BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

5 Manfaat Menulis Blog yang Didapat Selama Setelah 13 Tahun Perjalanan

Apa sih enaknya ngeblog itu? Ga ada kerjaan apa nulis di blog? Dua pertanyaan ini pernah terbersit di benak pikiran ketika pada saat itu internet mulai masuk ke kota Pontianak, pada saat itu Blogger Borneo masih duduk di kelas 3 SMU Negeri 3 Pontianak.

Manfaat Menulis Blog

Ateng Tour and Travel menjadi lokasi pertama Blogger Borneo belajar mengarungi dunia online yang pada saat itu masih cukup langka dan mahal, untuk dapat mengaksesnya uang 10 ribu harus dipersiapkan dan disisihkan dari uang jajan harian.

Menjelang era millenium, beberapa nama brand besar seperti Friendster, Yahoo, dan Blogspot masih sangat terkenal. Namun sayang beberapa diantaranya sudah tenggelam dan tergerus oleh persaingan kompetisi di dunia maya setelah satu dasawarsa.

Mengenal dunia blog di pertengahan tahun 2009 dapat dianggap sebagai tindakan “menjilat ludah sendiri” karena sebelumnya Blogger Borneo menganggap ngeblog sebagai aktivitas yang tidak bermanfaat dan unfaedah.

Alhamdulillah seiring perjalanan ruang dan waktu, justru Blogger Borneo mendapatkan banyak manfaat dari aktivitas ngeblog yang dilakukan. Tentu saja tidak hanya MENDAPATKAN UANG karena justru banyak blogger yang “gugur” karena orientasi ini.

Akan tetapi banyak juga diantara kawan-kawan yang pada akhirnya berhasil memaksimalkan blognya sebagai sumber penghasilan utama, bahkan dalam perjalanannya mereka membuat banyak sekali blog dengan topik yang beraneka ragam.

Selama kurang lebih 13 tahun ngeblog, Blogger Borneo merasakan manfaat menulis blog antara lain sebagai berikut:

Baca Juga:   Barry Likumahuwa, Sosok Musisi Jazz Berbakat Indonesia Asal Maluku

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Jika dulu untuk menjadi seorang penulis, kita harus menjadi seorang jurnalis atau penulis cerpen, novel, dan sejenisnya. Dengan media blog, kita bisa belajar menjadi seorang penulis secara mandiri.

Dan menurut pendapat pribadi, kemampuan menulis akan cepat dapat dipelajari dengan MEMBACA karena banyak ilmu bisa kita dapatkan dari penulis buku tersebut, seperti: Gaya Bahasa, Sudut Pandang, Latar Belakang, dan sebagainya.

Dengan membiasakan diri untuk menulis di blog, maka Blogger Borneo akan terbiasa untuk membaca buku-buku dari beberapa penulis dan sumber referensi lain sebagai bahan tulisan yang akan dibuat.

2. Menambah Jaringan Pertemanan

Perkembangan teknologi informasi khususnya dibidang internet menyebabkan dunia seakan-akan tidak terbatas ruang dan waktu lagi.

Jika sebelumnya proses komunikasi masih harus dilakukan secara konvensional, maka dengan adanya online kita bisa berkomunikasi dengan sangat mudah kemanapun.

Selama kurang lebih 13 tahun beraktivitas di dunia maya, Blogger Borneo sudah pernah bersilaturahim ke beberapa kota di Indonesia dan negara tetangga seperti Malaysia, Kuching, dan Sabah.

Kesemua perjalanan tersebut Blogger Borneo dapatkan secara “istimewa” karena tidak perlu harus mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Alhamdulillah…

3. Mendapatkan Relasi Bisnis

Selain menambah jaringan pertemanan, salah satu manfaat menulis blog yang Blogger Borneo dapatkan adalah kenal dengan beberapa relasi bisnis dari luar kota Pontianak.

Ya kita ketahui sendiri salah satu dampak dari penggunaan teknologi internet adalah akan memunculkan rekam jejak digital.

Banyak diantara para pemilik bisnis di dunia sekarang menjadikan media sosial dan blog sebagai sumber referensi mereka.

Dari beberapa kali pengalaman, para pemilik bisnis tersebut mengetahui keberadaan Blogger Borneo dari blog yang dikelola karena beberapa kata kunci (keyword) berada di halaman satu pencarian.

4. Sumber Ladang Amal

Salah satu amalan yang sifatnya jariyah dan mengalir terus menerus adalah ilmu yang bermanfaat. Blogger Borneo menganggap melalui blog hal ini dapat dilakukan ketika tulisan atau artikel yang dibuat dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Oleh karena itu buatlah artikel yang sifatnya ilmu pengetahuan atau berisikan informasi bermanfaat. Jika berisikan review produk atau jasa, pastikan tidak melanggar hukum atau sifatnya ilegal.

Jangan jadikan blog sebagai media untuk mendapatkan penghasilan dari sumber atau cara yang salah.

5. Menjadi Aset Digital

Nah di poin terakhir Blogger Borneo baru menjadikan manfaat menulis blog sebagai aset digital.

Banyak tawaran-tawaran dari para agency ataupun pemilik usaha yang mengajak kerjasama untuk mempromosikan produk dan jasa mereka di blog-blog yang telah dianggap profesional, salah satu diantaranya BloggerBorneo.Com.

Alhamdulillah hingga saat ini blog yang dimiliki telah mampu menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan selain dari aktivitas Blogger Borneo sebagai seorang freelancer.

Selain aktif menulis, Blogger Borneo juga aktif di Relawan TIK Kalimantan Barat dan Consultant Partner Zahir Accounting.

Baca Juga:   Johnny Winter, Satu Diantara 100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dijabarkan ketika Blogger Borneo menjalani lebih dari satu dasawarsa berkecimpung dalam dunia kepenulisan di media blog.

Namun untuk menjadi motivasi awal sepertinya sudah memenuhi persyaratan untuk dapat menjadi seorang blogger profesional yang dapat menghasilkan.

Insya Allah jika dijalankan secara ikhlas dan konsisten, blog yang dikelola dapat menjadi salah satu, salah dua, atau bahkan salah tiga sumber rezeki kawan-kawan sekalian.

Kuncinya disini adalah KONSISTEN membuat tulisan-tulisan yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain sehingga akan selalu mendapat kunjungan.

Dan jika kita sedang tidak sempat untuk melakukan update blog dikarenakan adanya kesibukan sehingga waktunya berbenturan dengan aktivitas lain, maka kita bisa menggunakan jasa pihak ketiga seperti Artikel.co.id.

Semoga tulisan mengenai pengalaman Blogger Borneo ini dapat memberikan manfaat dan motivasi bagi siapa saja yang membacanya. Amin… (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More