BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Manfaat Air Putih Jika Diminum Secara Rutin bagi Tubuh dan Gigi

Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas unsur air. Unsur air dalam tubuh berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar selalu normal, melumasi persendian, dan membuang zat tidak terpakai dalam tubuh melalui keringat, urine, dan buang air besar.

Selain itu, tubuh juga memerlukan air untuk membantu proses pencernaan, penyerapan zat atau kandungan makanan untuk energi, sirkulasi darah, transportasi nutrisi, memproduksi cairan atau air ludah, serta mempertahankan suhu tubuh.

Melihat pentingnya unsur air dalam tubuh, maka kita disarankan untuk selalu rutin minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi atau kekurangan air, yang bisa menyebabkan tubuh lemas, otot lemah dan kram, tidak fokus, serta meningkatkan risiko kelelahan.

Manfaat Air Putih

Mungkin selama ini kita sering mendengarkan nasihat bahwa kita perlu minum air putih sebanyak 8 gelas air atau setara dengan 1,5 liter per hari. Akan tetapi, Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board menyatakan kebutuhan tubuh akan air setiap harinya adalah 2,6 liter air untuk wanita dan 3,7 liter air untuk pria.

Memang sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan air tersebut tidak harus dengan minum air putih yang banyak melainkan bisa juga dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung cairan seperti sup, minuman ringan, buah dan sayuran.

Akan tetapi harus diingat juga bahwa dalam melakukan aktivitas harian, kita juga mengeluarkan cairan dari tubuh dalam bentuk keringat dan urine. Apalagi jika aktivitasnya termasuk kategori olahraga atau berlari, tubuh tentu saja akan membutuhkan air lebih banyak.

Manfaat bagi Tubuh

Secara detail, manfaat air putih bagi tubuh, antara lain:

  • Menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan (sembelit) dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit dengan cara mengecilkan pori, melembabkan, dan menambah kekencangan kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran. Banyak minum air putih juga bisa dijadikan obat kencing darah akibat infeksi saluran kemih ringan atau batu saluran kemih yang berukuran kecil.

Manfaat bagi Gigi

Nah, mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya manfaat minum air turut mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut kita.

Siapa disini yang suka mengkonsumsi makanan maupun minuman yang manis-manis???

Nah, tanpa sadar kandungan gula dalam minuman dan makanan manis dapat menyebabkan kerusakan gigi. Ketika Anda makan makanan yang manis, bakteri di mulut akan mengubah gula menjadi asam.

Asam yang terus menumpuk dapat menyebabkan plak. Kemunculan plak pada akhirnya memicu berbagai masalah gigi, mulai dari bau mulut, karies gigi, gigi berlubang, dan lain sebagainya.

Disini manfaat minum air putih adalah untuk membantu membersihkan dan meluruhkan sisa makanan yang menempel di permukaan atau di sela-sela gigi dan juga membantu melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut Anda.

Produksi Air Liur Bertambah

Selain itu, ternyata air putih juga berfungsi meningkatkan produksi air liur yang diperlukan untuk melembabkan mulut, menetralkan asam yang dihasilkan oleh plak serta membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di lidah, gusi, dan pipi.

Jika tidak dihilangkan, maka semua sel tersebut akan membusuk sehingga menimbulkan bau mulut. Bahkan, ada penelitian yang menemukan bahwa kandungan enzim di dalam air liur juga dapat membantu mencegah infeksi di mulut serta kerusakan gigi.

Mencegah Mulut Kering

Dehidrasi merupakan salah satu dampak nyata dari kekurangan cairan dalam tubuh. Ketika kita mengalami dehidrasi, tubuh tentu akan memunculkan sejumlah gejala dimana salah satunya adalah mulut kering.

Kondisi mulut kering jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan bau mulut dan nafas tidak segar karena bakteri dan kuman lebih mudah bersarang dalam mulut. Dengan banyak minum air putih kondisi mulut kita akan selalu terjaga.

Memperkuat Enamel Gigi

Enamel gigi merupakan salah satu bagian dalam rongga mulut yang akan mengalami kekeringan jika kita kurang minum air putih. Enamel adalah bagian terluar dari lapisan  gigi.

Lapisan ini bertugas untuk melindungi gigi dari kerusakan sekaligus menjadi jaringan paling kuat dalam tubuh manusia. Jika lapisan terluar ini rusak, tentu saja akan berdampak pada kesehatan gigi kita.

Kesimpulan

Setelah mengetahui manfaat air putih bagi tubuh dan gigi, tentu saja kita harus selalu menjaga kebutuhan tubuh kita. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa setiap orang memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, dan aktivitas sehari-hari yang dilakukan.

Usahakan minum segelas air putih setelah menyikat gigi dan kumur, sebelum dan setelah bangun tidur. Manfaat air putih akan terasa jika kita mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. Silahkan dipraktekkan, semoga bermanfaat. (DW)

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Indonesia Website Awards