Klinik Bekam Pontianak Profesional dan Syar’i untuk Pria dan Wanita

Metode pengobatan bekam merupakan salah satu jenis pengobatan alternatif dengan cara mengeluarkan darah mati yang mengandung racun dari dalam tubuh seseorang. Dalam istilah jawa, bekam biasa disebut kop. Sedangkan di Pulau Sumbawa biasa disebut tangkik atau batangkik. 

Image: Dok. Pribadi

Klinik Bekam Pontianak

Metode pengobatan bekam sudah dikenal sejak jaman Nabi Muhammad SAW, hanya saja pada saat itu alat yang digunakan berupa tanduk kerbau atau sapi, tulang unta, dan gading gajah.

Menurut definisi dari Wikipedia Indonesia, Bekam (Arab: al-hijamah) adalah adalah penyedotan lokal darah dari sayatan kulit kecil. Bekam merupakan metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia.

Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah darinya. Pengertian ini mencakup dua mekanisme pokok dari bekam, yaitu proses pemvakuman kulit kemudian dilanjutkan dengan pengeluaran darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya

Bekam dalam bahasa Jawa biasa disebut sebagai “cantuk” atau “kop”. Sedangkan di Sumbawa dan sekitarnya disebut “tangkik” atau “batangkik”. Dalam bahasa Inggris disebut blood cupping, blood letting, cupping therapy, blood cupping therapy, cupping therapeutic.  Nah, untuk bahasa Mandarin istilah Bekam disebut sebagai “pa hou kuan”.

Perkembangan di Indonesia

Tidak ada catatan resmi mengenai kapan metode ini masuk ke Indonesia, diduga kuat pengobatan ini masuk seiring dengan masuknya para pedagang Gujarat dan Arab yang menyebarkan agama Islam.

Metode ini dulu banyak dipraktikkan oleh para kyai (ulama agama islam) dan santri (murid) yang mempelajarinya dari “kitab kuning” dengan tehnik yang sangat sederhana yakni menggunakan api dari kain/kapas/kertas yang dibakar untuk kemudian ditutup secepatnya dengan gelas (botol).

Saat itu banyak dimanfaatkan untuk mengobati keluhan sakit/pegal-pegal di badan, dan sakit kepala atau yang dikenal dengan istilah “masuk angin”.

Tren pengobatan ini kembali berkembang pesat di Indonesia sejak tahun 90-an terutama dibawa oleh para mahasiswa dan pekerja Indonesia yang pernah belajar di Malaysia, India, dan Timur Tengah.

Kini, pengobatan ini dimodifikasi dengan sempurna dan mudah pemakaiannya sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah dengan menggunakan suatu alat yang higienis, praktis, dan efektif.

Jenis Bekam

Ada beberapa jenis bekam yang umum digunakan, antara lain:

1. Bekam Kering atau Bekam Angin

Menghisap permukaan kulit sekaligus memijat area permukaan disekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Bekam kering berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit secara mendadak atau digunakan untuk mengurangi rasa sakit di daerah punggung akibat rematik.

Bekam kering baik dilakukan kepada pasien yang tidak tahan sakit dan takut melihat darah. Efek yang timbul dari proses bekam kering ini adalah kulit menjadi kehitaman (biasanya bertahan hingga 3 hari).

2. Bekam Basah

Merupakan proses lanjutan dari bekam kering. Pada area kulit yang sudah dibekam akan dilukai sedikit menggunakan jarum tajam dan kemudian dikeluarkan darah kotornya menggunakan cupping set atau hand pump.

Lama proses pengeluaran darah adalah sekitar 3-5 menit, setelah itu darah yang keluar dibuang dan tempatnya dibersihkan kembali. Proses ini dilakukan paling banyak 7 kali. Setelah selesai, kulit bekas bekam tidak boleh terkena air kurang dari 3 jam.

3. Bekam Api

Untuk jenis bekam ini, media yang digunakan adalah api. Bekam api menggunakan gelas khusus yang terbuat dari kaca tebal. Bekam api banyak digunakan di negara Cina, sedangkan di Indonesia sendiri bekam api jarang digunakan.

LinkCollider - Free Social Media Advertising

Free Social Media Advertising

Bekas Proses Pengobatan Bekam
Bekas Proses Pengobatan Bekam

Sebenarnya apa sih manfaat dari metode pengobatan ini? Karena saya sudah beberapa kali melakukan proses pengobatan alternatif bekam ini, maka manfaat yang dirasakan adalah badan terasa lebih ringan dan nyaman. Saya secara rutin melakukannya minimal 1 kali dalam sebulan.

Nah, apabila teman-teman berkeinginan untuk mencoba metode pengobatan bekam ini dapat langsung mendatangi tempat praktek pengobatan bekam di Pontianak. Saya merekomendasikan klinik bekam ini karena pemiliknya yang biasa dipanggil Ustadz Ridlo alias Abi Sofi merupakan Ketua Asosiasi Bekam Kalimantan Barat.

Untuk ijin praktek, tidak perlu diragukan lagi karena Beliau telah mendapat persetujuan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya. Dan yang terakhir, metode pengobatan yang digunakan dijamin aman karena penggunaan jarum hanya sekali pakai alias selalu menggunakan jarum baru.

Pelatihan Bekam Pontianak

Pelatihan Bekam Profesional Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Keuntungan Mengikuti Seminar dan Pelatihan:

  • Memahami Rahasia Ilmiah Air Zam-Zam;
  • Meningkatkan Ilmu dan Keyakinan akan Sunah Bekam;
  • Mendapatkan Materi Sesuai Standar Asosiasi Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI);
  • Rahasia Mendapatkan Sertifikat Pembekalan Nasional;
  • Rahasia Membuka Klinik Bekam.

Fasilitas Peserta:

  • Materi Pelatihan (Soft Files)
  • Sertifikat Pelatihan
  • Makan Siang dan Snack

Waktu dan Tempat:

Hari/Tanggal: Ahad, 30 September 2018

Jam: 08.30 – 17.00 WIB

Lokasi: Pegasus Premium Meeting Room Pegasus Pancasila Jalan Gusti Hamzah No.99

BIAYA PENDAFTARAN: 300 RIBU AJA

Pendaftaran dan Informasi:

Klinik Bekam Pontianak Profesional

Abi Sofi 0858-2204-7425 (Telp/WA)

PESERTA TERBATAS 40 ORANG

Catatan :

  • Untuk calon pasien wanita proses bekam akan dilakukan oleh istri Beliau yang juga memiliki keahlian dan pengalaman keterampilan sama dibidang bekam.

Sumber Referensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Bekam

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Don`t copy text!