BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook B1 B1400 Rekomendasi untuk UMKM

Kebutuhan akan laptop bisnis terbaik untuk saat sekarang ini bagi Anda yang memiliki usaha, sudah dapat dianggap sebagai salah satu prioritas karena dalam aktivitas hariannya akan selalu berhubungan dengan dunia digital dan aplikasi. 

Laptop Bisnis Terbaik

Mau tidak mau, suka tidak suka, Anda sebagai pemilik usaha harus cepat menyesuaikan diri dengan kondisi dimana dalam dua tahun terakhir kondisi pandemi Covid-19 membuat hampir semua aspek kehidupan manusia di seluruh dunia terdampak. Salah satu diantaranya dapat dilihat bagaimana para pemilik usaha pada berguguran karena tidak mampu melalui ujian ini.

Akan tetapi disisi lain ternyata masih ada pemilik usaha yang tetap bertahan dengan segala keterbatasan, dan kondisi ini justru dialami oleh para pemilik usaha kecil yang dalam kesehariannya beroperasional  dari rumah saja. Pembatasan yang diterapkan pemerintah membuat perilaku manusia berubah dimana semua aktivitas yang sebelumnya bisa dilakukan secara tatap muka, sekarang harus serba online.

Nah, disini ASUS sebagai perusahaan teknologi terkemuka di dunia melihat kondisi ini sebagai potensi karena ketika aktivitas harian para pemilik usaha tersebut mengalami pergeseran, maka mereka tetap akan membutuhkan sebuah perangkat pendukung yaitu laptop. Dan khusus untuk Anda para pemilik bisnis, tipe laptop bisnis terbaik yang bisa digunakan adalah ASUS ExpertBook.

Perbedaan antara Laptop Bisnis dengan Laptop Biasa

Sesuai dengan istilah yang disematkan, tentu saja laptop bisnis berbeda dengan laptop biasa. Laptop bisnis memang didesain khusus untuk penggunaan di kalangan pemilik usaha, sedangkan laptop biasa digunakan untuk pemakaian standar umum saja. Oleh karena itu, jika dilihat dari spesifikasi teknis dan fitur yang dimiliki diatas laptop biasa, ini juga yang membuat harga jual laptop bisnis diatas laptop biasa.

Meskipun jika diperhatikan terdapat beberapa merek laptop di Indonesia, Blogger Borneo tetap akan memberikan rekomendasi laptop bisnis ASUS sebagai pilihan utama berdasarkan pengalaman selama ini menggunakan beberapa seri laptop ASUS, seperti VivoBook, UltraBook, dan Republic of Gamers (ROG).

Sebenarnya masih ada satu tipe lagi yaitu ASUS ExpertBook, akan tetapi sampai saat ini Blogger Borneo belum pernah menggunakannya langsung. Meskipun begitu, jika dilihat dari spesifikasi teknisnya sudah dapat melihat fitur dan desainnya memang dibuat sebagai laptop bisnis terbaik di Indonesia. Beberapa tipe yang dihadirkan, antara lain: ASUS ExpertBook B1, B3, ASUS ExpertBook B5, B7, dan B9.

Rekomendasi Laptop Bisnis

Diantara ke-lima tipe tersebut, Blogger Borneo memilih ASUS ExpertBook B1 B1400 atas dasar pertimbangan target pasar yang akan disasar yaitu para pemilik usaha dimana harga jual produk menjadi pertimbangan utama. ASUS ExpertBook tipe ini memiliki harga jual lebih terjangkau diantara tipe lainnya.

Dari sisi fitur, ASUS ExpertBook B1 B1400 sudah cukup mumpuni untuk mem-backup aktivitas operasional harian Anda sebagai pemilik bisnis. Secara detail, spesifikasi teknis laptop bisnis terbaik ASUS ini dapat dibaca pada penjelasan dibawah ini:

Hal mendasar yang harus diketahui adalah tipe prosesor apa yang digunakan. ASUS memberikan 3 (tiga) pilihan prosesor generasi terbaru yang dapat dipilih, antara lain:

  • Intel® Core™ i3-1115G4 Processor 1.7-3.0 GHz (6M Cache, up to 4.1 GHz)
  • Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)
  • Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Laptop Bisnis Terbaik
Image: ASUS Indonesia

Selanjutnya adalah kapasitas RAM terpasang. ASUS ExpertBook B1 B1400 menggunakan RAM dengan kapasitas 8GB DDR4 on board (single-channel). Bagi para pengguna yang ingin menambahkan kapasitas RAM, tersedia satu slot SO-DIMM DDR4. Kapasitas maksimal upgrade RAM adalah 48GB.

Untuk dukungan grafisnya, laptop bisnis ini mengandalkan integrated graphics UHD Graphics atau Intel Iris Xe dengan discrete graphics NVIDIA GeForce MX330. Di sisi media penyimpanan, ASUS menggunakan sistem dual-storage antara SSD dan HDD. Tersedia slot PCIe 3.0 NVMe M.2 yang mendukung hingga 1 TB M.2 SSD dan slot STD 2.5” SATA HDD dengan kapasitas maksimum 2 TB.

Spesifikasi Teknis

Karena dirancang upgradable, maka bodi ASUS ExpertBook B1 B1400 dirancang mudah untuk dibuka tanpa harus melepas keseluruhan bagian laptop. Tentu saja ini akan membuat proses upgrade lebih mudah, hemat waktu, dan tenaga.

