Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Perubahan Nama Domain TokoBagus.Com Bagian dari Privatisasi?

TokoBagus.Com Berubah Menjadi OLX.CO.IDAda pemandangan menarik di hari ini ketika Blogger Borneo mencoba untuk mengakses website miliknya Toko Bagus. Dari tampilan website barunya muncul jendela konfirmasi yang menginformasikan bahwa TokoBagus.Com kini menjadi OLX.co.id. Perubahan ini tentunya sempat membuat para pemilik akun di TokoBagus.Com termasuk Blogger Borneo sendiri kaget bukan kepalang. Dalam hati sempat bertanya ada apa dengan TokoBagus.Com saat ini sehingga harus berpindah ke nama domain baru yaitu OLX.co.id, bukannya tetap menggunakan brand Toko Bagus dan mengganti ekstensi domainnya menjadi .co.id. Hhhmmm…

Sedikit informasi yang diperoleh dari halaman Tentang OLX.co.id mengenai proses pergantian nama domain ini adalah pihak manajemen OLX.co.id (sebelumnya TokoBagus.Com) ingin memberikan layanan lebih maksimal kepada para penggunanya yang selama ini telah menjadi bagian langsung dari TokoBagus.Com. Pertanyaannya sekarang adalah apa dengan adanya perubahan nama ini maka semua fasilitas layanan yang diberikan kepada para pemilik akun akan berubah?.

Untuk menjawab pertanyaan ini Blogger Borneo mencoba untuk login ke TokoBagus.Com, eh salah maksudnya OLX.co.id. Dari halaman akun yang dulunya menggunakan link http://www.tokobagus.com/users/bloggerborneo sekarang telah berganti menjadi http://www.olx.co.id/users/bloggerborneo. Sepertinya hanya alamat link user saja yang berubah, sedangkan tampilan isi dan fasilitas layanan yang diberikan selama ini sama sekali tidak mengalami perubahan.

Tampilan Pengguna TokoBagus.Com

Sebagai salah satu perusahaan classified online yang berdiri sejak tahun 2005, Blogger Borneo kira apa yang dilakukan oleh pihak OLX.co.id (sebelumnya TokoBagus.Com) merupakan satu hal yang wajar. Jika dilihat dari sejarah perjalanan TokoBagus.Com, ada beberapa catatan penting terkait penghargaan yang telah diterima oleh TokoBagus.Com, antara lain:

  • Gold Brand Champion 2013 of Most Widely Used Brand – Majalah MarkPlus Insight dan Marketeers
  • Situs E-Commerce Terbaik Kategori Online Shopping Top Brand Award 2012 – Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing
  • Situs E-Commerce Terbaik The Great Performing Website Kategori Communication dalam Digital Marketing Award 2012 – Majalah Marketing dan Lembaga Survei Independen Survey One

Hanya saja, sebenarnya masih ada satu pertanyaan di hati yang sampai sekarang masih terus menggelayuti benak Blogger Borneo yaitu apakah proses perubahan nama domain dari TokoBagus.Com menjadi OLX.co.id merupakan bentuk “PRIVATISASI” terhadap merek dagang ini?. Pertanyaan ini muncul begitu Blogger Borneo melakukan analisa sederhana dari status kepemilikan kedua nama domain ini. Perhatikan tampilan berikut:

Tampilan Status Kepemilikan TokoBagus.Com

Tampilan Who.Is Domain TokoBagus.Com
Sumber: http://who.is/whois/tokobagus.com

Tampilan Status Kepemilikan OLX.Co.Id

Tampilan Who.Is Domain OLX.co.id
Sumber: https://www.pandi.or.id/whois/

Dari kedua tampilan diatas Blogger Borneo melihat dari siapa pemilik dari masing-masing domain ini, sudah terlihat jelas bukan? Kalau dari segi usia domain memang TokoBagus.Com lebih lama dipublish dibanding OLX.Co.Id. Lagipula sepertinya Blogger Borneo tidak merasa asing dengan nama OLX.Co.Id karena sering mengaksesnya juga ketika TokoBagus.Com masih aktif. Jadi begitu TokoBagus.Com langsung berubah wujud menjadi OLX.Co.Id langsung bertanya tampilan OLX.Co.Id sebelumnya menjadi seperti apa? Ya mungkin disini ada yang bisa menjawab dengan jelas terkait pertanyaan sebelumnya. (DW)

Sumber Referensi:

  • http://www.olx.co.id/about.html
DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
4 Comments
  1. Okto says

    Mungkin itu ekspansi olx ke pasar Indonesia. Ini berarti pasar Indonesia punya potensi sangat besar.

    1. Blogger Borneo says

      Iya Bro, ada kemungkinan seperti itu. Masalahnya ga nyambung banget antara TokoBagus dengan OLX, ganti nama otomatis ganti branding donk. Bener tak?

  2. Property Pontinak says

    Agak Terkejut juga sih bang kemaren2 tu

    tapi apakah fasilitasnya sama kayak yang kemaren masih makai yang lama ?

    1. Blogger Borneo says

      Yang berubah hanya nama domain dan tampilannya Om, untuk fasilitas dan cara penggunaan masih sama kok. 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.