Penikmat Kopi Wajib Baca, Kedai Kopi Ini Ada Sejak Jaman Kolonial

Sebagai salah satu minuman yang sangat disukai, kopi juga punya sejarah panjang di Indonesia. Kedai kopi yang melegenda jadi salah satu saksi kalau kopi ini memang menjadi minuman favorit sejak ratusan tahun lalu.

Penikmat Kopi Wajib Baca, Kedai Kopi Ini Ada Sejak Jaman Kolonial – Dari sabang sampai merauke Indonesia ada beberapa kedai kopi yang masih mempertahankan ketenarannya. Meski melewati zaman ke zaman keda-kedai sederhana ini tetap menyajikan racikan kopi unggulannya. Kopi yang diseduh langsung tanpa campuran saat dipesan aromanya selalu bikin orang pengen balik lagi ke kedai tersebut.

Berikut ini adalah beberapa kedai kopi yang melegenda sejak puluhan bahkan hingga ratusan tahun yang lalu. Kalau ada di kota-kota yang disebutkan dibawah ini, jangan lupa buat mampir buat ngopi disana.

Penikmat Kopi Wajib Baca, Kedai Kopi Ini Ada Sejak Jaman Kolonial – 5 Kedai Kopi Terbaik Dari Zaman Dulu

Penikmat Kopi Wajib Baca, Kedai Kopi Ini Ada Sejak Jaman Kolonial yang merupakan beberapa lokasi kedai kopi yang melegenda sejak puluhan tahun ini tentunya merupakan penyedia Kopi yang nikmat dan baunya sangatlah menggoda dengan kualitas terbaik zaman dulu, simak ulasannya dibawah ini.

1. Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho (1878)

Penikmat Kopi Wajib Baca, Kedai Kopi Ini Ada Sejak Jaman Kolonial

Yang pertama, kedai kopi sudah ada sejak tahun 1878, saat itu Indonesia masih belum merdeka dan kedai ini berusia sekitar 141 tahun sampai sekarang, dan sekarang merupakan bangunan modern di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Pendiri kedai ini namanya Liaw Tek Soen, yang kini usahanya dilanjutkan oleh generasi ke generasi, yang sekarang berada di generasi ke-5. Dua menu kopi Andalannya adalah Kopi Jantan dan Kopi Betina, perbedaannya terletak pada beberapa khasiat dan rasanya yang agak pekat. Kini kedai kopi ini tetap jadi unggulan bagi mereka pecinta kopi lokal.

Alamat : Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho, Jalan Sekolah Tangki No. 26, Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Jam Operasional : buka pukul 09.00 – 15.00 WIB

2. Warung Kopi Ake (1921)

Penikmat Kopi Wajib Baca, Kedai Kopi Ini Ada Sejak Jaman Kolonial

Berikutnya adalah kedai kopi ini merupakan kedai kopi yang tertua di Belitung. Kopi ini memiliki resep yang turun temurun yang menjadi rahasia nikmatnya kopi ini. Para pelanggan juga datang dari berbagai kalangan. Kopinya disajikan dengan teknik tarik yang membuat aroma dan rasanya sulit untuk dilupakan.

Pengelola dari kedai ini merupakan penerus dari generasi sebelumnya yaitu generasi ke 3, dan sekarang ada di generasi ke 4. Namun, jenis kopi ini cara meraciknya masih dipertahankan karena memang resep yang melegenda. Kopi andalannya adalah kopi susu dan teh susu yang bisa dijadikan panas maupun dingin.

Alamat : Warung Kopi Ake, Jalan KV Senang 57, Tanjung Pandan, Belitung.

Jam Operasional : buka pukul 08.00 – 15.00 WIB

.3.Kedai Massa Kok Tong (1925)

Penikmat Kopi Wajib Baca, Kedai Kopi Ini Ada Sejak Jaman Kolonial

Pendirinya adalah Lim Tee Kee yang merupakan remaja rantau asal China yang membuka usaha kedai kopi saat usianya 17 tahun. Saat itu kedai kopinya bernama Heng Seng dan sekarang berubah menjadi kedai kopi Massa Kok Tong.

Racikan kopi dari wilayah sumatera ini menjadi salah satu menu Andalan di kedai kopi ini. Untuk menjamin kualitasnya, Kedai ini memilih untuk meracik dan memanggang biji kopi sendiri. Dan menu andalannya ada segelas kopi susu yang disajikan dingin, juga tersedia kopi hitam dan roti panggang sebagai pelengkap temannya ngopi.

Alamat : Kedai Massa Kok Tong, Jalan Cipto No. 109/115, Pematang Siantar, Sumetara Utara

Jam Operasional : buka pukul 06.30 – 23.00 WIB

4. Kedai Es Kopi Tak Kie (1927)

Penikmat Kopi Wajib Baca, Kedai Kopi Ini Ada Sejak Jaman Kolonial

Kedai kopi ini berada di kawasan Glodok, Jakarta. Dan kedai ini didirikan oleh Liong Kwie Tiong. Kini kedai kopi ini dikelola oleh generasi ketiganya yakni Latf Yusuf dan Liong Kwang Joe yang merupakan penerus dari generasi sebelumnya.

Menu Andalannya adalah kopi hitam dan kopi susu yang sangat nikmat disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Rahasia dari kenikmatan kopi ini terletak pada penggunaan biji kopi robusta Lampung dan kopi arabika yang berasal dari Toraja. Kini, kedai kopi ini sering hadir di beberapa acara kuliner dan bazar makanan dalam bentuk booth.

Alamat : Kedai Es Kopi Tak Kie, Jalan Pintu Besar Selatan III No.4-6, Glodok, Jakarta Barat

Jam Operasional : buka pukul 06.30 – 14.00 WIB

Bagaimana ? Kalian Penikmat Kopi Wajib Baca, Kedai Kopi Ini Ada Sejak Jaman Kolonial pastinya ingin mulai untuk mencoba salah satu dari beberapa kedai kopi melegenda tersebut bukan? Jika kalian lagi ada di salah satu daerah yang sesuai dengan lokasi diatas, pastikan kalian buat mampir untuk mencoba kopi disana ya!