BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Advertisement

Rakerda Kwarda Kalimantan Barat Hasilkan 5 Program Strategis Tahun 2022

Rakerda Kwarda Kalimantan Barat

Pada hari Sabtu (30/10/2021) Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2021.

Bertempat di Grand Mahkota Hotel Pontianak, Rakerda Kwarda Kalbar ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M. Hum.

Dalam sesi kata sambutannya, Sutarmidji meminta kepada para pengurus kwartir khususnya kwartir daerah untuk selalu memperhatikan isu-isu terbaru yang sedang berkembang di masyarakat.

Menurutnya, salah satu isu yang saat ini sedang gencar adalah mengenai gerakan untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19. Diharapkan anggota pramuka bisa menjadi pelopor dalam melaksanakan vaksinasi.

Secara detail Sutarmidji menjelaskan bahwa sampai saat ini angka cakupan pencapaian program vaksinasi Covid-19 untuk wilayah Kota Pontianak baru mencapai sekitar 40 persen, diharapkan pada akhir tahun nanti bisa mencapai target 70 persen.

Sedangkan di wilayah lain seperti Kota Singkawang sudah mencapai 50 persen dan Kabupaten Bengkayang untuk saat ini telah mencapai 40 persen. Insya Allah akhir tahun semua wilayah mencapai target yang diharapkan.

Ajang Konsolidasi

Sebagaimana pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, Rakerda Kwarda ini menjadi ajang konsolidasi antara kwartir daerah dan kwartir cabang se-Kalimantan Barat.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan adalah mengevaluasi program kerja di tahun sebelumnya, dan merancang program kerja yang akan dilaksanakan di tahun 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 14 kwartir cabang se-Kalimantan Barat.

Selanjutnya Ketua Panitia Rakerda Kwarda Pramuka Kalbar Tahun 2021, Amin menyampaikan bahwa selama 2 (dua) hari perwakilan 14 kwartir cabang beserta adik-adik dewan kerja yang sebelumnya telah melaksanakan SIDPARDA.

Baca Juga:  Pasar Parit Besar Pontianak, Menjaga Tradisi di Era Gempuran Teknologi Informasi

Selama pelaksanaan SIDPARDA ditambah dengan unsur andalan daerah di setiap bidang  masing-masing saka sako serta pisdiklat dengan jumlah lebih dari 80 orang.

Dan dalam acara puncaknya nanti mereka akan bermusyawarah untuk menemukan formula serta pola kegiatan yang menjadi program strategis kedepan.

Peserta Rakerda Kwarda Kalbar Tahun 2021
Image: Dok. Panitia

Program Strategis Kwarda Kalimantan Barat

Dari Rakerda Kwarda ini dihasilkan 5 Program Strategis Kwarda Kalimantan barat yang diharapkan menjadi sebuah acuan bagi kwartir cabang dalam pelaksanaan program kerja di tahun 2022.

Semua program strategis ini disusun sejalan dengan pedoman kwartir daerah dalam menjalankan program-program kerjanya, adapun 5 program strategis kwarda Kalimantan Barat tersebut, antara lain:

  1. Pengembangan dan peningkatan kualitas peserta didik melalui pencarian potensi dan bakat dari semua golongan untuk memperoleh tingkatan tertinggi yaitu Pramuka Garuda.
  2. Pengembangan dan peningkatan kualitas Pembina dan Pelatih melalui program pelatihan yang dilaksanakan disetiap jajaran.
  3. Pengembangan dan peningkatan kualitas kegiatan dengan cara melibatkan lembaga pemerintahan dan swasta untuk menunjang kegiatan pramuka seperti kegiatan ke-SAKA-an.
  4. Pengembangan dan peningkatan sarana prasarana yang disesuiakan dengan kemampuan serta potensi di setiap kwartir.
  5. Pengembangan dan peningkatan organisasi melalui fungsi koordinasi, komunikasi, mediasi, dan advokasi sesuai dengan AD/ART gerapakan pramuka di setiap jajaran.

Tidak lupa dalam kegiatan Rakerda Kwarda Kalimantan Barat ini, H. Syarief Abdullah Alkadri S.H.,M.H selaku Ketua menyampaikan harapannya bahwa setelah dilaksanakannya rakerda ini, semua kwartir daerah dan kwartir cabang dapat berkolaborasi untuk menyusun program kerja dengan memiliki tujuan dan langkah yang sama. (ADV)

Advertisement

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Indonesia Website Awards