Home Daerah Melihat Manfaat Blog sebagai Salah Satu Media Pembelajaran

Melihat Manfaat Blog sebagai Salah Satu Media Pembelajaran

Seminar One Blog One Teacher di Pontianak Tahun 2011
Image: Dok. Panitia

Mungkin demikian intisari dari materi yang dipresentasikan oleh salah seorang praktisi e-learning yang ada di Kalimantan Barat yaitu Mbak Desy Khairani dalam seminar “Blog sebagai Media Pembelajaran” yang terselenggara berkat kerjasama antara event organizer Pro Education dengan Telkom Speedy Cabang Kalimantan Barat. Jika kita perhatikan, media blog dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran yang cukup efektif.

Kegiatan seminar Blog sebagai Media Pembelajaran ini dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2011 dengan mengambil tempat di Aula Rumah Dinas Wakil Walikota Pontianak.

Saya sendiri di kesempatan ini berperan menjadi “moderator dadakan” dimana tawaran untuk menjadi moderator seminar tersebut baru saya terima satu hari sebelumnya. Secara tidak sengaja pada saat online saya dihubungi oleh Supriadi yang merupakan sahabat saya di dunia perbloggeran Pontianak, kebetulan dia adalah ketua kegiatan seminar tersebut.

SEMINAR ONE BLOG ONE TEACHER

Untung saja saya tidak memiliki jadwal khusus untuk esok hari sehingga saya bisa memenuhi permintaan sahabat saya tersebut. Dengan berbekal agenda acara yang diberikan via email, saya mulai mempersiapkan diri untuk membawakan acara seminar yang audience-nya berasal dari guru-guru sekolah yang ada di Pontianak dan sekitarnya.

Ada tiga sesi materi yang mengisi kegiatan seminar ini, antara lain:

Sesi Pertama : Materi mengenai “One Blog One Teacher” yang dibawakan oleh Bapak Bheri Priyo Hartanto (GM PT. Telkom Cabang Pontianak). One Blog One Teacher adalah nama program yang dibuat oleh Telkom Indonesia, Adira Finance, dan Axioo Indonesia sebagai salah satu upaya mereka untuk menciptakan “GURU BEBAS GAPTEK” dengan memberikan kesempatan kepada setiap guru sekolah yang ada untuk dapat memiliki sebuah laptop sebagai media pembelajaran mereka dengan fasilitas angsuran yang sangat rendah.

Seminar Blog Sebagai Media Pembelajaran di Pontianak Tahun 2011
Image: Dok. Panitia

Sesi Kedua : Materi mengenai “Blog sebagai Salah Satu Langkah Optimalisasi Pembelajaran Berbasis E-Learning dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan” yang dibawakan oleh Mbak Desy Khairani (Praktisi E-Learning sekaligus Guru Blog di SMU Mujahidin Pontianak).

Disini Mbak Desy bercerita mengenai pengalamannya terjun kedalam dunia perbloggeran dan bagaimana memanfaatkan media blog tersebut sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan. Menurutnya, dengan blog akan membuat para siswa/i nya lebih aktif dan bersemangat dalam mengerjakan semua tugas-tugasnya.

POTENSI BLOG SEBAGAI MEDIA E-LEARNING

Sesi Ketiga : Materi mengenai “Potensi Blog sebagai Media E-Learning” yang dibawakan oleh Supriadi (Perwakilan dari Pro Education Pontianak). Mantan instruktur di salah satu lembaga pendidikan bahasa inggris yang ada di Pontianak ini memberikan penjelasan tentang salah satu fungsi blog sebagai media e-learning. Dengan blog, semua materi pendidikan yang dimuat dapat dengan mudah diakses oleh siapapun dan dibelahan dunia manapun.

Suasana lebih terasa interaktif begitu sesi tanya jawab diberikan, masing-masing peserta dengan antusias mengajukan pertanyaan seputar materi yang telah diberikan. Tidak terasa waktu telah beranjak siang, sudah saatnya masuk dalam acara inti pada hari itu yaitu MAKAN SIANG. Hehehe… Untuk sejenak para panitia, narasumber, maupun peserta sibuk dengan kotak konsumsi yang telah dipersiapkan.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi terakhir yaitu melakukan re-registrasi terhadap para guru yang hadir, hal ini terkait dengan kegiatan workshop blog lanjutan yang akan diselenggarakan di Broadband Learning Centre Telkom Pontianak. Di sesi penutup, saya selaku moderator seminar memberikan kesimpulan akhir dari semua materi yang telah diberikan. Diharapkan kedepannya seminar-seminar seperti ini dapat terus terlaksana secara rutin dan berkelanjutan. (DW)