Indonesia Website Awards

Malaysia Digital Arrival Card (MDAC), Aturan Wajib bagi Warga Asing yang Masuk ke Malaysia

Image: imigresen-online.imi.gov.my

Malaysia Digital Arrival Card (MDAC) adalah kartu kedatangan digital yang harus diisi oleh orang asing yang ingin memasuki wilayah Malaysia. MDAC mulai diberlakukan sejak 1 Desember 2023 sebagai bagian dari rencana liberalisasi visa yang bertujuan untuk menarik wisatawan asing dan meningkatkan pendapatan nasional.

MDAC menggantikan formulir kedatangan konvensional yang harus diisi secara manual oleh para pengunjung. Dengan Malaysia Digital Arrival Card, proses imigrasi di Malaysia diharapkan menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien.

Malaysia Digital Arrival Card

Di kesempatan ini Blogger Borneo akan membahas apa itu MDAC, mengapa MDAC penting, dan bagaimana cara mengisi MDAC secara online. Juga akan diberikan beberapa tips dan informasi penting yang perlu diketahui oleh para wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Malaysia.

MDAC adalah singkatan dari Malaysia Digital Arrival Card, yang dalam bahasa Melayu disebut Kad Ketibaan Digital Malaysia. MDAC adalah kartu kedatangan digital yang harus diisi oleh orang asing yang ingin memasuki wilayah Malaysia melalui pintu masuk udara, laut, atau darat.

Malaysia Digital Arrival Card berisi data pribadi, data perjalanan, dan data kesehatan dari para pengunjung. MDAC harus diisi secara online melalui situs web resmi imigrasi Malaysia atau aplikasi seluler MDAC yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

RajaBackLink.com

Malaysia Digital Arrival Card mulai diberlakukan sejak 1 Desember 2023 sebagai bagian dari rencana liberalisasi visa yang bertujuan untuk menarik wisatawan asing dan meningkatkan pendapatan nasional.

MDAC menggantikan formulir kedatangan konvensional yang harus diisi secara manual oleh para pengunjung. Dengan MDAC, proses imigrasi di Malaysia diharapkan menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien.

Mengapa MDAC Penting?

MDAC memiliki beberapa manfaat dan keuntungan, baik bagi pemerintah Malaysia maupun bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa alasan mengapa MDAC penting:

  • MDAC memudahkan pemerintah Malaysia untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data dari para pengunjung, sehingga dapat meningkatkan keamanan, kesehatan, dan pelayanan publik di Malaysia.
  • MDAC memungkinkan pemerintah Malaysia untuk mengidentifikasi dan menangani potensi risiko dan ancaman, seperti terorisme, kejahatan, penyakit menular, dan lain-lain.
  • MDAC mempercepat proses imigrasi di Malaysia, sehingga mengurangi antrean, biaya, dan waktu tunggu bagi para pengunjung.
  • MDAC mempermudah para pengunjung untuk mengisi data pribadi, data perjalanan, dan data kesehatan secara online, sehingga menghemat kertas, tinta, dan ruang penyimpanan
  • MDAC memberikan pengalaman yang lebih nyaman, aman, dan modern bagi para pengunjung yang ingin memasuki wilayah Malaysia.
Baca Juga:   Kuching Car Rental, an Easy Way to Get Around Sarawak at a Low Cost

Cara Mengisi Malaysia Digital Arrival Card

Untuk mengisi MDAC, para pengunjung harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Mengunjungi situs web resmi imigrasi Malaysia atau mengunduh aplikasi seluler MDAC di Google Play Store atau App Store.
  • Membuat akun dengan menggunakan alamat email yang valid dan membuat kata sandi yang kuat.
  • Memilih bahasa yang diinginkan, yaitu bahasa Melayu, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, atau bahasa Arab.
  • Memilih jenis kartu kedatangan, yaitu individu atau kelompok.
  • Mengisi data pribadi, data perjalanan, dan data kesehatan dengan benar dan lengkap. Data pribadi meliputi nama, jenis kelamin, tanggal lahir, kewarganegaraan, nomor paspor, dan lain-lain. Data perjalanan meliputi tujuan, alamat, durasi, dan lain-lain. Data kesehatan meliputi riwayat penyakit, gejala, vaksinasi, dan lain-lain.
  • Mengunggah foto paspor dan dokumen pendukung lainnya, seperti visa, sertifikat vaksinasi, atau hasil tes COVID-19, jika diperlukan.
  • Mengecek kembali data yang telah diisi dan memperbaiki kesalahan jika ada.
  • Menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku dan menekan tombol submit.
  • Menerima email konfirmasi yang berisi kode QR dan nomor referensi MDAC.
  • Mencetak atau menyimpan kode QR dan nomor referensi MDAC di ponsel atau perangkat elektronik lainnya.
  • Menunjukkan kode QR dan nomor referensi MDAC kepada petugas imigrasi saat tiba di Malaysia.

