Blogger Borneo Network
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Penasaran Lihat Daging Sapi Harga 18 Juta Per Kilo Disini

Pengalaman menjadi bagian dari salah satu perusahaan distributor daging beku di Kalimantan Barat, Blogger Borneo pernah mendapat cerita dari pemilik perusahaan tersebut bahwa ada daging sapi yang harga jualnya sampai menyentuh angka jutaan rupiah per kilogram.

Daging Sapi Harga 18 Juta Per Kilo

Sebelum lanjut mengenai cerita daging sapi harga 18 juta per kilogram, Blogger Borneo ingin berbagi informasi dulu mengenai definisi dari daging sapi itu sendiri dan bagaimana pasaran salah satu jenis komoditi andalan Indonesia ini.

Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari binatang sapi. Banyak orang di seluruh dunia menyukai daging sapi karena rasanya yang lezat dan kaya akan protein. Daging sapi juga mengandung zat besi, vitamin B12, dan zink yang penting bagi kesehatan.

Akan tetapi, jangan lupa juga untuk diperhatikan bahwa daging sapi juga mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi daging sapi dengan moderasi.

Terdapat berbagai jenis sapi di dunia yang digunakan untuk berbagai tujuan, seperti produksi daging, susu, dan kerajinan. Beberapa jenis sapi yang populer di dunia antara lain:

  1. Sapi Perah: digunakan untuk produksi susu. Contohnya adalah sapi Holstein-Friesian yang sangat populer di Amerika Utara dan Eropa.
  2. Sapi Potong: digunakan untuk produksi daging. Contohnya adalah sapi Angus, Hereford, dan Brahman yang populer di Amerika Utara dan Australia.
  3. Sapi Kerbau: digunakan sebagai binatang kerja dan sumber daging dan susu. Contohnya adalah sapi kerbau Bali yang populer di Indonesia.
  4. Sapi Lebaran: digunakan sebagai binatang perayaan di sebagian besar negara di dunia, contohnya adalah sapi lebaran India yang populer di India dan Pakistan
  5. Sapi Wagyu: digunakan untuk produksi daging yang dianggap istimewa dan mahal karena rasanya yang lezat dan tekstur daging yang lembut, sapi ini berasal dari Jepang
Baca Juga:   Aplikasi STRONGBEE Memberikan Layanan Gaya Hidup Sehat Tanpa Harus Ribet

Itu hanyalah beberapa contoh dari jenis sapi yang ada di dunia. Ada banyak jenis sapi lainnya yang digunakan untuk berbagai tujuan.

Sapi atau Kerbau???

Jika melihat kondisi nyata di lapangan, jumlah peredaran daging kerbau justru lebih besar daripada daging sapi. Itupun rata-rata daging sapi yang dijual merupakan daging beku impor resmi dari Australia, Brazil, dan Spanyol. Sedangkan untuk daging kerbau diimpor oleh BULOG dari India.

Sapi kerbau adalah jenis sapi yang digunakan untuk berbagai tujuan, seperti produksi daging, susu, dan kerajinan. Sapi kerbau dikenal karena tingginya daya tahan dan kekuatannya dibandingkan dengan sapi jenis lain.

Sapi kerbau juga digunakan sebagai binatang kerja di beberapa negara, seperti untuk menarik kereta atau untuk mengangkut barang. Beberapa jenis sapi kerbau yang populer di dunia antara lain:

  1. Sapi Kerbau Bali: jenis sapi kerbau yang berasal dari Bali, Indonesia. Sapi ini dikenal karena keindahan dan keunikan bentuk tubuhnya, serta digunakan dalam ritual-ritual agama di Bali.
  2. Sapi Kerbau Zebu: jenis sapi kerbau yang berasal dari India dan Pakistan. Sapi ini digunakan sebagai binatang perayaan di beberapa negara, serta digunakan untuk produksi daging dan susu.
  3. Sapi Kerbau Afrika: jenis sapi kerbau yang berasal dari Afrika. Sapi ini digunakan sebagai binatang kerja dan sumber daging.
  4. Sapi Kerbau Banteng: jenis sapi kerbau yang berasal dari Asia Tenggara. Sapi ini digunakan sebagai binatang kerja dan sumber daging dan susu.
Baca Juga:   Abang Apple, Local Brand Pertama Apple Store Pontianak
Daging Sapi Wagyu
Image: jd.id/news

Manfaat Daging Sapi

Daging sapi mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, beberapa manfaat dari daging sapi antara lain:

  1. Protein: Daging sapi mengandung protein yang tinggi, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh.
  2. Zat besi: Daging sapi mengandung zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan darah dan mencegah anemia.
  3. Vitamin B12: Daging sapi mengandung vitamin B12 yang penting untuk fungsi syaraf dan pembentukan darah.
  4. Zink: Daging sapi mengandung zink yang penting untuk menjaga sistem imun dan pertumbuhan sel.
  5. Lemak sehat: Beberapa jenis daging sapi seperti daging sapi wagyu mengandung lemak sehat yang dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung.
  6. Daging sapi juga mengandung vitamin B3, B6, B9, B12, dan mineral seperti magnesium, kalsium, potassium, selenium dan lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa daging sapi juga mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi daging sapi dengan moderasi dan mengimbanginya dengan makanan lain yang sehat.

Daging Sapi Wagyu

Sapi Wagyu adalah jenis sapi yang berasal dari Jepang. Daging sapi Wagyu dianggap sebagai salah satu daging yang paling istimewa dan mahal di dunia karena rasanya yang lezat dan tekstur daging yang lembut. Sapi Wagyu dikenal karena tingginya kandungan lemak marbling yang melekat pada dagingnya, yang memberikan rasa yang kaya dan lezat saat diolah.

Baca Juga:   5 Benefits of Purwoceng You Need to Know

Sapi Wagyu dikembangkan di Jepang selama berabad-abad dan dijaga dengan sangat baik oleh peternak di Jepang. Seiring dengan permintaan global yang meningkat, sapi Wagyu sekarang juga dibesarkan di berbagai negara lain seperti Australia, Amerika Serikat, dan Argentina.

Namun, sapi Wagyu yang dibesarkan di luar Jepang harus memenuhi standar yang sama dengan sapi Wagyu asli Jepang agar dapat dinamakan sebagai sapi Wagyu.

Sapi Wagyu dijual dalam bentuk daging mentah atau diolah dengan berbagai cara seperti steak, sushi, atau barbecue. Harga daging sapi Wagyu yang mahal karena jumlah sapi yang terbatas, standar yang ketat dan proses pemeliharaan yang rumit.

Harga Wagyu Indonesia

Harga daging sapi Wagyu dianggap cukup mahal dibandingkan dengan daging sapi jenis lainnya. Hal ini karena jumlah sapi Wagyu yang tersedia relatif terbatas dan proses pemeliharaan yang rumit. Harga daging sapi Wagyu juga dipengaruhi oleh kualitas daging, tingkat marbling, dan jenis potongan daging.

Harga daging sapi Wagyu bervariasi tergantung pada negara dan tempat penjualan. Di Jepang, harga daging sapi Wagyu berkisar antara $50-$200 per pound, atau lebih dari $100 per 100 gram. Sedangkan di Amerika Serikat, harga daging sapi Wagyu berkisar antara $20-$80 per pound.

Itu hanyalah harga rata-rata, daging sapi wagyu yang dianggap kualitas premium bisa mencapai harga yang sangat tinggi, bahkan di atas $1000 per pound atau $450 per 100 gram.

Sebagai catatan, harga daging sapi Wagyu dapat berubah-ubah tergantung pada kondisi pasar dan permintaan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More