Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Daftar Kota Tujuan Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam pilihan tujuan wisata. Setiap pulau tentu memiliki ciri khas lansekap yang berbeda dari pulau-pulau lain, sehingga wisatawan akan selalu menemukan hal baru bila melakukan wisata antar pulau. Tidak itu saja. Geografis Indonesia yang kaya tersebut juga membawa keberagaman budaya dan sejarah dari sekian banyak suku yang ada di negara tropis ini. Misalnya saja pulau Bali, yang juga terkenal sebagai pulau Dewata karena keindahannya. Bukan hanya keindahan alam yang membuat wisatawan datang ke pulau ini, akan tetapi juga kelestarian budaya lokal yang terpelihara dengan baik oleh penduduknya. Bahkan upacara dan ritual keagamaan penduduk lokal bisa menjadi wisata yang menarik.

Tujuan Wisata di Indonesia - Taman Bunaken Sulawesi Utara

Hal yang sama juga terjadi pada pulau-pulau dan wilayah-wilayah lain di Indonesia. Wisata alam dan budaya biasanya ditawarkan oleh pulau-pulau kecil atau wilayah-wilayah yang masih belum mengalami modernisasi besar-besaran. Secara umum, semakin terpencil suatu wilayah, semakin besar kemungkinan ditemukan wisata alam dan budaya yang tidak mengalami polesan atau campur tangan secara berlebihan, misalnya perkampungan tradisional Tana Toraja.

Disisi lain, perkotaan di pulau-pulau besar di Indonesia menawarkan pilihan wisata modern, seperti wahana permainan, mulai yang ditujukan untuk anak-anak sampai yang menantang adrenalin orang dewasa. Wisata belanja juga bisa ditemukan di kota-kota besar, seperti Bandung dan Jakarta.

Tujuan Wisata di Indonesia - Kepulauan Raja Ampat Papua

Meskipun demikian, wisata alam dan budaya masih bisa ditemukan di pulau berpenduduk terpadat, yaitu pulau Jawa. Kota Jogjakarta dan Solo, misalnya. Wisatawan masih bisa menemukan kentalnya suasana tradisi Jawa di kedua kota ini, bahkan wisata belanja juga tersegmentasi pada produk-produk tradisional. Di kota tetangganya, Magelang, terdapat destinasi wisata sejarah yang terkenal, yaitu candi Borobudur. Wisata alam juga masih bisa dinikmati, misalnya pantai Parangtritis. Akan tetapi, bagi wisatawan yang mengutamakan orisinalitas, wilayah-wilayah Indonesia yang lebih terpencil dengan kehidupan alami suku pedalaman akan lebih menarik dibandingkan wisata alam yang lebih terjangkau fasilitas publik di pulau Jawa.

Pilihan yang tak terbatas ini membuka kemungkinan tujuan wisata di Indonesia yang banyak pula. Orang bisa datang ke Indonesia dan memuaskan selera wisatanya dengan mengunjungi lokasi yang tepat. Barangkali kemungkinan inilah yang membuat wisata Indonesia semakin populer. Skyscanner, sebuah situs perjalanan global, memprediksi wilayah-wilayah Indonesia yang akan lebih populer, seperti Labuan Bajo, Belitung, Pontianak, Bandung, Malang, Pangkal Pinang, Mataram, Bali, Bandar Lampung, dan Tarakan. (DW)

Sumber Gambar:

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
2 Comments
  1. caramadia says

    Kalau di Pontianak yang paling menarik di mana Gan ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.