BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Komunitas Blogger Asia Tenggara, Apa Kabarnya Setelah 1 Dasawarsa?

Tanpa sengaja ketika kawan-kawan dari Blogger Kubu Raya Community sedang membahas mengenai target pencarian untuk kata kunci Komunitas Blogger Asia Tenggara, Blogger Borneo langsung teringat dengan pengalaman satu dasawarsa lalu ketika ikut serta dalam sebuah event bertajuk “Asean Blogger Conference 2011“.

Memang jika dilihat berdasarkan periode waktunya, dari tahun 2010-2014 cukup banyak diselenggarakan kegiatan-kegiatan yang mengundang para blogger dari seluruh Indonesia. Blogger Borneo sendiri pada saat itu cukup merasa puas mendapatkan fasilitas jalan-jalan gratis dari setiap undangan yang diterima.

Komunitas Blogger Asia Tenggara

Di triwulan ke-3 tahun 2011, Blogger Borneo mendapat undangan untuk mengikuti kegiatan yang membawa tema besar Asean Community 2015 dimana salah satu agenda didalamnya adalah Asean Blogger Conference.

Bali menjadi tempat dilaksanakannya perhelatan akbar bersifat internasional ini. Tampak para peserta yang hadir berasal dari negara-negara Asia Tenggara, termasuk diantaranya para blogger dari ASEAN. Di kegiatan inilah Blogger Borneo pertama kali merasakan bagaimana keindahan bali seperti apa kata orang-orang diluar sana.

Lokasi Pembukaan Asean Blogger Conference 2011
Image: Dok. Pribadi

Beberapa teman-teman blogger se-Indonesia juga tampak turut hadir dalam kegiatan menggagas Komunitas Blogger Asia Tenggara ini. Dalam satu sesi kegiatan, kami semua berkumpul dalam sebuah ruangan dan membaur menjadi satu berbagi kisah dan pengalaman ngeblog di negaranya masing-masing.

Gambaran Umum

Secara umum, pada saat itu para blogger dari negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia sendiri sengaja diundang karena ada salah satu agendanya adalah membahas mengenai rencana menggagas Komunitas Blogger Asia Tenggara.

Pada saat itu tema besarnya adalah Asean Community 2015, diskusi asyik dan interaktif dilakukan oleh para pemangku kebijakan dari masing-masing negara. Untuk Indonesia sendiri, Kementerian Luar Negeri menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar internasional ini.

Baca Juga:  Kisah Nyata Menangkap Langsung Penampakan Makhluk Gaib

Kiprah Blogger Bekasi

Baju Kaos Amprokan Blogger Bekasi 2010
Image: Dok. Pribadi

Tidak dapat dipungkiri salah seorang founder Komunitas Blogger Bekasi turut memiliki andil dalam terselenggaranya Asean Blogger Conference karena Beliau ternyata juga merupakan salah seorang staf di Kementerian Luar Negeri. Namanya Mas Heru Aris Utomo.

Pada saat itu Komunitas Blogger Bekasi termasuk salah satu komunitas blogger yang cukup aktif menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya nasional. Blogger Borneo sendiri pernah sampai dua kali diundang dalam event kopdar akbarnya mereka yaitu Amprokan Blogger Tahun 2010 dan 2011.

Apa Kabarnya Sekarang?

Nah, setelah kurang lebih 10 tahun kemudian apa kabar kelanjutan dari Asean Blogger Conference ya? Blogger Borneo mencoba untuk mengulik kembali di mesin pencari Google untuk kata kunci tersebut. Ternyata tidak ada update setelah perhelatan akbar tersebut.

Akan tetapi baru-baru ini Blogger Borneo melihat sepertinya Komunitas Blogger Bekasi mulai aktif kembali setelah secara tidak sengaja melihat postingan status dari salah seorang foundernya pada masa dulu yang langsung mendapat komentar dari para founder lainnya.

Dan begitu dicek domain bloggerbekasi.com sudah aktif kembali dan bisa diakses. Melihat arsip tulisannya pun selalu update di tahun 2021 ini. Masih belum terbayang apa yang akan dilakukan kedepan, semoga bisa kembali aktif seperti masa dulu pertama. Amin…

Jika ingin membaca tulisan pengalaman Blogger Borneo ketika mengikuti kegiatan Asean Blogger Conference 2011, bisa langsung mengakses link lamannya berikut ini:

 

Advertisement

1 Comment
  1. Rosanna Simanjuntak says

    Aku langsung kepo pas baca judulnya ada bau-bau blogger mancanegara.
    Pasti seru ya acaranya!

    Semoga dalam waktu dekat ada lagi dan bisa bertemu blogger Asia Tenggara itu, wow!

    Btw, ntar aku mampir lagi di tulisan tentang konferensi Blogger Asia Tenggara
    Tunggu ya di pengkolan.
    Hihihi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.