Tips dan Informasi Penting

Berikut adalah beberapa tips dan informasi yang perlu diketahui oleh para pengunjung yang ingin mengisi MDAC:

  • MDAC harus diisi secara online paling lambat tiga hari sebelum kedatangan di Malaysia.
  • MDAC berlaku untuk satu kali perjalanan saja. Jika ingin kembali ke Malaysia, pengunjung harus mengisi MDAC baru.
  • MDAC tidak menggantikan visa atau dokumen perjalanan lainnya yang mungkin diperlukan oleh pemerintah Malaysia. Pengunjung harus memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan visa dan dokumen perjalanan lainnya sebelum memasuki wilayah Malaysia.
  • MDAC tidak menjamin masuknya pengunjung ke wilayah Malaysia. Keputusan akhir tetap berada di tangan petugas imigrasi Malaysia.
  • MDAC tidak dipungut biaya. Pengunjung tidak perlu membayar apapun untuk mengisi MDAC.
  • MDAC harus ditunjukkan bersama dengan paspor atau dokumen perjalanan lainnya yang sah dan masih berlaku saat tiba di Malaysia.
  • MDAC harus diisi dengan benar dan jujur. Jika ada data yang salah, tidak lengkap, atau palsu, pengunjung dapat dikenakan sanksi hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Malaysia.
Baca Juga:   Install WordPress Manual di Byethost

Tantangan dan Kendala

Meskipun dalam pemberlakukannya, Malaysia Digital Arrival Card juga memberikan pengalaman yang lebih nyaman, aman, dan modern bagi para pengunjung yang ingin memasuki wilayah Malaysia.

Namun, MDAC juga memiliki beberapa tantangan dan kendala, baik bagi pemerintah Malaysia maupun bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa masalah yang mungkin dihadapi oleh MDAC:

  • Malaysia Digital Arrival Card membutuhkan akses internet yang stabil dan cepat untuk mengisi data secara online. Jika akses internet terputus atau lambat, pengunjung mungkin mengalami kesulitan atau kegagalan dalam mengisi MDAC.
  • MDAC membutuhkan perangkat elektronik yang canggih dan kompatibel untuk mengisi data secara online. Jika perangkat elektronik rusak, hilang, atau tidak sesuai dengan persyaratan teknis, pengunjung mungkin tidak dapat mengisi MDAC.
  • MDAC membutuhkan perlindungan data yang kuat dan terjamin untuk mencegah kebocoran, penyalahgunaan, atau manipulasi data dari para pengunjung. Jika ada pelanggaran data yang terjadi, pengunjung mungkin mengalami kerugian, ketidakpercayaan, atau ketakutan terhadap pemerintah Malaysia.
  • MDAC membutuhkan sosialisasi dan edukasi yang luas dan intensif untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan keterampilan para pengunjung dalam mengisi data secara online. Jika ada kebingungan, kesalahan, atau ketidaktahuan yang terjadi, pengunjung mungkin mengalami kesulitan, keterlambatan, atau penolakan dalam memasuki wilayah Malaysia.

Kesimpulan

MDAC adalah kartu kedatangan digital yang harus diisi oleh orang asing yang ingin memasuki wilayah Malaysia. MDAC memudahkan pemerintah Malaysia untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data dari para pengunjung, mempercepat proses imigrasi di Malaysia, dan mempermudah para pengunjung untuk mengisi data secara online.

Baca Juga:   7 Types of Famous Food in Kuching Sarawak that You Must Try

Namun, Malaysia Digital Arrival Card juga memiliki beberapa tantangan dan kendala, seperti membutuhkan akses internet yang stabil dan cepat, perangkat elektronik yang canggih dan kompatibel, perlindungan data yang kuat dan terjamin, dan sosialisasi dan edukasi yang luas dan intensif.

Oleh karena itu, MDAC membutuhkan saran dan rekomendasi yang dapat membantu pemerintah Malaysia dan para pengunjung untuk mengoptimalkan penggunaan Malaysia Digital Arrival Card. (DW)

Sumber channelnewsasia.com asiaone.com railtravelstation.com
Don`t copy text!