BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Mengenal Sosok Edi Kamtono, Calon Kuat Wali Kota Pontianak 2024

Meskipun tahun 2024 masih lama, namun tidak terasa waktu akan terus bergulir hingga pada saatnya tiba. Dan memang bagi siapa saja yang akan maju dalam pertarungan pemilihan Wali Kota Pontianak nanti, persiapan sudah bisa dilakukan dari sekarang.

Profil Edi Kamtono

Jika ditanya mengenai siapa calon kuat Wali Kota Pontianak 2024, secara pribadi Blogger Borneo akan menjawab Edi Rusdi Kamtono karena statusnya adalah petahana.

Meskipun jika diperhatikan mungkin ada sosok lain yang akan menjadi pesaing dalam proses pemilihan nantinya, namun setidaknya Beliau diuntungkan dengan statusnya tersebut.

Edi Kamtono, atau secara lengkap bisa ditulis Edi Rusdi Kamtono, merupakan Wali Kota Pontianak terpilih periode 2018-2023 menggantikan Sutarmidji yang naik jabatan menjadi Gubernur Kalimantan Barat saat ini.

Sekilas jika melihat profilnya, Edi Kamtono memiliki kemiripan dengan Ridwan Kamil. Sama-sama jebolan jurusan teknik, hanya berbeda spesifikasi bidang ilmu saja antara Teknik Sipil dengan Teknik Arsitektur.

Mengawali karir di pemerintahan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 1992, Edi Kamtono pada akhirnya berhasil menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak setelah sebelumnya menjadi PJ pada tahun 2005.

Karir Melejit Cepat

Di tahun 2013, secara mengejutkan Edi Kamtono digandeng oleh Wali Kota Pontianak Sutarmidji untuk menjadi Wakil Wali Kota Pontianak menggantikan sosok sebelumnya di periode pertama kepemimpinannya.

Melihat sepak terjangnya sebagai Wakil Wali Kota Pontianak cukup cemerlang di masa jabatannya, Edi Kamtono kemudian memutuskan untuk maju menjadi calon kuat Wali Kota Pontianak periode 2018-2023.

Kebetulan pada saat itu, H. Sutarmidji, S.H, M.Hum sudah tidak bisa maju lagi dikarenakan sudah dua periode menjabat sebagai orang nomor satu di kota Pontianak.

Latar Belakang Pendidikan

Ir. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT, lahir di Pontianak, Kalimantan Barat, 17 Oktober 1963 dari pasangan H. Buskamnoor dan Hj. Rukiyah.

Berikut ini merupakan latar belakang pendidikannya, antara lain:

  • SD Negeri 03 Pontianak Tahun 1975.
  • SMP Negeri 3 Pontianak Tahun 1979.
  • SMA Negeri 6 Bandung Tahun 1983.
  • S1 Universitas 11 Maret Surakarta, Jurusan Teknik Arsitektur Tahun 1990.
  • S2 Universitas Tanjung Pura Pontianak Jurusan Manajemen Tahun 2002.
  • S2 Universitas Tanjung Pura Pontianak Teknik Sipil Tahun 2008.

Jenjang Karir

Selama menjadi ASN, jenjang karir Edi Kamtono dapat dilihat sebagai berikut:

  • Staf Dinas Pekerjaan Umum Kodya Pontianak.
  • Plt Kasi Jalan, Jembatan dan Gedung daerah, Dinas Pekerjaan Umum Kodya Pontianak.
  • Kasi Jalan dan Jembatan dan Gedung Daerah, Dinas Pekerjaan Umum Kodya Pontianak.
  • Kasi Jalan dan Jembatan, Dinas Prasarana Kota Pontianak.
  • Plt Ka Sub Din Jalan dan Jembatan, Dinas Prasarana Kota Pontianak.
  • Pj Ka Sub.Din Jalan dan Jembatan, Dinas Prasarana Kota Pontianak.
  • Pj Kepala Dinas Dinas Pekerjaan umum Kota Pontianak.
  • Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak.
  • Wakil Wali Kota Pontianak.
  • Wali Kota Pontianak.

Riwayat Politik

Mengenai partai politik yang diikuti, Edi Kamtono untuk saat ini menjabat sebagai Bendahara DPD Partai Gerindra Kalbar dari tahun 2016 sampai sekarang.

Berkat dukungan dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Prabowo Subiakto melalui Surat Keputusan Persetujuan nya, pasangan Edi Kamtono dan Bahasan masuk sebagai pasangan calon pada saat itu.

Ir. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT, menikah dengan Dra. H. Yanieta Arbiastutie, Msc. Apt dan memilili tiga orang anak, yaitu: M. Irfan Oktodiar, Reyhan Pradipta dan Farrel Andita.

Peluang Terpilih

Sepertinya jika melihat dengan apa yang telah dilakukan pada masa kepemimpinan periode pertamanya sebagai Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono masih memiliki peluang besar untuk terpilih kembali.

Hanya saya, dalam proses pemilihannya nanti tentu saja semuanya akan berjalan seperti pada umumnya. Hingga saat ini sebenarnya sudah tampak beberapa sosok yang akan maju sebagai calon Wali Kota Pontianak 2024. Tinggal lihat nanti jadi maju atau tidak.

Baca Juga: Andi Dirgham Charnova

Sebenarnya Blogger Borneo tidak terlalu mengambil peduli dengan siapa yang akan menjadi calon kuat Wali Kota Pontianak 2024 nanti, hanya saja jika diperhatikan sepertinya isu ini cukup menarik untuk diulas.

Demikian tulisan mengenai sosok Edi Rusdi Kamtono dari sudut pandang personal. Blogger Borneo membuka kesempatan juga bagi kawan-kawan yang ingin mengajak diskusi positif seputar isu Pemilihan Kepala Daerah Kalimantan Barat Periode 2024-2029. (DW)

Referensi:

  • https://www.pontianakkota.go.id/pemerintahan/profil-walikota
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Edi_Rusdi_Kamtono
  • https://gencil.news/berita-kalbar/kota-pontianak/dapat-dukungan-dari-gerindra-edi-kamtono-kantongi-cukup-kursi-di-dprd/

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More