5 Penginapan Murah di Jakarta Harga Dibawah 200 Ribu Per Malam

Sebagai salah seorang blogger yang terkadang harus melakukan perjalanan ke Ibukota, kebutuhan akan info mengenai penginapan murah di Jakarta sangatlah dibutuhkan. Oleh karena itu, di smartphone Blogger Borneo sudah terinstal beberapa aplikasi yang memudahkan dalam melakukan pencarian.

Jika dulu untuk mencari penginapan murah di Jakarta cukup sulit dikarenakan sangat sedikitnya informasi yang tersedia secara online, tidak demikian untuk saat ini. Seiring perkembangan teknologi, khususnya dibidang layanan jasa dan startup, sekarang sudah bisa dirasakan bagaimana sangat begitu mudahnya melakukan pencarian informasi hanya melalui aplikasi-aplikasi yang tersedia via Android ataupun iOS.

Sejak 2010, Blogger Borneo sudah sering berkunjung ke Ibukota dalam misi yang berbeda-beda. Dan sejak saat itu hingga sekarang sangat terasa perbedaan ketika ingin mencari informasi khususnya mengenai lokasi penginapan murah di Jakarta. Ya kita tahu sendiri dulu yang memiliki website hanyalah hotel-hotel berbintang dengan tarif kamar per malam minimal 500 ribu rupiah, sedangkan bagi kalangan backpacker masih agak kesulitan untuk mencari informasi penginapan murah karena akses online yang sangat terbatas.

Sekarang, dengan adanya aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Agoda.Com dan lain-lain, para pemilik penginapan murah di Jakarta tidak perlu capek-capek lagi membuat website dan sejenisnya. Mereka cukup memasukkan data-data lengkap mengenai lokasi dan fasilitas yang dimiliki disertai dengan harga sewa per malamnya di aplikasi tersebut sehingga para backpacker bisa langsung mengakses dan memesannya secara online.

PENGINAPAN MURAH DI JAKARTA

Untuk pertama kalinya, Blogger Borneo menggunakan aplikasi berbasis Android miliknya Agoda.Com untuk mencari lokasi penginapan yang murah, bagus, nyaman, dan tentu saja memiliki lokasi strategis. Bicara mengenai lokasi strategis, tentu saja kita bicara mengenai tujuannya selama ke Jakarta akan kemana saja. Nah, karena tujuan Blogger Borneo adalah liburan bersama keluarga, maka dicarilah lokasi penginapan yang ada di kawasan Jakarta Kota biar lebih dekat ke kawasan Taman Impian Jaya Ancol dan Sea World.

1. Newton Residence

Periode Menginap: 24 November – 1 Desember 2017

Alamat: Jl. Petojo Utara 7 No.8, Jakarta, Indonesia 11470

Tarif Per Malam: Rp. 182.081,-

Penginapan Murah Jakarta - Newton Residence
Image: Dok. Pribadi

Setelah mencari-cari melalui aplikasi Agoda.Com, akhirnya pilihan jatuh ke Newton Residence. Dari beberapa pilihan yang ada, Blogger Borneo memilih penginapan ini karena bersih, aman, dan tentu saja nyaman bagi keluarga.

Lokasinya cukup strategis karena sangat dekat dengan masjid dan didepannya terdapat warung makan dan kios yang buka sampai malam, jadi jangan kuatir mengenai konsumsi. Untuk fasilitas kamarnya cukup lengkap, AC nya cukup dingin, ada televisi, dan bisa akses internet dengan kecepatan standar.

Jika mau ke Taman Impian Jaya Ancol dan Sea World, jangan kuatir terkena macet karena rute perjalanannya tidak melewati jalur padat Ibukota. Cukup dekat juga dengan kawasan Kota Tua Jakarta dan Thamrin City. Alhamdulillah selama kurang lebih 7 hari bermalam di Newton Residence bersama keluarga, tidak ada kendala yang dihadapi. Selama berada disini 2 botol mineral, kopi, gula, susu, dan sikat gigi serta pastanya selalu tersedia. Terdapat juga alat pemanas air listrik sehingga bisa bikin kopi atau teh kapan saja.

2. RedDoorz Plus @Glodok Plaza

Periode Menginap: 13 – 15 Desember 2017

Alamat: Jl. Pinangsia Raya Nomor 1, Jakarta, Indonesia 11180

Tarif Per Malam: Rp. 166.090,-

Penginapan Murah Jakarta - RedDoorz Plus Glodok Plaza
Image: Dok. Pribadi

Tak lama setelah kembali dari sesi liburan bersama keluarga, kurang lebih 2 minggu kemudian Blogger Borneo kembali berangkat ke Ibukota. Pada perjalanan kali ini dipilihlah RedDoorz Plus @Glodok Plaza. Tidak seperti perjalanan sebelumnya bersama keluarga dimana harus benar-benar seleksi dalam memilih tempat, pada kesempatan ini Blogger Borneo sengaja memilih yang paling murah dipilih pada saat itu. Pilihan pun jatuh ke salah satu penginapan murah di Jakarta ini.

Sesuai namanya, lokasi penginapan ini memang benar-benar berada di kawasan Glodok Plaza Lantai 3. Karena masih berada dalam satu kawasan, maka jangan kuatir dengan keamanannya karena 24 jam terjaga. Akan tetapi, untuk situasi dan kondisi agak kurang nyaman karena ketika malam sayup-sayup suara dentuman musik dari tempat karaoke yang jaraknya sangat berdekatan. Yang pasti RedDoorz Plus @Glodok Plaza tidak direkomendasikan untuk menginap bersama keluarga.

