Hoax: Penampakan Cuitan Bill Gates Mendukung Penyembelihan Hewan pada Idul Adha

Beredarnya sebuah penampakan screenshot mengenai cuitan Bill Gates di akun twitternya yang menyatakan bahwa dirinya mendukung penyembelihan hewan pada hari raya Idul Adha di media sosial ternyata hoax.

Sedang asyik memantau pergerakan status halaman media sosial Facebook malam hari ini, Blogger Borneo langsung dikagetkan dengan penampakan tampilan screenshot dibagikan oleh beberapa teman dimana isinya menunjukkan cuitan dari seorang tokoh terkenal pemilik perusahaan Microsoft yaitu Bill Gates.

Sebenarnya ketika melihat penampakan screenshot tersebut, Blogger Borneo sempat ingin langsung membagikannya lagi karena merasa “senang” dengan bahasanya. Akan tetapi, setelah dipikir-pikir Blogger Borneo mencoba untuk mencari informasi yang sebenarnya karena ada kemungkinan penampakan screenshot Bill Gates tersebut adalah hoax.

Status Bill Gates Mengenai Idul Adha adalah Hoax

Tanpa pikir panjang, Blogger Borneo langsung membuka laman website Twitter dan membaca semua status yang terpublikasikan di akun dengan nama @BillGates. Sempat bertanya dalam hati, kenapa tidak ada satupun status yang tampak pada tampilan screenshot tersebut. Setelah beberapa kali memutar scroll mouse naik turun dan memperhatikan secara seksama, sepertinya memang benar status tersebut tidak ada.

Masih merasa penasaran, Blogger Borneo pun mencoba mengetikkan kembali cuitan “Bill Gates” tersebut di kolom pencarian Google dan langsung meng-enter-nya, seketika itu juga beberapa informasi yang terkait langsung muncul di hadapan mata. Tarrraaa…

Status SenatorEB17 about BillGates

“I don’t want to see any tweet hating on Muslims for slaughtering animals, about 1 million animals killed each day by KFC, McDonald’s, Burger King etc. too feed the rich & make hella money out of it. During Eid Muslims sacrifice them to feed the poor for Free & Y’all lose ur mind.”, reads a screenshot of a purported tweet by billionaire and Microsoft co-founder Bill Gates. Twitter user Enver Baig posted the screenshot with a message praising Gates for his tweet.

Kalimat diatas merupakan paragraf pertama pemberitaan di laman AltNews.In yang berjudul “Photoshopped tweet of Bill Gates supporting animal sacrifice on Eid shared on social media“. Di tulisan ini dibahas mengenai penyebaran penampakan screenshot cuitan dari akun twitter @BillGates dilakukan oleh sebuah akun Twitter dengan nama Enver Baig aka @SenatorEB17.

BillGates Never Made Status Ied

Melihat pemberitaan dari laman AltNews.In yang memperlihatkan cara mencari tulisan status seseorang di akun Twitter miliknya, Blogger Borneo pun lantas mencoba untuk mencari status tersebut di akun twitter @BillGates dengan bantuan kolom pencarian, ternyata tidak ada satupun. Jadi sepertinya memang Bill Gates tidak ada membuat status tersebut sama sekali. Jadi cukup jelas penampakan screenshot cuitan Bill Gates tersebut adalah hasil manipulasi (hoax).

Sekarang pertanyaannya adalah darimana kalimat tersebut berasal? Ternyata setelah ditelusuri, sebuah akun bernama Kurdistani aka @WolfieBabiee yang membuat status tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat penampakan screenshot dibawah ini:

WolfieBabiee Status Ied

Nah, sekarang sudah cukup jelas bagaimana status kebenaran dari beredarnya penampakan screenshot cuitan yang awalnya dianggap dibuat oleh pemilik akun @BillGates ternyata merupakan hasil manipulasi  gambar dengan menggabungkan 2 (dua) tampilan dari kalimat status miliknya @WolfieBabiee. Dan setelah dipastikan lagi dengan mencoba mengulik-ngulik laman akun Twitter miliknya Bill Gates, memang kalimat status tersebut tidak ada. Fix infonya hoax. (DW)

Sumber:

  • https://www.altnews.in/photoshopped-tweet-of-bill-gates-supporting-animal-sacrifice-on-eid-shared-on-social-media/
  • https://twitter.com/SenatorEB17/status/1161531374437916672?s=19
  • https://twitter.com/WolfieBabiee/status/1160255480209596416?s=19
  • https://twitter.com/search?q=from%3A%20billgates%20eid&src=typed_query

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More