuk proses pemulihan.

Prosedur ini dapat dilakukan di klinik atau rumah sakit, dapat juga dilakukan di rumah anak yang akan disunat. Dalam kondisi pandemi saat sekarang ini sepertinya justru lebih aman menggunakan jasa tukang sunat Pontianak panggilan.

Sebelum dilakukan proses khitan, sang anak akan dibaringkan di atas kasur. Kemudian jasa tukang sunat Pontianak akan memberikan obat penahan rasa sakit dengan dosis disesuaikan usia dan kondisi anak. Tunggu beberapa saat sampai obat tersebut bereaksi.

Secara umum, metode yang dipakai menggunakan alat berbentuk lonceng. Alat ini dimasukkan pada sekitar kepala penis, tepat dibawah lapisan kulup yang akan ditarik. Sebuah penjepit digunakan untuk mengencangkan alat tersebut dan memberhentikan aliran darah ke kulup sebelum kulup dipotong.

Metode khitan lain yang bisa digunakan adalah metode Plastibell. Metode ini hampir mirip dengan metode pertama, bedanya disini menggunakan jahitan untuk menahan alat berbentuk lonceng. Kulup yang berlebih akan akan dipotong, sedangkan alat dan jahitan akan menahannya sampai kulit jatuh karena tidak lagi menerima aliran darah.

Setelah proses khitan selesai, darah akan dibersihkan dan luka ditutup dengan kain kasa (perban). Tukang Sunat Pontianak akan memberikan arahan dalam menangani luka dengan baik pada anak maupun orang tua.

Baca Juga:  Abe Budi Tour and Travel, Agen Tiket Pesawat Murah Ketapang

Layanan Panggilan

Tulisan ini Blogger Borneo buat khusus karena baru saja menyelesaikan proses khitan sang buah hati tercinta menggunakan Jasa Tukang Sunat Pontianak yang bisa dipanggil datang ke rumah.

Bagi kawan-kawan yang memiliki rencana untuk melakukan sunat bagi sang anak dapat memanggil Tukang Sunat Pontianak ini. Mengenai tarif eksekusi jangan dikuatirkan karena masih bisa dinegosiasikan sesuai kemampuan orang tua.

Info lengkap mengenai jasa Tukang Sunat Pontianak bisa langsung menghubungi nomor whatsapp ini. Semoga tulisan ini bermanfaat, jangan lupa kunjungi juga channel YouTube Blogger Borneo. Subscribe, tonton, dan komentar ya… (DW)

Advertisement

Sumber DocDoc.Com Wikipedia Indonesia
Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Indonesia Website Awards