Pelajari Jenis-Jenis Hosting Terlebih Dahulu Sebelum Membeli

Pastinya sebelum membeli hosting untuk kebutuhan bisnis anda. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu, mengenali dan memahami kebutuhan untuk hosting yang akan anda beli. Hal ini penting untuk kita ketahui, dengan mengetahui jenis-jenis hosting tersebut kita dapat dengan mudah memilih jenis paket hosting saat kita akan membeli hosting untuk situs web anda.

Sebelum ke penjelasan. Bisa jadi jenis hosting dibawah ini telah tersedia di penyedia jasa, ada juga yang tidak. Namun, di IDwebhost menyediakan platform ini jika dibutuhkan. Marilah kita simak yuk, apa saja jenis-jenisnya. Jenis-jenis hosting yang perlu kita pahami dan ketahui yaitu :

Shared Hosting

Shared hosting adalah istilah yang kita gunakan untuk layanan web hosting di mana beberapa situs berbagi sumber daya dari web server yang besar. Shared host merupakan jenis pilihan yang termurah dan terjangkau dari web hosting lainnya seperti VPS atau Dedicated Server. Di sini banyak penyedia layanan webhosting yang menawarkan paket shared host atau cloudhosting dengan harga yang sangat terjangkau berkisar antara $1 per bulan dan juga $6 per bulan. Nah karena harganya yang terjangkau, jenis ini cukup ideal bagi anda yang memiliki usaha kecil, blog pribadi, dan website portofolio.

Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan jenis hosting teknologi terbaru yang mungkin belum dapat kita temui pada penyedia layanan lainnya. Nah cloud host sendiri adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi awan yang memiliki kecepatan yang lebih baik dan lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja tetapi juga menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai daerah dan berbagai negara.

Maka dari itu, hal inilah yang menjadikan cloud host terbukti lebih aman dan menjadi pilihan utama karena jika satu server tidak berjalan maka server lain akan menggantikan. Luar biasa bukan? Cloud host juga menjelaskan metode dalam mengkonfigurasi server dalam berbagai cara yang fleksibel untuk memungkinkan kinerja web yang paling terjangkau, terstandar dan terukur, serta dapat diandalkan dalam infrastruktur situs yang dibangun.

Perlu diketahui bahwa hosting awan sedikit memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan paket shared host, dan juga ada biaya yang dikenakan tergantung pada seberapa sumber daya yang anda gunakan, Nah perlu diingat layanan ini cocok bagi situs anda yang seantiasa berkembang setiap waktu dan juga menggunakan hosting awan tentunya sangat mudah saat membutuhkan sumber daya yang lebih besar.

Apa itu WordPress Hosting ?

WordPress Hosting adalah layanan atau sebuah jenis hosting yang di bangun khusus untuk menjalankan web dengan platform WordPress (WP). Nah WP merupakan platform website terpopuler dan menguasai seluruh jenis platform yang ada sekarang ini. Maka dari itu banyak jasa layanan hosting kemudian membangun server mereka khusus yang diperuntukkan kepada para user WP dan juga perusahaan host contohnya Bluehost yang mempunyai paket hosting khusus untuk menjalankan WordPress dengan WooCommerce.

Salah satu kelebihan menggunakan jenis ini dibandingkan dengan lainnya yaitu saat anda menjalankan WP adalah pada sisi server yang sudah di optimalkan secara khusus agar WP bisa berjalan dengan baik. Beberapa manfaatnya yaitu :

  1. Anda bisa meng-update situs otomatis atau WP.
  2. Ada fitur Backup harian atau mingguan otomatis.
  3. Dalam prosesnya, ada pengoptimalan kecepatan yang terpasang melalui jaringan caching dan CDN.
  4. Memiliki Mekanisme keamanan terintegrasi yang dioptimalkan untuk WP.
  5. Adanya optimasi database built-in untuk WP.

Dan masih banyak lainnya. Yang perlu diketahui bahwa harga hosting jenis Managed WP memang lebih mahal dibandingkan dengan shared hos dan bisa setara dengan harga VPS hosting. Anda tertarik mencoba?