Dan satu lagi, disini hanya disediakan 2 botol air mineral 600 ml dan perlengkapan mandi. Sedangkan untuk teh, kopi, dan gula tidak disediakan apalagi mesin pemanas air listrik. Untuk akses internet, lumayan tapi lihat waktu juga untuk menggunakannya. Ya sesuai harganya lah. Tapi Alhamdulillah selama menginap disini, tidak ada kendala yang begitu berarti.

3. Hotel Belvena

Periode Menginap: 15 – 16 Desember 2017

Alamat: Jl. Mangga Besar V No.49A, Jakarta, Indonesia 11180

Tarif Per Malam: Rp. 183.737,-

Penginapan Murah Jakarta - Hotel Belvena
Image: Dok. Pribadi

Penambahan waktu menginap di Jakarta membuat Blogger Borneo harus mencari kembali penginapan murah di Jakarta di malam ketiga setelah sebelumnya menginap di RedDoorz Plus @Glodok Plaza. Karena memang niat awalnya ingin menambah pengalaman mencoba penginapan murah yang belum pernah dirasakan, maka Blogger Borneo kembali lagi mencari melalui aplikasi Agoda.Com. Dari beberapa alternatif pilihan, dipilihlah Hotel Belvena.

Jarak antara kedua penginapan ini tidak terlalu jauh karena prioritas pencarian di aplikasi pada saat itu berdasarkan radius jarak terdekat. Kondisi kamar agak sedikit pengap dan televisi yang ada di kamar masih versi tabung. Kelebihannya ada pada kamar mandi terdapat bathtub namun ukuran kamar mandinya sangat ngepas sekali. Akses internet pada saat menginap sama sekali tidak bisa digunakan.

4. RedDoorz Plus Near Dharmawangsa

Periode Menginap: 24 – 25 Januari 2018

Alamat: Jl. Lobak III No.8, Pulo Kebayoran Baru, Jakarta, Indonesia 12000

Tarif Per Malam: Rp. 173.358,-

Penginapan Murah Jakarta - RedDoorz Plus Near Dharmawangsa
Image: Dok. Pribadi

Menginap satu malam disini ketika habis bertemu dengan para sahabat di kawasan Cikini. Karena kemalaman maka melalui aplikasi langsung mencari tempat penginapan di kawasan sekitar, dipilihlah RedDoorz Plus Near Dharmawangsa. Lokasi kurang strategis karena masih masuk ke dalam gang, tapi kondisi penginapan masuk dalam kategori murah, bersih, nyaman, dan aman. Melewati satu malam disini dengan cukup nyenyak. Pagi harinya tidak terlalu sulit untuk mencari sarapan karena ada beberapa warung kecil berjualan di depan gangnya.

Pada dasarnya RedDoorz Plus Near Dharmawangsa ini adalah sebuah guest house berlantai 2 yang biasa menjadi tempat penginapan sementara bagi para peserta pelatihan-pelatihan dari luar kota. Lingkungannya cukup tenang dan jauh dari keramaian Ibukota.

5. RedDoorz Plus Near Ambassador Mall

Periode Menginap: 19 – 20 Februari 2018

Alamat: Jl. Prof. Dr. Satrio No.248 RT 01/ RW 06, Jakarta, Indonesia 12940

Tarif Per Malam: Rp. 165.937,-

Penginapan Murah Jakarta - RedDoorz Plus Near Ambassador Mall
Image: Dok. Pribadi

Nah, tempat penginapan murah di Jakarta ini paling terakhir Blogger Borneo tempati pada bulan lalu. Pada saat itu, Blogger Borneo habis datang berkunjung ke acara salah seorang kawan yang penyelenggaraanya dilaksanakan di JSC Hive Working Space. Karena kondisi pada saat itu sedang hujan gerimis, dimana waktunya sudah agak malam, maka dicarilah tempat penginapan murah yang ada disekitar situ. Alhamdulillah dapatlah RedDoorz Plus Near Dharmawangsa.

Tidak butuh waktu lama untuk mencapainya, sekitar 10 menit berjalan kaki. Begitu sampai di depan pintu gerbang Blogger Borneo sempat ragu akan kondisi tempatnya. Tapi begitu masuk kedalam, ternyata kondisi penginapannya cukup lumayan. Mendapat kamar di lantai 3 dan jendela menghadap luar membuat Blogger Borneo bisa melihat pemandangan suasana lingkungan sekitar di pagi harinya. Tidak sulit untuk mencari makan karena disekitar ada beberapa penjual makanan.

Oh iya, satu lagi. Untuk mekanisme pembayaran selama ini Blogger Borneo menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Kartu Jenius BTPN karena lebih mudah dan cepat. Kelebihan menggunakan layanan aplikasi Agoda.Com adalah kita akan memperoleh poin dalam jumlah tertentu yang nantinya jika terkumpul bisa digunakan sebagai potongan pembayaran.

Demikian tulisan mengenai pengalaman Blogger Borneo ketika mencoba menggunakan jasa layanan penginapan murah di Jakarta via aplikasi dari Agoda.Com. Dan sebenarnya untuk mencari informasi sekarang ini sudah cukup mudah, tinggal buka aplikasi Android atau iOS dan lihat lokasi dalam radius terdekat. Jadi patokan murah atau mahal itu tergantung lagi dengan lokasi dimana penginapan tersebut berada. Meskipun murah, tapi jika kondisinya jauh dari tujuan juga pada akhirnya akan menjadi lebih mahal karena ongkos transportasinya. Semoga tulisan ini bermanfaat. (DW)

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More