Laptop Bisnis Terbaik Slot Tersedia ASUS ExpertBook B1 B1400
Image: ASUS Indonesia

ASUS ExpertBook B1 B1400 memiliki 2 slot USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1 slot ThunderBolt 4 USB C, 1 slot HDMI, dan 1 slot VGA Port (D-Sub) di sisi kirinya. Sedangkan di sisi kanan disediakan 1 slot USB 2.0 Type-A, 1 slot 3.5mm Combo Audio Jack, 1 slot Ethernet RJ45, dan 1 slot DC-in.

Melihat layarnya, ukuran yang digunakan adalah 14 inci (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) dengan teknologi Anti-Glare dan NanoEdge Display. Memang jika diperhatikan di seri laptop terbaru ASUS, semua layar yang digunakan sudah mengusung teknologi NanoEdge Display dimana bezel tipis di sisi layarnya membuat tampilan screen-to-body ratio mencapai 84%.

Demi memanjakan mata agar tetap merasa nyaman dan aman ketika digunakan, ASUS ExpertBook B1 B1400 telah mengantongi sertifikasi low-blue light emmission dari TÜV Rheinland. Dijamin mata Anda tidak cepat letih meskipun harus berlama-lama menatap layar monitornya. Tapi jangan lupa juga untuk selalu mengistirahatkan mata sejenak dalam setiap 30 menit penggunaan.

Memiliki port Thunderbolt 4 dan HDMI 2.0 yang tersedia membuat Anda dapat menyambungkan hingga dua layar UHD 4K secara eksternal. Sebagai contoh, ketika Anda sedang melakukan konferensi video maka selain menggunakan layar ASUS ExpertBook B1 B1400 sendiri, Anda dapat menggunakan dua layar di kedua sisi untuk tetap melihat informasi penting lainnya.

Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook B1 B1400 Mendukung Dual Monitor
Image: ASUS Indonesia

Sistem operasi laptop bisnis terbaik ASUS ini masih menggunakan versi Windows 10 Home atau Windows 10 Pro yang dapat langsung di upgrade ke Windows 11 secara gratis.

Fitur Unggulan

Jika dibandingkan dengan merek lain, ASUS ExpertBook B1 B1400 memiliki beberapa fitur unggulan. Tentu saja ketika bicara penggunaan untuk mendukung bisnis, maka aspek keamanan menjadi hal utama harus dimiliki. Oleh karena itu, laptop bisnis terbaik ASUS ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS MIL-STD 810H.

Secara desain bodi, ASUS ExpertBook B1 B1400 memiliki dimensi ringkas yaitu berukuran 323,4×215,65 mm dengan ketebalan 19,2 mm serta bobot hanya 1,45 kilogram saja. Kontruksinya dibuat dengan struktur khusus yang telah teruji tahan terhadap guncangan dan benturan sehingga cukup tangguh jika digunakan ketika melakukan perjalanan dan penggunaan dalam jangka waktu lama.

ASUS ExpertBook B1 B1400 Desain Konstruksi Kokoh
Image: ASUS Indonesia

Laptop bisnis terbaik ASUS ini juga memiliki HDD protection package dengan bracket dan sponge yang berfungsi mengurangi getaran hard drive. Desain struktural mengadopsi sistem multilayer dimana cover bagian atas terbuat dari aluminum alloy dan sepotong baja yang dipasang di antara bagian tengahnya demi meningkatkan kekuatannya.

Satu hal lagi, ASUS ExpertBook memiliki AI Noise-Cancelling Mic sehingga dapat menyaring kebisingan sekitar yang tidak diinginkan ketika sedang bekerja secara jarak jauh dan melakukan konferensi video. Ada dua mode bisa digunakan, yaitu:

  • Mode Presenter Tunggal yang memungkinkan suara langsung di depan PC terdengar dengan jelas.
  • Mode Multi-Penyaji yang dapat menjelaskan ucapan dari berbagai arah.

Harga Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook B1 B1400

Deskripsi Produk:

  • Prosesor Intel Terbaru Generasi 11 dan Konektivitas Wifi 6
  • Desain Kokoh Standarisasi Military Grade Durability dan Bobot Ringan
  • Keamanan Tingkat Bisnis dengan Webcam Shield Against Malicious Hackers dan TPM 2.0
  • Prosesor Intel® Core™ i5-1135G7 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz, 4 cores)
  • Memori Internal 8G DDR4 On Board
  • Penyimpanan Internal 512GB M.2 NVMe™ + PCIe® 3.0 SSD HDD Housing untuk Tambahan
  • Kartu Grafis: Intel Iris Xᵉ Graphics (available Intel® Core™ i5/i7 with dual channel memory)
  • Layar Monitor: 14.0-inch LED Backlit FHD (1920 x 1080) 16:9 220nits anti-glare panel
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home
  • Fitur Login dengan FingerPrint

Harga: Rp 12.002.000,-

Toko Online

Bagi yang berminat untuk membeli laptop bisnis terbaik dibawah 10 juta ini dapat langsung melakukan pemesanan melalui link online store resmi dibawah ini:

  • https://id.store.asus.com/90nx0421-m24930-b1400ceae-ek5854t.html
Sumber ASUS Indonesia ASUS Business

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More