Mengenal VPS Hosting

VPS (Virtual Private Server) hosting. Dimana VPS menawarkan mesin virtual untuk pelanggan. Adanya konsep virtualisasi mirip dengan shared host. Maksudnya yaitu dalam satu komputer server dapat mempunyai beberapa situs yang berjalan di atasnya. Tetapi hal yang perlu ditekankan, teknologi tersebut dapat memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi dan sistem operasi (OS).

Sebagai contoh: Dalam lingkungan dan lingkaran sharedhosting, semua klien berbagi sumber daya dari komputer sama. Kebanyakan penyedia layanan sharedhosting memiliki skrip atau system coding yang membatasi sumber daya masing-masing pelanggan, sehingga tidak ada satu pelanggan yang menggunakan semua sumber daya. Dalam hal ini, pelanggan tidak dijamin sumber daya komputasi yang dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu tergantung pada berapa banyak pelanggan yang menggunakan sumber daya pada saat yang sama.

Dalam pandangan lain, VPS host sendiri dapat menjamin sumber daya yang tersedia untuk pelanggan dengan menggunakan teknologi virtualisasi. Hal ini memberikan pelanggan dengan lingkungan hosting yang jauh lebih stabil dengan sedikit atau tidak ada fluktuasi sumber daya yang tersedia.

Bila anda pernah menggunakan program seperti Microsoft Virtual PC, VMWare Player, workstation, dan lainnya. Maka anda telah menggunakan konsep yang sama pada komputer tersebut. Perangkat lunak tersebut memungkinkan kita untuk melakukan hal yang sama pada komputer pribadi kita dengan memungkinkan kita untuk “jadi” menjalankan lingkungan OS lain di atas salah satu yang sudah diinstal.

Kebanyakan orang menggunakan teknologi ini pada komputer pribadi terutama untuk test atau untuk menjalankan software dan website di lingkungan yang berbeda tanpa mengelurkan biaya untuk membeli komputer baru. Kemudian VPS Hosting sangat disarankan juga kepada anda yang memiliki traffic yang tinggi pada webnya, terutama yang berprofesi sebagai blogger.

Mengenal Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah sebuah paket web hosting yang menyediakan resource server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk pelanggan yang bersifat tunggal. Maksudnya Dedicated host ini ideal untuk web WP dengan jumlah pengunjung yang sangat besar sekali. Nah, banyak juga Penyedia Layanan WP host yang menawarkan Hosting Dedicated Plan Shared dengan VPS host Plan.

Misalnya nih, dalam rencana sharedhosting, pelanggan berbagi komputer dengan banyak pelanggan lain. Dalam kasus hosting VPS plan, Pelanggan berbagi mesin tetapi bukan sumber daya dengan pelanggan lain pada komputer yang sama. Disisi lain, rencana hosting khusus pelanggan yang menyewa seluruh server dengan semua sumber dayanya. Perusahaan webhosting menawarkan paket yang berbeda untuk Dedicated hosting. Harga juga didasarkan pada pilihan pelanggan pada hardware dan alokasi sumber daya.

Dedicated hosting sangat cocok untuk organisasi besar atau situs dengan traffic yang sangat besar, misalnya seperti perusahaan media online, startup dengan banyak pelanggan. Di Dedicaterd Server klien mendapatkan kontrol penuh dari server yang memungkinkan mereka untuk mengkonfigurasinya untuk memenuhi kebutuhannya.

Selain itu juga tersedia dalam bentuk managed dan unmanaged, dimana pusat hosting dapat mengelola server untuk pelanggan dalam kasus masalah. Dedicated server Managed umumnya harganya lebih mahal. Harga ini juga dipengaruhi oleh jumlah sumber daya yang dibutuhkan seperti bandwidth, ruang penyimpanan, dan jumlah RAM.

Biaya tambahan untuk dedicated server juga termasuk beberapa paket perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan server. Lalu anda perlu tahu nih, perangkat lunak tersebut dapat mencakup lisensi untuk OS Windows. Kita bisa menambahkan beberapa layanan tambahan untuk server anda dengan kustom yang sesuai yang diinginkan. Jadi sekarang anda sudah tahu nih memilih hosting cocok yang mana ?