Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Kincir.Com Dekatkan Artis Idola dan Penggemar Lewat Aplikasi Mobile

BLOGGERBORNEO.COM – Maraknya perkembangan bisnis startup di Indonesia saat ini tidak hanya membuat masyarakat umum tertantang untuk menerjuninya, tapi juga telah merambah ke kalangan selebritis tanah air. Pada 2002 silam, aktor terkenal yang juga suami  aktris Titi Kamal, Christian Sugiono, berhasil membangun startup bisnis bernama MalesBanget.com. Kini seorang musisi terkenal juga memperkenalkan startup bisnis berbasis online fans club.

Kincir.Com namanya. Hadir di Indonesia sejak Maret 2013 lalu sebagai mobile website untuk kaum muda Indonesia. Aplikasi ini berbasis online fans club. Aplikasi besutan penyanyi Giring Ganesha atau yang lebih dikenal sebagai Giring Nidji ini baru tersedia untuk smartphone dengan operasi Android. Giring membangunnya bersama tim yang berada di bawah naungan Grup Djarum, yakni GDP Venture.

Kincir.Com Media Online Para Fans Musik Indonesia
Kincir.Com Media Online Para Fans Musik Indonesia (Sumber: Kincir.Com)

Peran GDP Venture adalah membantu investasi Kincir.Com, juga bersama Giring membuat konsep aplikasi dan program offline demi membesarkan website ini. GDP adalah Venture yang telah berpengalaman dalam membesarkan beberapa startup di Indonesia seperti BliBli.Com dan Kaskus.Com. Pengalaman ini membuat Giring tak ragu berkolaborasi dengan GDP Venture. Giring juga dibekali tim oleh GDP Venture sejumlah 12 orang. Giring dan tim berjanji untuk berjibaku meningkatkan trafik kunjungan Kincir.Com.

CEO dan Co-Founder Kincir.Com Giring Ganesha mengatakan, bahwa saat ini para fans hanya bisa berinteraksi dengan idola mereka lewat media sosial, yang biasanya dilakukan dengan mengomentari foto sang artis di Instagram. Kincir.Com hadir sebagai platform bagi para fans agar dapat mengekspresikan diri dan berinteraksi secara dekat dengan artis idola mereka, begitu pula sebaliknya. Saat ini, musisi tanah air yang sudah bergabung dengan Kincir.Com adalah RAN, Raisa, NOAH, Nidji, Payung Teduh, dan Cherrybelle. Pada Agustus 2015 kemarin, sudah ada aplikasi Kincir.Com di android. Sedangkan untuk platform berbasis IOS baru akan launching pada akhir tahun nanti.

Berada di bawah naungan salah satu anak perusahaan GDP Venture, Merah Putih Incubator, membuat Kincir.Com tidak hanya menyajikan aplikasi berbasis mobile namun juga mampu melakukan perombakan tampilan website mereka dengan menerapkan teknologi berbasis User interface (UI) dan User experience (UX) terbaru. Hingga kini, member yang tergabung sudah mencapai sekitar jumlah 210.000 anggota serta 279 artis lokal dan manca negara.

FITUR DAN LAYANAN

Kincir.Com memberikan layanan dan fitur unik, di mana fans dapat melihat profil artis idola mereka serta bisa mengobrol langsung dengan sang artis. Selain itu, mereka juga bisa memperoleh info terkini tentang sang idola. Setiap hari 12 orang yang tergabung dalam tim Giring, mengupdate info terbaru seputar selebritis yang memiliki fans di Kincir.Com.

Saat ini, situs itu telah berhasil mendapat kepercayaan dari 175 musisi tanah air untuk bekerjasama. Fans yang telah terdaftar berjumlah 177.000 anggota. Sekitar 25-40% atau 500 ribu member merupakan user aktif yang mengakses situs tersebut dengan lama waktu sekitar 9-12 setiap hari. Target Kincir.Com di tahun 2016 adalah mendapat jumlah member yang mendekati satu juta.

Kincir.Com juga rajin mengadakan serangkaian acara online dan offline bagi member dan idola seperti Idol of The Month, Fans Meet Idol, Kincir Makan-Makan, Open Mention, Fans Tergaul juga Koleksi Idola. Ke depan, Kincir.Com juga berecana menghadirkan aplikasi mobile di iOS dan Windows. Program Koleksi Idola yang diselenggarakan pada tanggal 22 hingga 30 Juni 2015 itu, memberikan kesempatan khusus bagi para fans untuk membawa pulang barang kesayangan milik artis pujaan mereka sambil mendapatkan sejumlah bonus tambahan yang menyenangkan. Koleksi Idola didukung langsung oleh tiga situs besar di bawah grup GDP Venture, yaitu Kaskus sebagai online forum terbesar di Indonesia, BliBli.Com sebagai pasar online, dan Kincir.Com sendiri sebagai online fans club yang didukung 175 musisi tanah air.

Kincir.Com Idol of The Month
Kincir.Com Idol of The Month (Sumber: Kincir.Com)

DIDUKUNG BLIBLI DAN KASKUS

Program Koleksi Idola ini juga didukung penuh oleh dua portal online di bawah naungan GDP Venture, yaitu Kaskus.Com dan Blibli.Com. Keuntungan yang bisa diperoleh para fan dari kampanye Koleksi Idola beragam. Setiap membeli produk dari Koleksi Idola, mereka akan mendapatkan voucher belanja dari BliBli.Com.

Dengan pembelian di bawah 200 ribu per barang, mereka akan mendapatkan bonus voucher belanja senilai 50 ribu, yang nantinya bisa dibelanjakan di BliBli.Com dengan minimum pembelian sebesar 100 ribu. Untuk pembelian senilai 200 ribu ke atas, member akan mendapatkan bonus voucher belanja senilai 100 ribu yang dapat dibelanjakan dengan minimum transaksi senilai 200 ribu rupiah.

Keistimewaan lain yang ditawarkan program ini ialah member berkesempatan mendapatkan barang terbaru yang direkomendasikan oleh para idolanya di situs Koleksi Idola Blibli.Com. Guna menjamin keaslian, barang yang dibeli juga disertai dengan sertifikat bertandatangan asli dari para artis.

Sumber Referensi:

  • http://marketeers.com/article/medsos-besutan-giring-nidji-rilis-aplikasi-mobile.html
  • http://www.techno.id/startup/rekatkan-idola-dengan-fans-kincircom-jalankan-kampanye-koleksi-idola-150622d.html
  • https://www.maxmanroe.com/kincir-com-startup-berkonsep-online-fans-club-milik-giring-nidji.html
DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
2 Comments
  1. Rifa aditya says

    Sekarang bisnis startup IT tidak bisa dipandang remeh lagi, namun butuh strategi yang tepat karena konsumen selektif dengan maraknya startup dalam bidang yang sama

    1. Dwi Wahyudi says

      Perkembangan teknologi yang sedemikian cepat memaksa para pelaku industri IT harus terus berpikir bagaimana melakukan sebuah inovasi. 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.