BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

5 Manfaat Asuransi Perjalanan Apa Saja yang Didapat Ketika Keluar Negeri

Bagi yang hobi travelling ke luar negeri terutama ke negara Amerika, Eropa, dan beberapa negara di Asia pasti sudah mengetahui bahwa memiliki asuransi perjalanan merupakan satu hal yang wajib untuk dipenuhi.

Asuransi perjalanan wajib dimiliki untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama perjalanan dilakukan. Dan asuransi ini sudah harus diurus dan dipersiapkan sebelum keberangkatan.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan salah satu jenis perlindungan terhadap seseorang yang sedang melakukan perjalanan baik itu untuk tujuan travelling atau urusan pekerjaan keluar negeri.

Berikut ini beberapa manfaat asuransi perjalanan yang akan didapat, antara lain:

1. Pertanggungan Biaya Perawatan Medis

Tidak ada satupun yang menginginkan dirinya mengalami kecelakaan atau cedera ketika sedang melakukan perjalanan keluar negeri. Akan tetapi segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Asuransi perjalanan akan meng-cover uang pertanggungan dari perawatan dan pengobatan medis yang didapatkan selama kita berada di negara tersebut bila hal tersebut terjadi.

2. Santunan Atas Kematian

Apabila resiko yang terjadi lebih fatal lagi yaitu sampai meninggal dunia, pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan sesuai nilai tertanggung dalam premi asuransi perjalanan yang akan diberikan kepada pihak keluarga sebagai ahli waris.

3. Ganti Rugi Kehilangan atau Kerusakan Barang

Dalam melakukan perjalanan jarak jauh, ada kemungkinan kita mengalami bagasi atau barang yang dibawa hilang atau rusak. Jika kita memiliki asuransi perjalanan, maka bisa klaim ganti rugi atas terjadinya kehilangan ini.

4. Kompensasi Atas Pembatalan atau Keterlambatan Perjalanan

Mengalami pembatalan atau keterlambatan perjalanan dikarenakan masalah cuaca buruk, kondisi kendaraan yang tidak layak jalan, atau masalah lainnya merupakan hal yang mungkin saja terjadi.

Asuransi perjalanan akan memberikan kompensasi jika hal ini terjadi. Bentuk kompensasi yang diterima oleh peserta peserta bisa berbeda-beda, salah satunya adalah memperoleh makanan dan minuman atau penginapan gratis di hotel yang bermitra dengan maskapai penerbangan tersebut.

5. Pertanggungan dari Kerugian Lainnya

Nah, ada juga beberapa perusahaan asuransi menambahkan pertanggungan terhadap bencana alam dan aksi terorisme yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi.

Jika kita memiliki asuransi perjalanan dengan jenis tanggungan seperti ini maka kerugian berupa finansial atau fisik bisa ditanggung oleh pihak asuransi.

Biasanya jasa asuransi perjalanan profesional akan menyediakan pelayanan perlindungan termasuk evakuasi medis selama 24 jam setiap harinya selama kita melakukan perjalanan dan aktivitas di lokasi tujuan.

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai 5 manfaat asuransi perjalanan diatas, dapat dipahami bagaimana keuntungan yang akan didapatkan selama melakukan perjalanan. Apapun perjalanan yang akan dilakukan, baik itu sifatnya business trip maupun traveling, pastikan kita terlindungi dengan memiliki asuransi perjalanan. Dengan memiliki asuransi perjalanan, pikiran lebih tenang dan perjalanan akan lebih menyenangkan. (DW)

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.